Makan Rambutan Saat Hamil? Ada Manfaatnya Nggak, Ya?

Ternyata salah satu manfaatnya adalah dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh, lho!

3 Desember 2018

Makan Rambutan Saat Hamil Ada Manfaat Nggak, Ya
Flickr.com/Marcin Krakowiak

Siapa sih yang nggak tahu buah rambutan? Sesuai dengan namanya, buah ini memiliki kulit buah yang dipenuhi oleh “rambut”.

Rambutan merupakan tanaman tropis yang berasal dari daerah Asia Tenggara. Buah ini juga banyak terdapat di Afrika, Amerika Tengah, Filipina, India, Kamboja, Karibia, Malaysia, Sri Lanka, Thailand, dan juga Indonesia.

Untuk di Indonesia sendiri, sesuai dengan musim buah, mama bisa menemukan buah rambutan dari mulai bulan November hingga Februari. Jadi, buat Mama yang ngidam makan buah ini, udah bisa nyari di toko-toko buah ya!

Sebelumnya, yuk kita cari tahu lebih dalam tentang buah ini! Terlebih, saat hamil, Mama harus memilih dan mengatur asupan makanan, bukan?

Berikut Popmama.com sajikan informasi rambutan dan manfaatnya saat dikonsumsi selama kehamilan.

Bisakah mama makan rambutan saat hamil?

Bisakah mama makan rambutan saat hamil
Flickr.com/Emran Kassim

Jawab: Iya, mama bisa makan buah rambutan saat hamil.

Buah rambutan menawarkan banyak manfaat kesehatan dan tidak memiliki efek samping. Buah berair dengan rasa manis dan lezat ini mengandung nutrisi yang besar, mulai dari karbohidrat, vitamin hingga mineral.

Namun, mama harus mengetahui bahwa rambutan yang terlalu matang bisa berbahaya bagi ibu dan janin karena kandungan alkoholnya.

Selain itu, rambutan yang terlalu matang juga mengandung kadar gula yang tinggi yang dapat menyebabkan diabetes gestasional.

Baca juga:  5 Manfaat Buah Durian Selama Kehamilan

Lalu, apa saja manfaat mengonsumsi rambutan selama kehamilan?

1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Unsplash/Suhyeon Choi

Biasanya, sistem kekebalan tubuh mama akan melemah saat sedang hamil.

Dengan sistem kekebalan yang lemah, Mama kemungkinan akan menghadapi beberapa masalah kesehatan seperti infeksi dan banyak gangguan lainnya.

Nah, dengan memakan rambutan, maka sistem kekebalan tubuh mama akan meningkat. Kandungan tembaga yang terdapat dalam rambutan akan membantu tubuh Mama dalam memproduksi sel darah putih yang dapat melawan penyakit yang menyebabkan organisme dan melindungi tubuh.

2. Memiliki sistem pencernaan yang baik

2. Memiliki sistem pencernaan baik
Unsplash/Ignacio Campo

Konsumsi rambutan secara teratur dapat membuat sistem pencernaan Mama menjadi baik dan sehat.

Dengan kata lain, mama dapat terhindar dari masalah seperti kesulitan buang air besar, diare, dan konstipasi.

Selain itu, konsumsi buah rambutan dapat menurunkan risiko kanker usus besar. Kandungan fosfor pada rambutan juga sangat berguna karena membantu menyaring kotoran yang mungkin ada di ginjal dan membantu memperbaiki jaringan atau sel tubuh yang telah rusak.

Editors' Picks

3. Mengatasi atau mengurangi mual

3. Mengatasi atau mengurangi mual
Flickr.com/hakz_co0ol

Masalah seperti mual, muntah dan pusing yang sering dialami ibu hamil dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah rambutan karena rasanya yang unik dan menyegarkan rasa asam manis.

Sementara beberapa perempuan mengalami masalah ini selama sembilan bulan, beberapa pengalaman mereka hanya selama trimester pertama dan meskipun masalah ini umum terjadi, perempuan tidak begitu nyaman dengan mereka dan mencari cara untuk menguranginya.

4. Mengontrol tekanan darah dan kolesterol

4. Mengontrol tekanan darah kolesterol
Unsplash/Rawpixel

Buah rambutan membantu dalam mengontrol tekanan darah dan kolesterol yang merupakan masalah umum yang akan dihadapi Mama.

Buah rambutan juga dapat mengurangi pembengkakan yang terjadi di daerah kaki dan tangan karena sirkulasi darah kurang lancar.

5. Mengurangi sakit kepala dan kelelahan

5. Mengurangi sakit kepala kelelahan
Flickr.com/Pankaj Bansal

Buah rambutan juga merupakan sumber zat besi yang sangat baik. Zat besi dapat membantu mama mengatasi sakit kepala atau pusing dan juga kelelahan selama masa kehamilan.

Zat besi juga dapat menjaga kadar hemoglobin Mama. Jadi, kapan pun mama merasa lelah, yang harus dilakukan hanyalah menikmati buah rambutan.

6. Kaya vitamin E yang baik untuk kulit

6. Kaya vitamin E baik kulit
Unsplash/Zulmaury Saavedra

Dalam halaman lesatlife.com disebutkan bahwa meskipun tidak semua, tapi beberapa ibu hamil mengeluhkan kulit gatal selama kehamilan.

Nah, dengan kandungan vitamin E dalam rambutan dapat membantu mama mencegah gatal dan memberikan kenyamanan.

Vitamin E juga membantu mencegah jerawat, penuaan dini, dan kulit kusam yang terjadi selama kehamilan.

7. Detoksifikasi

7. Detoksifikasi
Freepik/Nensuria

Adanya racun dalam tubuh dapat membahayakan dan juga menyebabkan kerusakan pada tubuh Mama. Karena biasanya racun merupakan salah satu penyebab utama datangnya penyakit.

Nah, untuk terhindar dari ancaman kesehatan tersebut, Mama bisa mengeluarkan racun (detoksifikasi) yang ada pada tubuh mama hanya dengan mengonsumsi rambutan.

Selain racun, kandungan logam berat yang ada pada tubuh mama juga bisa ikut dikeluarkan, lho!

Nah, banyak sekali ternyata manfaat mengonsumsi buah rambutan saat kehamilan ya, Ma. Walaupun begitu, Mama tetap harus selalu mengingat bahwa yang berlebihan itu tidak baik.

Jadi, konsumsi rambutan sewajarnya, ya!

Baca juga: Ini Dia Manfaat Buah Mangga Bagi Ibu Hamil