Segar dan Terjangkau, Ini 5 Manfaat Rambutan untuk Ibu Hamil

Buah rambutan aman dikonsumsi bagi ibu hamil jika tidak berlebihan

5 April 2021

Segar Terjangkau, Ini 5 Manfaat Rambutan Ibu Hamil
Pinterest.com/caribfruits.cirad.fr

Mama saat hamil pasti ada keinginan untuk mengonsumsi buah yang segar, manis, dan asam. Rasa manis dan asam ini terdapat pada buah rambutan yang  digemari banyak orang termasuk ibu hamil.

Rambutan yang memiliki nama latin Botani Nephelium Lappaceum adalah buah eksotis asli di Asia Tenggara. Buah yang berwarna merah cerah memiliki kulit tipis dan berbulu seperti rambut serta daging buah yang berwarna putih memiliki rasa yang manis dan asam.

Ternyata, buah ini merupakan sumber nutrisi lho, Ma. Rambutan juga memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil.

Berikut Popmama.com rangkum manfaat mengonsumsi rambutan selama kehamilan.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

1. Meningkatkan kekebalan tubuh
Pexels/Jonathan Borba

Rambutan merupakan buah dengan tinggi lemak dan kalori yang bisa memenuhi kebutuhan kalori harian. Beberapa komunitas ibu hamil di Asia dilarang mengonsumsi buah rambutan karena diyakini dapat menyebabkan keguguran pada minggu-minggu awal sebab rasa panas yang dihasilkan dari rambutan. Selain itu juga diyakini dapat mempersulit persalinan. Namun pernyataan tersebut tidak didasari oleh sains.

Buah rambutan mengandung 2.8 gram serat makanan per 100 gram buah dan mengandung 70mg vitamin C  yang membantu penyerapan zat besi. Adapun manfaat yang didapat mengonsumi rambutan selama kehamilan yakni, bertindak sebagai antioksidan alami bagi tubuh sehingga mampu meningkatkan kekebalan serta melawan penyakit dan penyakit umum.

Editors' Picks

2. Membantu meredakan mual

2. Membantu meredakan mual
Freepik/Dragana_Gordic

Selain mengandung vitamin C, rasa manis dan asam pada rambutan, ternyata mampu meredakan gejala kehamilan seperti mual, muntah, dan pusing lho, Ma. Hal ini tentu saja akan membuat pengalaman selama kehamilan menjadi lebih menyenangkan.

3. Mengandung zat besi

3. Mengandung zat besi
Freepik
Ilustrasi

Kandungan zat besi di dalam rambutan membantu meningkatkan kadar hemoglobin mama dan membantu mencegah pusing serta kelelahan. Kandungan zat besi bermanfaat untuk mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil. Apabila nutrisi zat besi ibu hamil tercukupi, maka risiko anemia selama masa kehamilan juga akan berkurang.

Mama perlu tahu, kekurangan zat besi selama hamil bisa menyebabkan komplikasi seperti bayi lahir prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah, dan mengalami depresi usai melahirkan hingga risiko kematian.

4. Mengandung kalsium

4. Mengandung kalsium
Unsplash/Daiga Ellaby

Mama, ternyata rambutan juga mengandung kalsium untuk mendukung kesehatan tulang dan otot yang penting untuk menopang pertumbuhan berat janin dalam kandungan. Kandungan kalsium dalam rambutan dapat memenuhi kebutuhan kalsium selama kehamilan. 

    5. Melancarkan pencernaan

    5. Melancarkan pencernaan
    Pexels/Amina Filkins

    Manfaat lainnya dari buah rambutan untuk ibu hamil yang paling utama adalah menjaga kesehatan sistem pencernaan. Hal ini berkaitan dengan kandungan serat di dalamnya yang tidak larut dan serat larut air dalam rambutan. Kedua serat ini sangat efektif untuk memelihara kesehatan sistem pencernaan ibu hamil.  

    Sebelum mengonsumsi buah tersebut, Mama juga harus perhatikan hal berikut ini. 

    • Pilihlah buah rambutan yang sudah matang, biasanya ditandai dengan warna merah, jingga, dan kuning. 
    • Bersihkan buah rambutan dari sisa kotoran yang menempel menggunakan air mengalir. 
    • Usahakan mengupas kulit rambutan tidak menggunakan mulut, tetapi gunakanlah dengan tangan atau pisau. Hal ini untuk menghindari kuman yang ada di kulitnya masuk ke dalam tubuh ibu hamil.
    • Pisahkan daging buah rambutan dari bijinya. Hal ini untuk menghindari tertelannya biji rambutan saat dikonsumsi. 

    Itulah informasi mengenai manfaat buah rambutan untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat ya, Ma.

    Tanya Ahli

    Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

    Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.