Lancar Sampai Lahiran, Lafalkan Doa Ini ketika Positif Hamil!

Doa juga sebagai salah satu usaha agar orangtua diberkahi anak yang saleh dan saleha

19 Februari 2021

Lancar Sampai Lahiran, Lafalkan Doa Ini ketika Positif Hamil
Unsplash/jonathansancheziam

Berita kehamilan adalah hal yang paling ditunggu pasangan yang telah menikah. Oleh karenanya, jika seorang istri hamil biasanya pasangan suami istri akan memanjatkan doa dan syukuran agar kehamilan berjalan dengan lancar. 

Kebahagiaan akan dikarunia anak ini adalah pertanda amanah yang besar dari Allah SWT. Di mana selanjutnya sebagai orangtua kita wajib merawat sang Janin hingga ia dewasa. 

Oleh karenanya ketika diberikan kehamilan, dianjurkan untuk membaca doa-doa tertentu sebagai bentuk syukur. 

Berikut Popmama.com rangkum informasi lengkapnya. 

1. Melafalkan doa positif hamil sebagai bentuk syukur

1. Melafalkan doa positif hamil sebagai bentuk syukur
Freepik/wayhomestudio

Doa ini di beberapa riwayat dibaca oleh Nabi Zakariya AS ketika mengetahui sang Istri hamil. Doa positif hamil ini tercantum dalam QS Al-Imran ayat 38 doa yang bisa dipanjatkan oleh pasangan suami istri yang diberkahi kehamilan.

هُنَالِكَ دَعَا زَكَرِيَّا رَبَّهٗ ۚ قَالَ رَبِّ هَبْ لِيْ مِنْ لَّدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۚ اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاۤءِ

Artinya:
Di sanalah Zakaria berdoa kepada Tuhannya. Dia berkata, “Ya Tuhanku, berilah aku keturunan yang baik dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa."

Editors' Picks

2. Doa agar janin tetap sehat

2. Doa agar janin tetap sehat
Freepik/jcomp

Semua ibu hamil tentu mengharapkan agar janin sehat sepanjang kehamilan hingga proses kelahiran tiba. Oleh karenanya, tidak ada salahnya untuk memanjatkan doa agar janin tetap sehat selama kehamilan.

"Allahummah fazh waladii ma daama fii bathnii. Wasyfihi ma'ii. Anta asy-syaafii laa syifaa'an illa syifaa 'uka syifaa 'an laa yughaadiru saqamaa."

Artinya:
Ya Allah, semoga Engkau lindungi bayiku ini selama ada dalam kandunganku, Berikanlah kesehatan kepadanya bersamaku. Sesungguhnya Engkaulah Maha Penyembuh. Tidak ada kesehatan selain kesehatan yang Engkau berikan, kesehatan yang tidak diakhiri dengan penyakit lain."

3. Doa agar janin kuat selama kehamilan

3. Doa agar janin kuat selama kehamilan
Unsplash/jonathansancheziam

Selain berharap agar janin sehat, doa kandungan kuat selama hamil juga perlu. Sebab, setiap ibu hamil ingin agar ia memiliki fisik yang lebih kuat selama mengandung agar janin juga lebih kuat. Berikut doa agar janin kuat yang bisa dipanjatkan selama hamil.

"Bismillahilladziilaailaaha illaa huwal haliimul kariimu rabbil 'arsyil 'azhiim. Laa ilaaha illallaahu rabbus samaawaati wa rabbul'arsyil 'azhiim."

Artinya:
Dengan menyebut nama Allah yang tiada Tuhan selain Dia, Yang Maha Penyabar, Yang Mahamulia, Tuhan 'Arsy yang agung. Tiada Tuhan selain Allah, Tuhan semesta langit dan bumi dan Tuhan 'Arsy yang agung.

4. Doa agar diberi anak yang saleh

4. Doa agar diberi anak saleh
Freepik

Dikaruniai anak yang saleh menjadi harapan semua orangtua. Oleh karenanya, doa ini menjadi salah satu yang bisa dipanjatkan ketika mengetahui diri atau istri sedang hamil. Berikut ini adalah doa yang bisa dipanjatkan yakni QS Ash-Saffat ayat ke-100:

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

Artinya:
Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh.

Itulah tadi doa positif hamil yang bisa dipanjatkan agar lancar sampai persalinan. Kabar kehamilan menjadi berkah yang tak terkira bagi orangtua, oleh karenanya doa adalah salah satu usaha agar janin dan ibu hamil bisa kuat dan sehat selalu.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.