Hamil Tetapi Tidak Mengetahuinya? Mungkin Terkena Cryptic Pregnancy!

Cari tahu apa itu cryptic pregnancy, gejala, dan cara mencegahnya

11 September 2019

Hamil Tetapi Tidak Mengetahui Mungkin Terkena Cryptic Pregnancy
Freepik/Santipong6519

Tidak merasa sedang hamil, namun harus melangsungkan proses melahirkan, apa bisa? Ternyata bisa, Ma! Mungkin yang sedang Mama alami itu adalah cryptic pregnancy atau kehamilan samar.

Meskipun masih jarang terjadi, kasus kehamilan samar seperti ini juga banyak terjadi pada beberapa perempuan. Kehamilan samar mungkin sulit untuk dipercaya, sebab kondisi seperti ini tentu tidak biasa seperti yang kebanyakan orang pikirkan.

Lantas, apa sebenarnya cryptic pregnancy atau kehamilan samar? Kehamilan samar adalah ketika seorang perempuan hamil tetapi tidak menyadari kehamilannya karena gejala kehamilan yang sangat halus.

Kehamilan samar juga tidak bisa terdeteksi melalui USG lho, Ma. Oleh karena itu, Mama harus mengetahui gejalanya agar bisa mempersiapkan kehamilan dengan tepat.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum apa saja penyebab, gejala, serta cara mencegah kehamilan samar. Disimak yuk, Ma!

1. Penyebab terjadinya cryptic pregnancy

1. Penyebab terjadi cryptic pregnancy
Verywellhealth.com

Kebanyakan dari perempuan yang mengalami kehamilan samar disebabkan karena ketidakseimbangan hormon, beberapa dari mereka juga disebabkan karena psikologis.

Dilansir dari Healthline.com, berikut faktor yang menyebabkan kehamilan samar:

  1. Sindrom ovarium polikistik (PCOS): kondisi ini dapat membatasi kesuburan perempuan yang membuat ketidakseimbangan hormon, dan menyebabkan menstruasi menjadi tidak teratur.
  2. Perimenopause: waktu ketika perempuan mengalami kemajuan yang menunjukkan gejala menopause sehingga membuat sulit mendeteksi kehamilan.
  3. Pil KB atau alat kontrasepsi: meskipun menggunakan KB atau alat kontrasepsi lainnya dikatakan efektif untuk mencegah kehamilan, namun ada beberapa kasus ketika Mama bisa hamil walaupun sedang menggunakan alat kontrasepsi.
  4. Lemak tubuh rendah: kondisi ini bisa menyebabkan menstruasi tidak teratur selama berbulan-bulan. Atlet biasanya lebih berdampak memiliki kadar hormon rendah dan sulit untuk mendeteksi kehamilan.
  5. Stres: ketika gaya hidup semakin menurun, perempuan lebih mudah terkena tekanan yang membuat dirinya stres dan kadar hormon menjadi rendah. Hal ini juga bisa menjadi penyebab terjadinya kehamilan samar.

Editors' Picks

2. Gejala yang dialami dari cryptic pregnancy

2. Gejala dialami dari cryptic pregnancy
Pixabay/Contato1034

Jika Mama hamil tetapi tidak menyadarinya, gejala kehamilan samar mungkin bisa membuat Mama kebingungan karena tidak adanya persiapan yang matang dan tepat.

Oleh karena itu, Mama perlu mengetahui gejala umum yang sering terjadi ketika mengalami kehamilan samar. Diantaranya adalah:

  • Masa seperti pendarahan saat hamil. Namun, kejadian ini akan berumur pendek tetapi cukup menyerupai siklus menstruasi yang teratur.
  • Gejala khas seperti mual dan muntah sangat ringan dan mudah keliru untuk kondisi lain.
  • Janin akan hadir seperti kehamilan normal, namun janin biasanya akan terletak di belakang rahim menuju tulang belakang.
  • Meskipun ada gerakan di dalam rahim, itu sangat mirip seperti adanya gas yang diterima perut.
  • Kenaikan berat badan yang lambat namun pasti. Serupa dengan orang hamil pada umumnya, biasanya kehamilan samar juga akan mengalami naiknya berat badan namun lebih lambat.

3. Cara mencegah cryptic pregnancy

3. Cara mencegah cryptic pregnancy
Pixabay/Hioahelsefag

Meskipun jarang terjadi dan terlihat tidak mungkin, kehamilan samar ternyata nyata adanya.

Nah, untuk mencegah adanya kehamilan samar, Mama perlu mengetahui bahwa biasanmestruasi menjadi tidak teratur. Jika sudah begitu, segeralah konsultasikan hal ini pada dokter kandungan untuk pemeriksaan menyeluruh.

Kehamilan samar memang sulit untuk dideteksi dan tentunya membuat Mama merasa terganggu karena tidak memiliki persiapan yang tepat. Cara pencegahan yang terbaik adalah dengan rutin konsultasi pada dokter kandungan tentang kesehatan reproduksi.

Itulah hal-hal penting yang perlu Mama ketahui mengenai cryptic pregnancy atau kehamilan samar. Semoga tidak mengalami kehamilan samar yang membuat bingung ini ya, Ma.

Selamat menjalankan kehamilan dengan sehat, Mama!

Baca juga:

Topic:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;