10 Manfaat Senam Pilates untuk Ibu Hamil

Pilates, olahraga aman saat kehamilan yang memiliki banyak manfaat lho Ma

24 Juni 2019

10 Manfaat Senam Pilates Ibu Hamil
Pexels/Burst

Bebagai gejala kehamilan, sering kali membuat Mama yang sedang hamil merasa tidak nyaman. Hal itu terjadi karena perubahan fisik dan morning sickness yang sering Mama rasakan, terlebih di trimester pertama.

Tetapi, jangan mau kalah dengan keadaan Ma, teruslah beraktivitas dan berolahraga. Salah satu olahraga yang aman dan memiliki banyak manfaat selama kehamilan adalah senam pilates.

Apa saja Manfaat senam pilates untuk kehamilan? Langsung simak yuk, penjelasan dari Popmama.com kali ini.

1. Memperkuat otot-otot

1. Memperkuat otot-otot
commons.m.wikimedia.org

Manfaat dari senam pilates yang pertama adalah memperkuat otot-otot di sekitar perut seperti otot punggung bawah, otot pinggul, otot panggul dan otot perut.

Dengan rutin melakukan senam pilates selama kehamilan, otot-otot akan bekerja secara harmonis dan memudahkan Mama untuk menopang berat bayi di dalam kandungan. Sebab, daerah di sekitar perut merupakan pusat gravitasi tubuh yang perlu dijaga.   

2. Mengontrol berat badan

2. Mengontrol berat badan
Pixabay/jdj_land

Selama masa kehamilan beberapa dokter kandungan memang menyarankan diet untuk ibu hamil. Namun, juga harus disertai dengan kegiatan yang membuat tubuh aktif bergerak.

Pilates bisa menjadi pilihan olahraga Mama saat hamil untuk menjaga tubuh terus bergerak.

Dengan melakukan senam ini, Mama dapat mengontrol berat badan dan menjaga metabolisme tubuh.

3. Membuat tidur lebih lelap

3. Membuat tidur lebih lelap
ramstein.af.mil

Ibu hamil sering kali merasa sulit mencari posisi nyaman untuk tidur. Namun, Mama bisa mengatasinya dengan senam pilates.

Karena jika Mama rutin mengikuti pelatihan senam yang satu ini, pernapasan dan peredaran darah dalam tubuh akan terasa lebih lancar sehingga tidur Mama akan lebih lelap dan berkualitas.

4. Mengatasi tubuh lelah

4. Mengatasi tubuh lelah
Pixabay/mvdominato

Semakin berkembangnya janin di dalam kandungan, Mama akan merasa langkah semakin berat dan tubuh mudah lelah. Hal itu terjadi karena kerja organ di dalam tubuh ibu hamil menjadi lebih berat dari biasanya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Mama bisa memilih senam pilates sebagai solusinya. Sebab, dengan melakukan senam pilates ibu hamil dapat mempertahankan stamina dan mengatasi kelelahan.

5. Mencegah varises, kaki bengkak dan kram

5. Mencegah varises, kaki bengkak kram
flickr.com/c3lsius_bb

Gerakan kaki yang dilakukan selama senam pilates dapat melancarkan peredaran darah sehingga otot-otot besar dan pergelangan kaki akan terus terlatih.

Lancarnya aliran darah selama kehamilan dapat bermanfaat untuk mencegah varises, kaki bengkak dan kram

Editors' Picks

6. Mengimbangi postur tubuh

6. Mengimbangi postur tubuh
Pexels/Rui Dias

Postur tubuh ibu hamil akan berubah secara alami. Perut yang menjadi pusat gravitasi tubuh akan semakin membesar dan menggeser titik beban tubuh. Perubahan tersebut akan mempengaruhi sendi-sendi dan otot.

Mama akan merasa kesulitan untuk mengimbangi postur tubuh yang berubah cepat selama kehamilan. Sehingga diperlukan senam pilates untuk melatih otot dan membantu mengimbangi postur tubuh Mama.

7. Mengatasi sakit pinggang

7. Mengatasi sakit pinggang
flickr.com/Runway Pilates

Sakit pinggang sudah menjadi permasalahan umum saat Mama sedang hamil. Perkembangan janin akan menjadikan perut Mama semakin membesar dan beban yang ditanggung pinggang juga semakin berat.

Gerakan pilates yang terfokus pada kekuatan otot perut dapat membuat Mama mengurangi beban yang ditanggung pinggang belakang. Sehingga bisa mengatasi sakit pinggang yang sering Mama rasakan.

8. Menjaga mood agar tetap baik

8. Menjaga mood agar tetap baik
Pexels/Burst

Rasa lelah dan sakit yang Mama rasakan selama kehamilan pasti dapat merusak mood dalam aktivitas sehari-hari.

Namun, pilates bisa menjadi solusinya. Pengantaran energi ke seluruh tubuh akan menjaga tubuh tetap bugar dan aktif kembali. Sehingga mood tetap terjaga dan aktivitas harian berjalan dengan baik.

9. Mengurangi stres setelah persalinan

9. Mengurangi stres setelah persalinan
pxhere.com

Bukan hanya saat persalinan, tenaga lebih juga diperlukan untuk mengurus si Kecil setelah persalinan. Dibutuhkan stamina yang baik untuk menjaga tubuh tetapi fit dan terhindar dari stres.

Dengan rutin meakukan senam pilates selama kehamilan, Mama dapat mengurangi stes setelah persalinan.

Sebab, gerakan pilates yang Mama lakukan selama kehamilan tetap menjaga tubuh tetap aktif dan dinamis. Tubuh pun tetap bugar setelah bersalin, dan Mama lebih siap secara fisik maupun mental untuk menjalani persalinan dan merawat si Kecil setelah bersalin.

10. Mengembalikan bentuk tubuh

10. Mengembalikan bentuk tubuh
flickr.com/Runway Pilates

Setelah melahirkan bentuk tubuh Mama akan lebih gemuk dari sebelumnya. Namun, bagi Mama yang mengkhawatirkan hal tersebut, senam pilates selama keh.milan bisa menjadi pilihan.

Sebab, saat kehamilan otot-otot akan berelaksasi dan jika tetap mempertahankan performa otot dengan senam pilates, Mama akan lebih mudah mengembalikan bentuk tubuh seperti sebelum melahirkan.

Nah, itulah Ma 10 manfaat yang bisa Mama dapatkan jika rutin melakukan senam pilates saat kehamilan.

Baca juga: 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!