Kehamilan Minggu Ke-13

Organ matanya terus terbentuk dan seperti inilah perkembangan janin di dalam kandungan

5 Januari 2018

Kehamilan Minggu Ke-13
Freepik

Bagaimana Perkembangan Janin Pada Kehamilan Minggu Ke-13

Pada kehamilan minggu ke-13 ini, berarti sebentar lagi kamu memasuki trimester kedua. Perkembangan janin di minggu ke-13 akan berjalan semakin cepat. Beratnya sekitar 0,23 Kg dan ukurannya 6 cm - 7,5 cm dari atas kepalanya sampai ke bawah.

Usus yang awalnya merupakan bagian dari tali pusar, telah menemukan tempat baru di rongga perutnya.

Lidahnya juga bertumbuh untuk pertama kalinya. Matanya terus bertumbuh dan jaraknya semakin dekat. Telinga juga bertumbuh semakin menyerupai bentuk yang semestinya.

Bagian kepala bayi kira-kira berukuran setengah dari seluruh tubuhnya, pada saat kelahiran nanti ukuran kepala menjadi seperempat ukuran tubuhnya. Perkembangan janin pada kehamilan minggu ke-13 memang terjadi sangat pesat.

Hari demi hari bayi di dalam perut semakin berbentuk dan organ yang terbentuk itu sudah mulai berfungsi. Mama, teruslah mendoakan Si Kecil dalam kandungan.

Bagaimana Kehamilan Minggu ke-13 Mengubah Kehidupan Mama?

Jika kamu melakukan pemeriksaan di minggu ini, dokter kandungan atau bidan mungkin bisa merasakan bagian atas rahim kamu di bagian bawah perut. Ukuran rahim yang mulai melebar dan terus bertumbuh ini kadang mendatangkan keluhan bagi ibu hamil.

Kamu bisa konsultasikan apa yang kamu rasakan. Saat rahim tumbuh ini akan mengisi panggul, semakin melebar dan menonjol keluar. Setelah itu kamu mulai terlihat seperti perempuan yang sedang hamil.

Nafsmu makan kamu di kehamilan minggu ke-13 biasanya akan kembali normal. Kamu mulai ingin kembali banyak makan, jangan lupa atur nutrisinya ya.

Editors' Picks

Anjuran dan Larangan Selama Kehamilan Minggu ke-13

Pada minggu ke-13 ini kamu bisa mendaftarkan diri kamu ke childbirth classes, meskipun kamu tidak akan menghadiri selama berminggu-minggu karena biasanya dimulai di kehamilan bulan ke-7. Kamu hanya perlu mencari tahu lokasi terdekat dan mencari tahu perbandingan dari pelayanan kelas yang kamu temukan dari pencarian di google.

Kamu bisa menentukan jadwal latihan dan memilih konsultan atau dokter pemandu yang kamu inginkan jika kamu mendaftar lebih awal. Jika kamu ikut kelas ini, kamu bisa mendapatkan rekomendasi dari konsultan kamu.

Pada kehamilan minggu ke-13 kamu juga harus memerhatikan jenis olahraga yang kamu lakukan secara rutin. Larangan di minggu ini adalah olahraga yang memaksa kamu menghembuskan nafas panjang secara berlebihan.

Olahraga angkat beban dengan berat yang berlebihan misalnya, saat kamu mengangkat beban maka kamu akan mengejan dan setelah kamu menurunkan beban yang kamu angkat tadi, maka kamu menghembuskan nafas panjang, refleks dengan seluruh tenaga. Hindari olahraga semacam ini agar rahim kamu tetap berada pada posisi yang bagus.

Apa yang Perlu Dilakukan Pada Kehamilan Minggu ke-13?

Jika di minggu-minggu sebelumnya kamu masih ragu untuk mengatakan tentang kehamilan kamu ke pihak perusahaan tempat kamu bekerja, maka minggu ini adalah waktu yang paling tepat. Jangan menundanya.

Para ahli mengatakan bahwa kamu harus memberi tahu atasan sebelum orang lain di tempat kerja kamu mengetahui hal ini, meski rasanya sulit untuk menyimpan kabar baik ini dari teman-teman kamu.

Dengan mengatakan lebih awal, mereka akan lebih memahami kamu. Kamu juga bisa berkonsultasi mengenai cuti melahirkan lebih awal. Kenapa ini menjadi penting? Kamu perlu memikirkan beban pekerjaan kamu nantinya akan dibagi ke siapa saat kamu cuti.

Selain itu, kamu perlu memperhitungkan siapa yang membantu kamu merawat bayi kamu setelah persalinan, terutama setelah kamu masuk kembali ke kantor.

Bagaimana dengan Kehamilan Kembar?

Seperti ibu hamil lainnya, yang kamu lakukan juga sama. Kamu harus menjaga asupan dan memilih makanan dengan nutrisi yang tepat. Perbedaannya adalah kamu memberi asupan untuk dua bayi di dalam perut kamu. Jangan lakukan diet yang tidak sesuai saat hamil. Jangan hindari gula dan garam 100 persen, karena tubuh kamu tetap membutuhkannya.

Pilih sayuran yang kaya akan asam folat dan zat besi seperti almond, kacang merah, buncis, kacang panjang, bayam. Untuk vitamin, kamu bisa dapatkan dari bergai buah-buahan. Kalau kamu masih terus mengalami mual dan muntah, konsultasikan segera ke dokter.

Perkembangan janin pada kehamilan minggu ke-13 bagi bayi kembar tetap berjalan sama seperti kehamilan lainnya. Selama nutrisi yang dibutuhkan bisa terpenuhi, perkembangan juga bisa bisa berjalan dengan pesat.