Kehamilan Minggu Ke-9

Bagaimana perkembangan janin di dalam kandungan Mama minggu ini?

3 Januari 2018

Kehamilan Minggu Ke-9
Freepik

Bagaimana Perkembangan Janin Pada Kehamilan Minggu ke-9

Calon bayi kamu sekarang kira-kira sudah seukuran anggur hijau. Di kehamilan minggu ke-9 janin terlihat lebih manusiawi. Janin 9 minggu mengalami banyak penyesuaian.

Ekor mungilnya sekarang benar-benar menghilang. Bagian mata sudah sepenuhnya terbentuk. Otot-ototnya semakin terbentuk.

Organ seks eksternal semakin sempurna tapi belum dapat dibedakan jenis kelaminnya laki-laki atau perempuan. Meski matanya sudah terbentuk, kelopak mata masih tertutup dan tidak akan terbuka sampai usia 27 minggu. Janin mulai memiliki telinga kecil, mulut, hidung dan lubang hidungnya semakin jelas.

Puting susu bayi juga mulai terlihat, folikel rambutnya juga mulai terbentuk. Plasenta memiliki peran semakin besar karena di minggu ke-9 mengambil alih tugas untuk memproduksi hormon. Bentuk dasar bayi kamu sudah terbentuk, ia siap untuk berkembang dengan lebih pesat di minggu-minggu mendatang.

Bagaimana Kehamilan Minggu ke-9 Mengubah Kehidupan Mama?

Kebanyakan usia kehamilan 9 minggu belum terjadi perubahan yang signifikan. Kamu belum terlihat seperti orang hamil, perut kamu juga belum menggelembung. Karena perubahan bentuk tubuh yang belum terlihat, kadang kamu lupa kalau kamu sedang hamil muda, begitu juga orang-orang di sekitar kamu.

Namun tetap berhati-hati saat berkegiatan atau saat bercanda dengan teman-teman kamu. Hindari perilaku over acting yang mungkin bisa membahayakan kehamilan.

Editors' Picks

Ini yang Mama Rasakan Saat Kehamilan Minggu ke-9

Sebagaian ibu hamil merasakan hasrat berhubungan intimnya menurun. Kamu perlu mendiskusikan dengan pasangan jika kamu dalam golongan seperti ini. Ini adalah hal yang biasa, karena hormon yang melonjak dan mungkin juga karena mual dan muntah yang dialami. Sebagian lainnya juga ada yang hamil muda tanpa mual muntah dan tidak peka terhadap perubahan hormonal di dalam tubuh.

Untuk ibu hamil yang seperti ini bisa jadi keinginan berhubungan intim dengan pasangan malah meningkat. Cairan organ intim kamu juga lebih meningkat saat itu dan perubahan area genital membuat beberapa orang semakin bisa merasakan orgasme.

Apa yang Perlu Dilakukan Saat Kehamilan Minggu Ke-9

Sudah waktunya mengatakan kalau kamu sedang hamil ke orang-rang di tempat kamu bekerja. Minggu ke-9 merupakan waktu yang tepat untuk mengatakan tentang kehamilan kamu ke HRD. Jadi kamu bisa merasa lega. Kamu juga bisa mengkonsultasikan beberapa hal berikut:

- Berapa lama waktu cuti yang diberikan untuk cuti melahirkan?

- Tunjangan apa saja yang bisa kamu dapatkan saat kehamilan dan persalinan?

- Bagaimana prosedur untuk mengajukan cuti melahirkan?

Pertanyaan di atas sangat mendasar, tapi terkadang lupa untuk ditanyakan. Padahal pertanyaan tersebut bisa didiskusikan langsung saat menginformasikan kalau kamu saat ini sedang hamil.

Memberitahukan lingkungan kerja lebih awal bisa berguna untuk kamu, mereka akan lebih memaklumi ketika kamu mengalami mual dan muntah, kelelahan atau bahkan mengantuk saat jam kerja.

Tips Saat Mengalami Mual dan Muntah di Kehamilan Minggu Ke-9

Saat kamu mengalami mual dan muntah, perbanyak minum air hangat. Atur napas dengan cara tarik nafas panjang melalui hidung dan buang melalui mulut. Hempaskan udara sekaligus relaksasikan tubuh kamu. Ini bisa mengendurkan otot kamu dan melegakan kamu dari rasa tegang atau cemas.