Ini Manfaat Vitamin K untuk Ibu Hamil! Jangan Dilewatkan ya, Ma

Perhatikan asupan vitamin K Mama, ya!

20 Juli 2020

Ini Manfaat Vitamin K Ibu Hamil Jangan Dilewatkan ya, Ma
Freepik

Saat dalam masa kehamilan, Mama sangat memerlukan asupan gizi yang baik dan tercukupi. Kesehatan yang baik selama masa kehamilan sangat penting untuk perkembangan janin di dalam kandungan.

Setiap hari, Mama harus mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak baik, vitamin, dan mineral. Salah satu vitamin yang dibutuhkan yakni vitamin K yang harus Mama penuhi. Idealnya, tubuh membutuhkan sekitar 90 mikrogram vitamin K per hari.

Meski penting bagi tubuh, jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan berbagai potensi yang membahayakan tubuh. Maka, Mama sebaiknya mengonsumsi sumber vitamin K dengan jumlah cukup, jangan kurang dan jangan berlebihan.

Berikut Popmama.com merangkum manfaat vitamin K untuk ibu haml.

Jangan sampai dilewatkan ya, Ma.

1. Mencegah perdarahan berlebih

1. Mencegah perdarahan berlebih
unsplash/suhyeon

​​​​​​Masa kehamilan pada trimester pertama harus sangat diperhatikan. Usia hamil muda sangat rentan untuk mengalami perdarahan.

Oleh sebab itu, Mama harus mengkonsumsi vitamin K yang berguna untuk membantu pembekuan darah agar tubuh tidak kehilangan banyak darah jika terjadi perdarahan. Biasanya, masa kehamilan muda memang lebih sering mengeluarkan bercak darah.

Dengan mengkonsumsi vitamin K dapat mengantisipasi hal yang tidak diinginkan seperti terjadinya keguguran.

Fungsi pembekuan darah ini juga sangat dibutuhkan saat persalinan. Dengan asupan vitamin K yang cukup, Mama dapat mencegah terjadinya perdarahan yang berlebihan saat melahirkan. Pastikan Mama mendapatkan asupan vitamin K yang cukup hingga trimester akhir ya. 

Editors' Picks

2. Menjaga kesehatan tulang

2. Menjaga kesehatan tulang
Freepik

Tubuh akan mengalami banyak perubahan saat sedang hamil. Di antaranya, tubuh akan menjadi rentan mengalami osteoporosis atau tulang keropos.

Hal ini disebabkan bayi dalam kandungan akan membutuhkan kalsium untuk pembentukan tulang dan giginya.

Jika bayi di dalam janin tidak cukup mendapat kalsium, maka kalsium yang diambil adalah kalsium dari tulang yang ada pada tubuh mama.

Dengan konsumsi vitamin K yang cukup juga akan membantu Mama meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang. 

3. Membantu sistem kekebalan tubuh

3. Membantu sistem kekebalan tubuh
Pexels/Negative Space

Saat hamil, sistem kekebalan tubuh cenderung melemah. Salah satu faktornya dikarenakan adanya peningkatan pada jenis sel darah putih di dalam tubuh.

Untuk meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh, vitamin K menjadi salah satu yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, vitamin K juga membantu pencernaan dan kesehatan jantung mama dan si Kecil menjadi lebih baik.

4. Mencegah kerusakan gigi

Perubahan hormon menyebabkan ibu hamil rentan untuk mengalami masalah gigi. Selain itu, mual muntah yang terjadi setiap hari juga dapat merusak gigi akibat situasi asam yang meningkat di dalam mulut.

Nah, vitamin K yang Mama konsumsi dapat mencegah terjadinya kerusakan gigi. Ini menjadi satu lagi alasan mengapa Mama perlu memenuhi kebutuhan vitamin K selama kehamilan.

Dapatkan Vitamin K dari Sumber Makanan Alami

Dapatkan Vitamin K dari Sumber Makanan Alami
newkidscenter.com

Mengingat pentingnya manfaat vitamin K untuk ibu hamil, maka mengonsumsi vitamin K sangat diperlukan. Ada berbagai sayuran dan buah dengan kandungan vitamin K, yang bisa Mama konsumsi untuk memenuhi asupan vitamin K selama masa kehamilan.

Vitamin K dapat Mama peroleh dari bayam, sawi, selada, kiwi, berbagai sayuran berdaun hijau, produk olahan susu, dan daging.

Walaupun vitamin K memang bisa Mama dapatkan dari suplemen vitamin, akan lebih baik jika Mama mendapatkannya langsung dari buah dan sayuran yang Mama konsumsi. Kelebihan vitamin K juga dapat membahayakan kehamilan. Maka sangat disarankan untuk selalu berkonsultasi ke dokter bila memang ingin mengonsumsi suplemen vitamin K.

Itulah manfaat vitamin K untuk ibu hamil. Pastikan Mama tidak melewatkannya, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.