Menyegarkan Panas Dalam, Bolehkah Ibu Hamil Minum Adem Sari?

Aman enggak ya, Ma?

31 Agustus 2021

Menyegarkan Panas Dalam, Bolehkah Ibu Hamil Minum Adem Sari
Pixabay/silviarita

Larutan penyegar, misalnya Adem Sari, memang dipercaya ampuh untuk mengatasi masalah dehidrasi, tenggorokan kering, panas dalam, bahkan kesulitan buang air besar. Namun bagi ibu hamil, yang justru rentan dengan gangguan di atas, penggunaannya masih menimbulkan tanda tanya. Apakah komposisi di dalamnya akan berdampak pada janin?

Pada dasarnya, larutan penyegar, termasuk Adem Sari tidak terbuat dari bahan-bahan berbahaya dan justru akan membantu meringankan gejala panas dalam. Meski demikian, ada beberapa kondisi yang memang perlu Mama perhatikan. Untuk lebih lengkapnya, coba simak ulasan Popmama.com berikut ini mengenai keamanan ibu hamil minum Adem Sari.

1. Apa itu Adem Sari?

1. Apa itu Adem Sari
Bukalapak.com

Sebagaimana diketahui publik, Adem Sari adalah minuman serbuk yang tergolong obat bebas dan mengandung bahan aktif untuk meredakan berbagai gejala panas dalam. Masyarakat umumnya menggunakan minuman ini untuk mengatasi sariawan, sakit tenggorokan, susah buang air besar, dan gangguan lain akibat dehidrasi, peradangan saluran pencernaan, serta masalah saluran pernapasan.

Adem Sari sendiri terdiri dari dua produk, yaitu Adem Sari dan Adem Sari Ching Ku. Selain berupa serbuk, minuman ini juga dikemas dalam kaleng dan siap minum. Perbedaan dari kedua jenis ini adalah bahan yang digunakan di dalamnya. Ching Ku memiliki kandungan sari mentimun dan markisa untuk menghilangkan rasa pahit dan memberikan kesegaran.

Editors' Picks

2. Komposisi dan dosis

2. Komposisi dosis
Pixabay/Photo Mix

Secara umum, bahan utama Adem Sari adalah ekstrak jeruk nipis, kayu manis, pulosari, dan vitamin C. Selain itu, pada kemasan juga tertulis bahwa di dalamnya ada berbagai kandungan seperti ekstrak citrus aurabtifolia, ekstrak alyxia stellata Ret. cortex, ekstrak Cinamommum burmani BI cortex, aspartam, sukrosa dan bahan lainnya termasuk fenilalanin.

Untuk penderita panas dalam, aturan minum yang disarankan adalah memasukkan satu sachet Adem Sari ke dalam air putih sebanyak 200 ml. Setelah larutan gelembung hilang, segera aduk, dan minum. Dosis yang disarankan adalah 2-3 kali sehari, masing-masing 1 sachet untuk orang dewasa. Sedangkan untuk anak-anak hanya perlu setengah sachet setiap kali minum, sebanyak 2-3 kali sehari.

3. Amankah untuk ibu hamil?

3. Amankah ibu hamil
Pixabay/Khusen Rustamov

Dalam kondisi tidak hamil, larutan penyegar sudah dipastikan aman dan tak membawa efek samping yang signifikan. Kecuali untuk penderita maag, GERD, atau masalah lambung lainnya, sebaiknya minum setelah makan karena Adem Sari mengandung soda.

Ibu hamil pun juga berlaku sama. Secara umum penggunaannya aman selama dikonsumsi dalam batas wajar. Meski demikian, karena di dalamnya terdapat kandungan fenilalanin, maka Mama yang mengidap fenilketonuria perlu waspada saat mengonsumsinya. Jika berlebihan meminumnya, maka fenilalanin akan menumpuk dan menjadi toksin yang bisa menyebabkan kecacatan mental pada janin.

Karenanya, sebelum mengonsumsi, Mama perlu memastikan apakah kondisi tubuh dan kandungan benar-benar aman. Jika belum memeriksakan diri ke dokter, sebaiknya Mama menghindari minuman ini dan mencari alternatif pereda panas dalam yang lebih aman.

4. Mencegah dan mengatasi panas dalam saat hamil

4. Mencegah mengatasi panas dalam saat hamil
Pexels/Lisa

Pada dasarnya, penyebab utama radang tenggorokan dan panas dalam adalah dehidrasi, dan hal ini sangat umum terjadi pada ibu hamil. Namun ketimbang mengonsumsi larutan penyegar, sebaiknya Mama memperbanyak konsumsi air putih. Selain bisa meredakan panas dalam, air mineral juga bisa menyeimbangkan jumlah cairan ketuban.

Selain itu, hindari juga minuman yang mengandung kafein karena akan mempercepat dehidrasi. Konsumsi cukup buah juga sangat disarankan agar kebutuhan vitamin C dapat terpenuhi sehingga mencegah panas dalam. Sebagaimana penelusuran Popmama.com, buah-buah yang disarankan para ahli antara lain adalah semangka, stroberi, dan melon.

Itulah informasi terkait keamanan ibu hamil minum Adem Sari. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk