Tanda Kehamilan, Apakah Perdarahan Implantasi Membatalkan Puasa?

Perdarahan implantasi ditandai dengan munculnya bercak darah berwarna merah muda atau kecokelatan.

25 Maret 2021

Tanda Kehamilan, Apakah Perdarahan Implantasi Membatalkan Puasa
Freepik/Tirachardz

Sebagian perempuan pernah mengalami perdarahan implantasi yang biasanya menjadi tanda awal kehamilan. Perdarahan implantasi terjadi setelah satu minggu atau lebih pasca ovulasi. 

Durasi perdarahan tergantung pada kondisi kesehatan mama, sebab ada perempuan yang mengalami perdarahan hingga berminggu-minggu. Perdarahan implantasi juga bisa terjadi ketika Mama berpuasa. Kondisi tersebut lantas membingungkan karena perdarahan implantasi bukan tergolong menstruasi. 

Lalu apakah perdarahan implantasi dapat membatalkan puasa walaupun tidak termasuk menstruasi? Berikut Popmama.com merangkum informasi mengenai perdarahan implantasi yang kerap terjadi di awal kehamilan.

Apa Itu Perdarahan Implantasi?

Apa Itu Perdarahan Implantasi
Unsplash/Jasper Oversteyns

Sebelum membahas mengenai hubungan puasa dan perdarahan implantasi, Mama sebaiknya mengenal gejala kondisi ini terlebih dahulu. Perdarahan implantasi ditandai dengan munculnya bercak darah berwarna merah muda atau kecokelatan dari vagina. Kondisi tersebut berbeda dengan menstruasi. 

Perdarahan implantasi yang merupakan tanda awal kehamilan akan muncul sekitar 6-12 hari pasca ovulasi atau berhubungan seksual. Bercak darah mungkin akan mengalir pelan, namun tidak bergumpal-gumpal. Hal ini tentu berbeda dengan bercak darah menstruasi yang biasanya bergumpal dan menimbulkan rasa sakit. 

Editors' Picks

Penyebab Perdarahan Implantasi

Penyebab Perdarahan Implantasi
Freepik

Perdarahan implantasi disebabkan proses pelekatan embrio yang telah dibuahi pada dinding rahim. Perdarahan juga dapat disebabkan gesekan atau infeksi saat berhubungan intim. Meski begitu, kondisi tersebut tidak membahayakan kesehatan karena hanya terjadi beberapa hari saja. 

Perdarahan implantasi juga lebih ringan dibanding menstruasi. Sebagian besar perempuan bahkan tidak mengalami kram panggul selama perdarahan implantasi. 

Durasi Perdarahan Implantasi

Durasi Perdarahan Implantasi
Freepik

Seperti dijelaskan sebelumnya, durasi perdarahan implantasi setiap perempuan tentu berbeda-beda. Namun, sebagian besar perempuan mengalami perdarahan implantasi selama 1-2 hari. 

Durasi perdarahan implantasi juga bergantung pada siklus menstruasi mama. Misalnya, apabila siklus mensturasi rata-rata mama adalah 28 hari, maka perdarahan implantasi bisa muncul pada hari ke-26 atau ke-28. 

Pendapat Ulama mengenai Perdarahan Implantasi saat Puasa

Pendapat Ulama mengenai Perdarahan Implantasi saat Puasa
Freepik/Tanyajoy

Setelah memahami mengenai perdarahan implantasi, kini Mama bisa menemukan jawaban mengenai hukum puasa selama perdarahan terjadi. Dilansir dari muslimah.or.id, ada tiga pendapat ulama mengenai hukum puasa selama perdarahan implantasi. 

Pertama, Hanafiyah berpendapat bahwa batas menstruasi adalah tiga hari. Artinya, apabila perdarahan implantasi muncul kurang dari tiga hari, maka itu tidak terhitung sebagai menstruasi. Mama pun masih diperbolehkan untuk berpuasa. 

Pendapat kedua disampaikan Malikiyah yang menyebut tidak ada batasan waktu untuk menstruasi. Artinya, ketika perdarahan implantasi muncul, Mama tidak dianjurkan untuk berpuasa walaupun flek tersebut tidak terhitung sebagai menstruasi. 

Sementara itu, pendapat terakhir yang dikemukakan oleh Syafiiyah dan Hambali menyatakan, batas minimal menstruasi adalah 1x24 jam. Artinya, jika darah keluar lebih dari satu hari, Mama tidak dianjurkan untuk berpuasa. 

Kesimpulan tentang Hukum Puasa saat Perdarahan Implantasi

Kesimpulan tentang Hukum Puasa saat Perdarahan Implantasi
Freepik/Sewcream

Setelah mengetahui tiga perbedaan mengenai hukum puasa saat perdarahan implantasi, mayoritas ulama memutuskan bahwa batas minimal menstruasi adalah 1x24 jam. 

Artinya, Mama tidak dianjurkan untuk berpuasa ketika flek muncul lebih dari satu hari. Sementara itu, flek yang muncul kurang dari satu hari, tidaklah membatalkan puasa. 

Itulah jawaban dari pertanyaan apakah perdarahan implantasi membatalkan puasa. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Mama dalam menyambut bulan Ramadan, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.