Kehamilan Minggu Kelima

Seperti ini perkembangan janin yang terjadi di dalam rahim Mama

18 Desember 2017

Kehamilan Minggu Kelima
Freepik

Bagaimana Perkembangan Janin Pada Kehamilan Minggu Kelima

Minggu ini embrio kamu akan berkembang dengan pesat. Embrio pada minggu kelima seukuran dengan biji wijen. Sekarang embrio terdiri dari 3 lapisan, ektoderm, mesoderm, dan endoderm. Seiring perkembangannya ketiga lapisan ini yang kemudian membentuk semua organ dan jaringan pada calon bayi mama.

Tabung saraf dari otak bayi, sumsum tulang belakang, saraf dan tulang punggung akan terus berkembang. Dimulai dari perkembangan di lapisan atas yang disebut ektoderm. Lapisan ini juga akan memunculkan kulit, rambut, kuku, kelenjar susu dan kelenjar keringat serta enamel gigi.

Dari lapisan tengah akan membentung jantung dan sistem peredaran darah. Lapisan tengah atau mesoderm juga akan membentuk otot, tulang rawan, tulang lainnya dan membentuk subkutan atau kulit bagian dalam.

Lapisan ketiga atau endoderm akan membentuk paru-paru, usus, sistem saluran kencing dini, hati dan pankreas. Lalu ari-ari dan tali pusar mulai terbentuk. Keduanya mulai berfungsi untuk menyerap nutrisi dan oksigen ke bayi kamu. Nutrisi didapatkan dari apa yang kamu makan.

Bagaimana Kehamilan Minggu Kelima Mengubah Kehidupan Mama

Kamu mungkin mengalami keluhan seperti ibu hamil pada umumnya. Keluhan sering buang air kecil saat beraktivitas, kelelahan, ngantuk di siang hari, nyeri payudara atau mual dan muntah. Keluhan ini bisa jadi muncul sampai beberapa minggu ke depan.

Orang lain belum dapat melihat perubahan pada bentuk tubuh kamu. Orang hanya akan menyadari kamu saat ini sedang hamil, jika kamu berhenti merokok dan menghindar dari lingkungan para perokok atau menolak minum alkohol.

Editors' Picks

Ini yang Mama Rasakan Saat Kehamilan Minggu Kelima

Pernah nggak kamu mendengar kata-kata candaan, "Jangan ganggu orang yang sedang hamil muda." Kalau kamu pernah dengar dan gagal paham dengan kata-kata tersebut, kamu harus memahami penjelasan berikut ini. Sebenarnya ungkapan ini karena banyak orang mengakui bahwa perempuan yang sedang hamil muda itu galak atau mudah marah. Hal ini juga bisa terjadi pada diri kamu, meski kamu tidak menyadari sepenuhnya.

Di kehamilan minggu kelima, kamu bisa merasakan mood swing. Ini adalah keadaan dimana mood kamu bisa berubah dalam waktu singkat yang wajar terjadi pada masa awal kehamilan. Berikut ini adalah 4 penyebab mood swing:

1. Kelelahan

Saat tubuh kamu merasa kelelahan namun pekerjaan kamu masih menumpuk, ini memaksa kamu untuk tetap bekerja dengan siaga. Kamu cenderung menguatkan diri sementara tubuh kamu merasa semakin kelelahan. Kalau ada yang mengganggu atau menyusahkan pekerjaan kamu, biasanya kamu akan mudah tersulut. Beri pengertian ke teman-teman kamu di kantor soal hal ini ya, supaya mereka bisa lebih memaklumi kamu.

2. Keinginan yang tidak tercapai

Sangat susah rasanya untuk tetap tenang saat keinginan tidak tercapai. Perempuan yang sedang hamil biasanya rasa penasarannya lebih tinggi, saat keinginannya tidak terpenuhi bisa mengundang mood swing.

3. Kurang tidur

Saat kurang istirahat pasti kualitas tubuh akan menurun. Jangan coba ganggu ibu hamil yang kurang tidur, katanya bisa jadi galak seperti macan.

4. Nggak mau menunggu lama

Kalau biasanya kamu sabar dalam menanti, saat hamil kamu bisa jadi nggak sabaran. Kamu cenderung nggak mau menunggu lama, terlebih menunggu hal yang tidak pasti. Beri tahu pasangan kamu untuk belajar tepat waktu selama kamu memasuki kehamilan minggu kelima.

Tips Menjaga Hubungan dengan Pasangan Saat Usia Kehamilan Minggu Kelima

Saat kamu mengalami mood swing pada kehamilan di minggu kelima, biasanya kamu akan melampiaskan kekesalan ke pasangan. Sebelum kamu benar-benar mengalami mood swing, sebaiknya kamu mengkomunikasikan hal-hal yang mungkin bisa memancing kekesalan kamu.

Beri penjelasan juga kepada pasangan jika terjadi hal sebaliknya, seperti kamu yang tiba-tiba menjadi manja dan terlihat manis di depan pasangan kamu, jangan menganggap kamu aneh. Pasangan kamu hanya perlu mengikuti alur mood kamu dan memberikan kamu tempat dan waktu untuk sedikit menenangkan diri.