5 Rekomendasi Buah untuk Penuhi Kebutuhan Asam Folat saat Hamil

Apakah Mama sudah pernah mengonsumsi salah satunya?

8 Oktober 2020

5 Rekomendasi Buah Penuhi Kebutuhan Asam Folat saat Hamil
Freepik

Asam folat merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan Mama saat hamil khususnya di trimester pertama. Asam folat bermanfaat untuk tumbuh kembang bayi dalam kandungan serta mengurangi risiko bayi terlahir cacat.

Selain itu, asam folat juga bermanfaat bagi Mama karena dapat mencegah keguguran, anemia, hingga preeklampsia saat hamil. Perlu diketahui, preeklampsia adalah kondisi tekanan darah tinggi yang dialami selama masa kehamilan. 

Kebutuhan asam folat setiap orang berbeda-beda. Mama yang sedang hamil membutuhkan 400 sampai 600 mikrogram asam folat per hari. Mama bisa mendapakan nutrisi asam folat dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. 

Tidak sulit untuk memenuhi kebutuhan asam folat selama masa kehamilan. Mama hanya perlu mengonsumsi buah-buahan atau sayuran. Nah untuk membantu Mama, popmama.com akan merekomendasikan lima buah yang mengandung asam folat untuk ibu hamil:

1. Alpukat

1. Alpukat
Freepik/dashu83

Alpukat mudah ditemukan di pasaran. Selain memiliki rasa yang unik, ternyata alpukat juga mengandung asam folat yang tinggi. Setengah porsi alpukat mengandung 82 mikrogram asam folat atau sekitar 13 persen dari jumlah asam folat yang Mama butuhkan saat hamil. 

Tak hanya asam folat, alpukat juga mengandung kalium, vitamin K, vitamin C, dan vitamin B6 yang bermanfaat untuk kesehatan jantung bayi dalam kandungan. Saat mengonsumsi alpukat, Mama sebaiknya tidak mencampur dengan gula untuk menjaga kandungan nutrisi di dalamnya. 

Editors' Picks

2. Bit

2. Bit
Pexels/Nick Collins

Buah bit selama ini dikenal sebagai pewarna alami makanan khususnya makanan utama dan penutup. Namun siapa sangka jika buah bit juga mengandung asam folat yang dibutuhkan saat hamil. Perlu Mama tahu, satu cangkir buah bit yang biasanya terdiri dari 136 gram bisa memenuhi 148 mikrogram kebutuhan asam folat harian. 

Berdasarkan penelitian kesehatan, mengonsumsi buah bit secara rutin juga dapat menstabilkan tekanan darah. Buah bit juga mengandung mangan, potasium, dan vitamin C yang juga dibutuhkan Mama dan si Kecil dalam kandungan. 

3. Jeruk

3. Jeruk
Pexels/Pixabay

Sepertinya tak sulit untuk menemukan buah jeruk. Selain lezat, jeruk dapat memberikan sensasi menyegarkan saat cuaca panas. Satu buah jeruk berukuran besar mengandung 55 mikrogram asam folat atau sekitar 10 persen dari kebutuhan asam folat harian mama. 

Buah jeruk juga mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga Mama tidak mudah terserang penyakit selama masa kehamilan. Bahkan, sebuah penelitian menunjukkan buah jeruk juga bisa menurunkan risiko terserang kanker payudara dan pankreas. 

4. Pepaya

4. Pepaya
thehealthsite.com

Rekomendasi buah keempat yang mengandung asam folat adalah pepaya. Satu buah pepaya dapat memenuhi sekitar 53 mikrogram kebutuhan asam folat atau setara 10 persen dari kebutuhan harian ibu hamil. Tak hanya asam folat, pepaya juga mengandung vitamin C, potasium, dan antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Meskipun demikian, khusus pepaya, Mama perlu konsultasi terlebih dahulu ke dokter tentang seberapa banyak pepaya yang dapat dikonsumsi per hari. Pasalnya, menurut beberapa penelitian, mengonsumsi pepaya mentah dalam jumlah banyak bisa meningkatkan risiko kontraksi dini. Karena itu, pilihlah pepaya yang sudah matang sempurna.

5. Pisang

5. Pisang
Pexels.com/Pixabay

Buah selanjutnya yang mudah ditemukan di pasaran adalah pisang. Selama ini pisang hanya dikenal sebagai buah-buahan yang mengandung vitamin C dan kaya serat untuk mencegah sembelit. Namun tak disangka, pisang juga mengandung asam folat. 

Pisang berukuran sedang dapat memenuhi 23,6 mikrogram kebutuhan asam folat harian mama. Selain itu, pisang juga mengandung potasium, vitamin B6, dan mangan yang juga bermanfaat untuk tumbuh kembang si Kecil. 

Itulah lima buah yang mengandung asam folat untuk ibu hamil. Kebutuhan asam folat memang bisa didapat dari buah dan sayuran. Namun, pada beberapa kondisi kehamilan, kebutuhan asam folat juga bisa dipenuhi dari suplemen. Apabila Mama ingin mengonsumsi suplemen, sebaiknya konsultasikanlah ke dokter terlebih dahulu tentang jumlah kebutuhan asam folat harian selama masa kehamilan. 

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.