Kehamilan Minggu ke-7

Sesekali Mama merasa mual saat hamil muda

28 Desember 2017

Kehamilan Minggu ke-7
parenting.com

Bagaimana Perkembangan Janin Pada Kehamilan Minggu ke-7

Hebat! Perkembangan janin melaju dengan cepat pada kehamilan minggu ke-7, sekarang janin sebesar blueberry. Lipatan kelopak matanya sudah terbentuk dan memiliki beberapa warna. Begitu juga ujung hidungnya dan pembuluh darah kecil yang terus terbentuk di bawah kulit.

Kedua belahan otak janin kamu mulai tumbuh, hatinya mulai bekerja dan memicu sel darah merah sampai ke sum-sum tulang belakang. Janin mulai memiliki usus dan pankreas, pada akhirnya menghasilkan hormon insulin untuk membantu pencernaannya agar bisa bekerja dengan baik.

Ada lingkaran di usus janin yang menonjol ke tali pusarnya, sekarang ia memiliki pembuluh darah yang bisa membawa oksigen dan nutrisi untuk tubuh mungilnya. Semoga perkembangan janin bisa berjalan lancar sesuai usianya ya Mama.

Bagaimana Kehamilan Minggu ke-7 Mengubah Kehidupan Mama?

Kamu mulai bisa merasakan ada yang hidup di dalam tubuhmu. Meski tidak terlalu berpengaruh banyak terhadap bentuk tubuh, kehamilan minggu ke-7 ini bisa membuat kamu kepikiran terus-menerus. Nikmati terus setiap fase dari mingu ke minggunya.

Ukuran rahim kamu mulai membesar untuk memberikan ruang bagi janin yang sedang bertumbuh. Jika kamu tidak mengalami morning sickness, kamu sangat beruntung.

Semakin sering buang air kecil. Volume darah kamu meningkat dan ada cairan ekstra yang diproses melalui ginjal. Sampai kehamilan minggu ke-7, kamu memiliki sekitar 10 persen lebih banyak dari pada sebelum hamil.

Mual dan muntah pada trimester pertama akan mereda setelah kehamilan minggu ke-14. Sementara untuk buang air kecil akan terus kamu alami sampai persalinan. Seperti disebutkan babycenter com, penelitian menunjukkan kalau frekuensi maupun volume urine cenderung meningkat selama masa kehamilan.

Editors' Picks

Ini yang Mama Rasakan Saat Kehamilan Minggu ke-7

Tidur malam kamu sesekali mulai terganggu, ini lagi-lagi karena frekuensi buang air kecil yang semakin sering. Sebaiknya setelah buang air kecil di malam hari jangan cek media sosial atau Whats App. Segera kembali tidur agar kamu bisa segera menyambung waktu istirahat.

Kamu juga mulai merasakan perubahan emosional, seperti mudah marah. Tapi bagi sebagian lainnya ada juga yang mudah merasa sedih atau minder. Keadaan emosional yang bertambah peka adalah hal yang wajar, jika kamu merasa ini mengganggu segera konsultasikan dengan dokter kandungan.

Ini yang Perlu Ditanyakan Pada Dokter di Kehamilan Minggu ke-7

Dokter atau bidan biasanya akan menanyakan bagaimana perasaan kamu secara fisik dan emosional, apakah kamu memiliki keluhan atau kekhawatiran, dan pertanyaan apa yang mungkin kamu rasakan. Dia juga memiliki pertanyaan lain, yang akan bervariasi tergantung seberapa jauh kehamilan kamu dan apakah terjadi masalah khusus. Biasanya dokter juga memberikan panduan gaya hidup yang baik untuk kamu selama masa kehamilan.

Tujuan kunjungan rutin kehamilan adalah untuk melihat bagaimana kehamilan terjadi dan apakah kamu membutuhkan informasi baru mengenai perkembangan janin di dalam tubuh kamu.

Konsultasi ini untuk membantu menjaga kesehatan bayi dalam kandungan dan mama. Jangan lupa tanyakan juga beberapa hal berikut:

Bagaimana posisi bayi kamu?

Apa olahraga yang aman untuk kamu di usia kehamilan minggu ke-7

Bagaimana detak jantung bayi kamu?

Biasanya dokter akan mengingatkan akan pentingnya gaya hidup sehat selama awal kehamilan. Kamu juga akan diingatkan untuk menghindar dari kepulan asap rokok. Dokter juga akan memberikan saran mengenai hidup sehat selama hamil.