Ini Posisi Seks yang Aman saat Hamil 4 Minggu, Anti Lelah tapi Nikmat!

Tertarik untuk mencobanya?

17 April 2022

Ini Posisi Seks Aman saat Hamil 4 Minggu, Anti Lelah tapi Nikmat
Freepik/Racool_studio

Saat kehamilan memasuki usia 4 minggu, sudah banyak perubahan yang Mama rasakan. Keluhan seperti morning sickness, perdarahan implantasi hingga lebih mudah lelah kerap dirasakan.

Keluhan-keluhan tersebut pada akhirnya akan membuat hasrat seksual mama menurun. Tidak heran bila ibu hamil akhirnya mulai malas untuk berhubungan intim di usia kandungan ini.

Lantas, apakah dengan kondisi tersebut membuat ibu hamil akhirnya tidak bisa berhubungan intim? Jawabannya tentu saja tidak.

Mama dan Papa masih bisa berhubungan intim seperti biasa bila mama merasa nyaman. Tapi, ada baiknya untuk mulai memikirkan berbagai posisi seks yang aman saat hamil 4 minggu. Ini penting mengingat Mama mungkin perlu penyesuaian dengan keluhan kehamilan yang sedang dialaminya.

Jadi, berikut rekomendasi posisi seks yang aman saat hamil 4 minggu dari Popmama.com.

1. Woman on Top

1. Woman on Top
Freepik/gpointstudio

Posisi bercinta yang klasik pasti punya pesonanya sendiri. Tidak heran kalau woman on top masuk ke dalam salah satu rekomendasi posisi seks yang aman saat hamil 4 minggu.

Bercinta dengan gaya woman on top membuat Mama lebih punya kendali untuk mengatur alur “permainan”. Ini termasuk menyesuaikan ritme seks yang sesuai dengan kondisi tubuh mama.

Editors' Picks

2. Oral sex

2. Oral sex
Freepik/cookie_studio
Ilustrasi melakukan seks oral saat hamil.

Saat di kehamilan trimester pertama, hormon kehamilan sebetulnya akan membuat mama lebih mudah terangsang. Vagina mama akan lebih mudah terlubrikasi. Beberapa bagian tubuh juga jadi lebih sensitif. 

Tapi sayangnya, keluhan kehamilan yang dirasakan kerap mengalahkan hasrat seksual tersebut. Untuk mengakalinya, Mama dan Papa bisa mencoba melakukan oral sex.

Pancing hasrat seksual mama dengan berciuman panas, lalu lanjutkan permainan dengan melakukan oral sex sebagai variasi. Oral sex mungkin tidak akan menguras energi mama terlalu banyak lantaran Papa yang biasanya akan paling aktif berperan.

3. Spooning

3. Spooning
Freepik/freepik

Posisi seks yang aman dan tidak bikin lelah saat hamil 4 minggu selanjutnya adalah spooning. Mama dan Papa bisa melakukannya sambil tiduran di ranjang.

Kelebihan lainnya, gaya spooning ternyata bagus untuk merangsang kenaikan hormon oksitosin atau hormon cinta di dalam tubuh mama.

Kenaikan hormon ini bisa meringankan stres, membuat mama merasa lebih rileks, mengurangi rasa cemas, dan hubungan dengan papa jadi terasa lebih intim.

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Seks saat Hamil 4 Minggu

Hal Harus Diperhatikan Ketika Seks saat Hamil 4 Minggu
Freepik/cookie_studio

Kendati seks saat hamil 4 minggu masih aman dilakukan, ada beberapa hal yang perlu Mama dan Papa perhatikan. Apa saja itu?

  • Kurangi aktivitas merangsang payudara terlalu kencang. Saat hamil 4 minggu, payudara mama akan terasa lebih sensitif dan mengencang. Alih-alih menaikkan libido, gerakan memain payudara yang terlalu keras malah bisa bikin mama kesakitan.
  • Jangan meniup vagina mama saat oral seks. Ini penting, untuk menghindari masuknya udara ke dalam vagina mama yang justru berbahaya bagi janin.

  • Jangan lakukan seks saat perdarahan implantasi berlangsung. Maka dari itu, penting untuk menentukan jadwal bercinta yang tepat agar sensasi seks tidak berkurang.

Itu dia berbagai posisi seks yang aman saat hamil 4 minggu. Sebelum mempraktekannya malam ini, pastikan Mama dan Papa telah mencatat berbagai hal yang harus diperhatikan agar seks terasa nikmat tanpa menimbulkan risiko pada kehamilan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk