TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Selain Terhindar dari Keguguran, Ini Manfaat Asam Folat bagi Janin

Simak dengan baik ya, Ma untuk kesehatan janin

14 Desember 2020

Selain Terhindar dari Keguguran, Ini Manfaat Asam Folat bagi Janin
Freepik/cookie_studio

Saat masa kehamilan, janin memerlukan asupan yang baik dari Mama untuk pertumbuhan dan perkembangan selama dalam kandungan. Salah satu asupan yang baik untuk janin yaitu asam folat.

Asam folat merupakan salah satu vitamin B dan unsur terpenting dalam sintesis DNA (deoxyribo nucleic acid). Asam folat banyak dijumpai pada sayuran, buah, dan daging.

Selama kehamilan, Mama diwajibkan untuk mengonsumsi asam folat dengan dosis yang cukup. Asam folat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan janin selama di kandungan. Jika Mama kekurangan asam folat akan berdampak pada janin, bahkan berisiko keguguran.

Jika Mama ingin mengetahui manfaat asam folat bagi janin, kali ini Popmama.com telah merangkumnya.

1. Mencegah adanya penyakit jantung

1. Mencegah ada penyakit jantung
freepik/kjpargeter

Penyakit jantung tidak hanya menyerang orang dewasa saja, tetapi janin yang masih berada dalam kandungan juga dapat terkena penyakit jantung.

Asam folat dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung bawaan pada janin. Penyakit jantung bawaan dapat terjadi ketika pembuluh darah di jantung pada janin tidak tumbuh secara normal selama dalam kandungan.

Editors' Picks

2. Mencegah janin terkena bibir sumbing

2. Mencegah janin terkena bibir sumbing
Pixabay/Tubarones Photography

Ketika Mama mengonsumsi asam folat secara teratur dan sesuai dosis, janin yang berada dalam kandungan dapat terhindar dari bibir sumbing.

Kecacatan pada janin ini dapat terjadi enam hingga 10 minggu setelah melahirkan dengan berbagai tanda seperti mulut dan bibir bayi tidak tertutup atau menyatu dengan benar.

3. Mencegah terkena penyakit spina bifida

3. Mencegah terkena penyakit spina bifida
healthand.com

Spina bifida merupakan penyakit catat lahir yang terjadi pada janin sesudah dilahirkan. Kecacatan ini diakibatkan saat pembentukan tabung saraf janin dalam kandungan mengalami gangguan.

Spina brifida dapat diketahui ketika adanya beberapa helai rambut di punggung bayi yang baru lahir, atau adanya lekukan kecil yang terdapat pada punggung bawah.

Jika Mama kekurangan asam folat dapat berisiko pada janin yang dikandung.

4. Meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan janin

4. Meningkatkan pertumbuhan perkembangan janin
freepik/valuavitaly

Ketika Mama sedang hamil pasti mempunyai keinginan agar anak yang terlahir tumbuh sehat dan normal. Salah satu cara yang dapat Mama lakukan yaitu mengonsumsi asam folat sebelum dan saat kehamilan. Asam folat dapat membantu proses pertumbuhan dan perkembangan janin selama dalam kandungan.

5. Meningkatkan pembentukan DNA

5. Meningkatkan pembentukan DNA
freepik/GiovanniCancemi

Asam folat dapat berfungsi untuk memproduksi, mengaktifkan, dan memperbaiki DNA pada janin. Perkembangan plasenta pada janin juga dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi asam folat.

Sangat berguna kan, Ma?

Itulah beberapa manfaat asam folat bagi janin. Semoga informasi ini berguna dan dapat menginspirasi Mama untuk mengonsumsi asam folat dengan cukup.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk