Kehamilan Minggu ke-6

Inilah perkembangan pada janin minggu ini

27 Desember 2017

Kehamilan Minggu ke-6
studio55.fi

Bagaimana Perkembangan Janin Pada Kehamilan Minggu ke-6

Sejak awal kehamilan, setiap hari menjadi waktu yang penting untuk perkembangan calon bayi di dalam kandungan mama. Ukuran janin di usia kehamilan 6 minggu sudah sebesar kacang, sekitar 0,6 cm.

Di minggu ke-6 ini, perkembangan mata dan jantung semakin pesat. Sistem pernapasan dan pencernaan mulai terbentuk. Mulai terbentuk lengan dan kaki dan bakat untuk jari.

Biasakan untuk memilih pola hidup sehat. Kamu harus membiasakan untuk bersahabat dengan menu makanan yang bernutrisi, pola kerja yang baik dan pola tidur yang cukup.

Bagaimana Kehamilan Minggu ke-6 Mengubah Kehidupan Mama?

Setelah kamu tidak pernah mengalami menstruasi, maka kamu akan melakukan tes kehamilan menggunakan tespek. Untuk mendapatkan keterangan yang lebih lengkap, kamu pasti akan pergi ke dokter atau bidan untuk menanyakan banyak hal tentang kehamilan di tahap awal ini.

Kamu mulai menyadari kalalu kamu benar-benar merasakan tanda-tanda kehamilan yang mungkin sudah kamu alami sejak minggu ke-4. Sekarang, setelah kehamilan minggu ke-6, kamu akan menjadi semakin yakin.

Kamu perlu menceritakan ke lebih banyak orang mengenai berita baik ini. Kamu bisa menceritakan ke rekan kerja, agar mereka memaklumi perubahan yang ada pada diri kamu selama kehamilan.

Biasanya setelah meyakini hasil tesnya positif, ibu hamil langsung upload ke insta story. Ini juga bisa jadi cara yang mudah agar orang lain mengetahui bahwa sejak saat ini kamu sedang mengandung.

Ini yang Mama Rasakan Saat Kehamilan Minggu ke-6

Di minggu ke-6 biasanya mual dan muntah atau morning sickness akan semakin sering terjadi. Berikut ini tips untuk mengatasi mual dan muntah dan meringankan kamu untuk melalui kehamilan di minggu ke-6:

- Ciptakan pola makan teratur. Meski susah makan karena mual dan muntah, kamu tetap harus mengusahakan makan 3 kali sehari. Terutama di waktu sarapan, ini sangat penting untuk energi jangka panjang dan untuk stamina selama seharian. Konsumsi protein dan karbohidrat yang cukup.

- Rasa mual juga membuat selera makan kamu hilang. Bayangkan apa makanan yang sedang kamu inginkan. Jika membayangkan makanan saja bisa membuat kamu merasa mual, pikirkan lagi, mana yang kamu inginkan, makanan manis atau asin? Pilihlah makanan atau minuman yang bisa membangkitkan selera kamu.

- Tolak pesona sofa atau ranjang tidur kamu, ingat kamu harus bergerak. Lebih banyak bergerak akan membuat kamu merasa haus. Dalam keadaan seperti ini, makanan dan minuman yang kamu konsumsi bisa terasa lebih nikmat. Kamu juga bisa melakukan yoga dengan gerakan yang mudah atau jalan santai sambil berjemur di bawah matahari pagi.

Editors' Picks

Peringatan untuk Berhenti Merokok

Jika kamu seorang perokok, berhentilah. Merokok meningkatkan risiko sejumlah masalah, termasuk keguguran, masalah plasenta, dan kelahiran prematur. Ini juga memperlambat pertumbuhan janin dan meningkatkan risiko kelahiran mati dan kematian bayi.

Beberapa penelitian bahkan menghubungkan merokok dengan peningkatan risiko memiliki bayi dengan bibir sumbing atau langit-langit mulut. Tidak ada kata terlambat untuk berhenti merokok demi kesehatan janin.

Tips Menjaga Kehamilan Minggu Ke-6

Keamanan rumah

Pastikan rumah dan lingkungan pekerjaan kamu aman untuk ibu hamil. Rumah dengan ukuran besar, memiliki kolam renang, area teras yang luas dengan lantai yang licin perlu jadi perhatian bagi kamu. Pastikan kebersihannya tetap terjaga.

Keamanan lingkungan pekerjaan

Begitu pula lingkungan pekerjaan, kadang ada hobi atau pekerjaan yang kurang aman untuk perempuan hamil. Misalkan tempat kerja yang secara rutin terpapar bahan kimia atau radiasi berat. Kamu perlu melakukan konsultasi ke dokter kandungan atau bidan.

Sejarah medis

Cari tahu sejarah medis dari kedua sisi, baik dari keluarga kamu maupun pasangan. Apakah ada sejarah terkena penyakit kronis atau kelainan genetik. Ini bisa dicatat dan didiskusikan dengan dokter kandungan atau bidan kamu.

Bagaimana Jika Mama Memiliki Berat Badan Berlebih?

Untuk mama yang memiliki berat badan berlebih sejak awal seblum masuk masa kehamilan, di minggu ke-6 ini harus mulai memikirkan cara menurunkan berat badan. Ini dilakukan untuk membantu mencegah rasa sakit dan nyeri yang menganggu selama masa kehamilan. Ini juga untuk meredam stres karena kelelahan.

Konsultasikan juga ke dokter kandungan, berapa berat badan yang sesuai untuk kamu selama kehamilan di minggu ke-6. Dengan demikian kamu bisa segera menyesuaikan.