7 Barang yang Harus Dimiliki Saat Trimester Pertama

Barang-barang ini bisa membuat kehamilan kamu semakin menyenangkan

18 Maret 2019

7 Barang Harus Dimiliki Saat Trimester Pertama
Paxels/Rawpixel.com

Bagi kamu yang baru menjalani masa kehamilan, pastinya akan merasakan beberapa hal yang tak mudah dijalani.

Trimester pertama adalah awal dari petualangan kehamilan, setiap orang akan mengalami perbedaan dalam menjalani prosesnya.

Untuk menunjang kehamilan pada trimester pertama, beberapa item ini sangat baik untuk selalu dibawa untuk membuat trimester pertama menjadi mudah dan menyenangkan.

1. Bersiap untuk bra baru!

1. Bersiap bra baru
Pexels/Pixabay

Trimester pertama adalah trimester yang berkembang. Salah satu hal pertama yang akan berubah dan menjadi sakit adalah payudara.

Payudara yang sakit sebenarnya adalah salah satu tanda pertama kehamilan.

Studi menunjukkan bahwa 75% perempuan benar-benar akan melihat perubahan pada payudara mereka sebelum mereka melihat adanya perubahan lain di tubuh mereka. Karena itu, salah satu hal pertama yang perlu dibeli adalah bra baru.

Trik untuk membeli bra baru adalah membeli bra yang terasa nyaman. Selama 9 bulan hamil, payudara akan membesar. Semakin besar, maka akan semakin besar rasanya, ini membuat kamu merasa kurang nyaman.

Kunci untuk mempertahankan tingkat kenyamanan adalah memiliki dua bra, satu untuk kegiatan sehari-hari dan satu lagi untuk malam hari.

2. Video workout untuk kehamilan

2. Video workout kehamilan
Freepik/prostooleh

Trimester pertama biasanya dimulai dengan rasa mual. Mual dapat menyebabkan banyak perempuan hanya ingin tetap di tempat tidur dan tidak seaktif sebelum mengandung.

 Namun, ini tidak akan membantu mengatasi mual. Kamu bisa lakukan olahraga ringan untuk mengurangi mual pada trimester pertama. Berolahraga dapat membantu mengatasi ketegangan otot dan mengurangi rasa sakit.

Cobalah untuk memiliki beberapa video latihan kehamilan adalah trimester pertama. Video workout kehamilan dibuat untuk membantu perempuan hamil tetap aktif.

3. Satu kotak makanan ringan yang nggak boleh ketinggalan

3. Satu kotak makanan ringan nggak boleh ketinggalan
bettycrocker.com

Jika kamu masih aktif menjalani kegiatan saat hamil muda, maka jangan sampai meninggalkan kotak makanan ringan di dalam tas kamu.

Mual biasanya disebabkan oleh lapar dan tidak mengonsumsi jumlah kalori yang tepat sepanjang hari. Hal ini merupakan salah satu alasan utama mengapa kita biasanya menjadi mual pada pagi atau malam hari.

Untuk membantu hilangkan rasa mual itu, direkomendasikan untuk memiliki sekotak cemilan favorit di dalam kotak. Letakkan di sebelah tempat tidur atau di dalam tas kamu ketika kamu berpergian.

Kamu bisa mengisi kotak makanan ringan kamu dengan snack berikut ini:

- Snack bar yang penuh protein dan serat

- Permen karet

- Cookies

- Kacang

- Kismis

Editors' Picks

4. Vitamin prenatal

4. Vitamin prenatal
Pexels/Ylanite Koppens

Mempertahankan diet seimbang bersama dengan dosis vitamin dan nutrisi yang sehat dapat benar-benar membantu trimester pertama berjalan mulus.

Vitamin Prenatal harus selalu direkomendasikan oleh dokter, karena OBGYN akan menjadi satu-satunya yang dapat memberi tahu vitamin mana yang paling cocok untuk Mama.

Sangat penting untuk memiliki keseimbangan yang sehat antara vitamin dan nutrisi yang kamu konsumsi. Semakin baik kamu merawat kehamilan dan tubuh selama hamil, semakin sehat bayi kamu.

Bahkan jika kamu belum hamil, tetapi berencana untuk melakukan program kehamilan, dokter akan merekomendasikan memulai mengonsumsi vitamin prenatal sebelum mencoba untuk hamil.

5. Buku persiapan kehamilan

5. Buku persiapan kehamilan
Freepik

Pada saat mengetahui bahwa kamu hamil, buku persiapan kehamilan bisa sangat berguna. Memiliki buku yang akanmembimbing kamu sepanjang kehamilan dapat benar-benar bermanfaat.

Ini akan membantu kamu mengetahui apa yang terjadi pada kehamilan kamu dan memastikan sepenuhnya normal.

6. Celana strechy akan jadi favorit

6. Celana strechy akan jadi favorit
Tokopedia

Trimester pertama adalah saat kamu mempersiapkan dan mulai membeli celana dengan ukuran besar yang pastinya kamu butuh lebih dari satu pasang.

Celana strechy akan menjadi item pakaian favorit sepanjang kehamilan.

Saat perut mulai terbentuk, kamu akan melihat bahwa tidak ada yang sesuai dengan keinginan kamu.

Bukan hanya terasa berat badan bertambah, tetapi pakaian akan mulai pas dengan cara yang tidak menarik. Pilihan celana hamil yang tersedia di pasaran bisa menjadi solusi sejak trimester pertama. 

7. Pelembab kulit harus selalu tersedia

7. Pelembab kulit harus selalu tersedia
pexels/Linda Pebreza

Saat mengetahui hamil, pikirkan kesehatan janin, perut yang berkembang dan beberapa perubahan pada tubuh selama sembilan bulan ke depan.

Kamu tahu apa yang akan terjadi selanjutnya, Stretch mark!

Ya, stretch mark kemungkinan akan muncul. Untuk mengurangi bahkan mencegahnya, sangat penting untuk mulai menggunakan pelembab tubuh sesegera mungkin.

Menggunakan pelembap yang tebal akan menguntungkan dan memberikan kamu kulit halus sepanjang tahun.

Kamu juga bisa body butter sendiri. Bahannya: 

  • 1 cangkir minyak kelapa
  • 3 sendok makan minyak zaitun
  • 1 sendok makan minyak alpukat atau minyak nabati

Campur semuanya menjadi body butter tubuh favorit dan diamkan di kulkas selama 3 jam hingga benar-benar padat.

Setelah itu kamu bisa menggunakannya, tapi jangan terlalu banyak ya karena berbahan dasar minyak, ini dapat menodai pakaian kamu.

Itulah beberapa barang yang sebaiknya tersedia saat memasuki kehamilan trimester pertamamu. Bagaimana, apa semuanya sudah tersedia? 

Topic:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!