Unik dan Tetap Bergizi, 3 Makanan Ini Dikonsumsi Ibu Hamil di Korea

Tak hanya cukup khas, makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil di Korea ini bergizi dan punya nutrisi

21 Agustus 2020

Unik Tetap Bergizi, 3 Makanan Ini Dikonsumsi Ibu Hamil Korea
Pixabay/yimnao

Ibu hamil pada setiap negara memiliki tradisi yang unik dan cukup berbeda jika dibandingkan di Indonesia. Mengingat setiap budaya memiliki kebiasaan masing-masing, termasuk di Korea. 

Ibu hamil di Korea memiliki makanan khas yang mengandung cukup gizi, sehingga tetap sehat untuk janin di dalam kandungan. Tak jarang makanan khas yang dikonsumsi oleh ibu hamil ini sering hadir di serial drama

Jika Mama ingin mengetahui beberapa makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil di Korea, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Kira-kira apa saja ya, Ma? 

1. Sup rumput laut dapat mengurangi risiko sembelit dan membantu perkembangan otak janin

1. Sup rumput laut dapat mengurangi risiko sembelit membantu perkembangan otak janin
koreanbapsang.com

Sup rumput laut termasuk salah satu makanan bergizi yang dikonsumsi oleh ibu hamil di Korea. Makanan ini cukup umum di Korea karena memiliki banyak khasiat untuk ibu hamil. 

Sup sehat ini terbuat dari rumput laut dan daging sapi yang dicincang secara halus. 

Perlu diketahui bahwa di dalam 100 gram rumput laut terdapat sebanyak 45 kkal, 10 gram karbohidrat, 2 gram protein dan 1 gram lemak. Dengan jumlah tersebut, rumput laut yang dikonsumsi oleh ibu hamil mampu memenuhi asupan serat, omega 3, magnesium, kalsium, dan zat besi. 

Jika dikonsumsi secara rutin, sup rumput laut ini dapat mengurangi risiko sembelit selama hamil. Selain itu, kandungan omega 3 dan omega 6 mampu membentuk otak janin serta perkembangan syaraf sehingga retina matanya terbentuk secara sempurna. 

Apabila sup rumput laut dikonsumsi hingga menjelang persalinan secara konsisten, maka dapat memberikan khasiat positif karena mampu memperlancar produksi ASI.  

Tertarik untuk mencobanya, Ma?

Editors' Picks

2. Ubi jalar dapat mencegah morning sickness dan mampu membantu pembentukan sel darah merah

2. Ubi jalar dapat mencegah morning sickness mampu membantu pembentukan sel darah merah
staticflickr.com

Ubi jalar atau ketela rambat dikenal sebagai makanan yang mengandung nutrisi penting untuk melawan beragam penyakit, sehingga dapat dikonsumsi oleh ibu hamil. 

Ubi jalar menjadi salah satu makanan yang sering dikonsumsi oleh ibu hamil di Korea. Memang unik, namun ubi jalar tetap bergizi ketika dikonsumsi selama masa kehamilan. 

Perlu diketahui bahwa ubi jalar termasuk sumber karbohidrat yang menyehatkan untuk tubuh. Ibu hamil di Korea biasanya menggantikan karbohidrat dari nasi dengan mengonsumsi ubi jalar.

Sebelum menikmati makanan dengan bahan dasar ubi, ada berbagai manfaat yang perlu diketahui. Makanan yang memiliki rasa manis sekaligus gurih ini memiliki beragam manfaat. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin A, vitamin B6, vitamin C, kalium, serat, dan zat besi. 

Menurut American Pregnancy Association, setengah ubi jalar mengandung sekitar 0,6 miligram vitamin B6. Ubi jalar yang dikonsumsi selama masa kehamilan juga dapat mencegah terjadinya morning sickness dan mampu membantu pembentukan sel darah merah. 

Jika ada ubi jalar di rumah, Mama bisa mengolahnya menjadi sarapan atau kudapan di rumah. Ubi jalar bisa diolah dengan cara dikukus atau digoreng. 

3. Nasi campur gandum memberikan banyak energi selama masa kehamilan

3. Nasi campur gandum memberikan banyak energi selama masa kehamilan
eu.wholefoodsmarket.com

Nasi campur gandum menjadi salah satu makanan khas yang dikonsumsi oleh ibu hamil di Korea. Makanan ini berbeda dengan nasi putih biasa yang memiliki skala GI (Glycemic Index) tinggi. 

Sebagai makanan yang dikonsumsi di Korea, nasi campur gandum memiliki kandungan rendah gula dan lebih tinggi serat. 

Makanan rendah kalori ini tetap bergizi untuk ibu hamil karena memberikan banyak energi, sehingga dapat menjalani aktivitas keseharian. Kandungan nutrisi yang ada di dalam nasi campur gandum membantu agar ibu hamil tidak cepat lesu dan lelah saat berkegiatan. 

Gandum juga berguna untuk ibu hamil karena mampu mengurangi risiko obesitas dan diabetes nih, Ma. 

Tak Hanya Makanan, Susu juga Dikonsumsi oleh Ibu Hamil di Korea

Tak Ha Makanan, Susu juga Dikonsumsi oleh Ibu Hamil Korea
Freepik/drobotdean

Mendapatkan nutrisi yang cukup saat hamil memang sangat penting untuk pertumbuhan bayi dan kesehatan tubuh mama selama masa kehamilan. 

Susu termasuk asupan bernutrisi karena janin akan menyerapnya, sehingga membantu setiap perkembangan seiring berjalannya waktu. 

Sama seperti di Indonesia, ibu hamil yang ada di beberapa negara juga secara rutin mengonsumsi susu. Perlu diketahui bahwa ada beragam nutrisi yang terkadung di dalam susu, sehingga memberikan manfaat untuk tubuh antara lain: 

  • Asam folat di dalam susu mampu mengoptimalkan perkembangan tabung saraf janin untuk otak dan sumsum tulang belakang.
  • AHA/DHA di dalam susu berperan penting untuk menyusun membran sel otak yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan sistem saraf pusat janin. 
  • Vitamin B6 di dalam susu dapat membantu membentuk sel darah merah baru, antibodi, dan neurotransmiter.
  • Vitamin D di dalam susu dapat mencegah persalinan prematur. Asupan vitamin D juga dapat mengatur tingkat kalsium dan fosfat. 
  • Yodium di dalam susu dapat mengatur hormon yang mengendalikan metabolisme, detak jantung, suhu tubuh, dan fungsi inti tubuh lainnya.

Itulah beberapa pilihan makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil di Korea. Selain mengonsumsi makanan yang cukup unik, ibu hamil di Korea tidak lupa tetap mengonsumsi susu selama masa kehamilan. 

Mama kira-kira tertarik nggak untuk mengonsumsi nasi campur gandum, ubi jalar atau sup rumput laut saat hamil? 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.