Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Doa agar Terhindar dari Keguguran, Amalkan Yuk Ma!

Selain memenuhi nutrisi, ibu hamil juga dianjurkan untuk senantiata berdoa agar janin tetap sehat

20 Januari 2023

5 Doa agar Terhindar dari Keguguran, Amalkan Yuk Ma
Freepik/freepic.diller

Berdoa adalah salah satu bentuk komunikasi yang dilakukan makhluk hidup dengan sang Pencipta. Berdoa berarti menunjukkan pengakuan atas kelemahan diri dan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa.

Ketika masa kehamilan, setiap ibu hamil pasti menginginkan janin tumbuh sehat tanpa adanya cacat, apalagi sampai keguguran. Mama pasti ingin melakukan yang terbaik agar calon bayi mama tetap sehat dan lahir normal.

Banyak upaya yang bisa dilakukan ketika hamil agar terhindar dari keguguran. Selain memenuhi nutrisi yang diperlukan, Mama juga dianjurkan untuk senantiata berdoa.

Mengutip dari buku ‘Doa pada Masa Kehamilan’ (2010), ibu hamil dianjurkan untuk membaca doa pada pagi dan sore hari. Pasalnya, waktu-waktu tersebut mempunyai manfaat dan keberkahan yang sangat besar baik Mama dan calon bayi.

Berikut Popmama.com rangkum doa agar terhindar dari keguguran. Amalkan, yuk, Ma!

1. Surah Ar-Ra’d ayat 8

1. Surah Ar-Ra’d ayat 8
Freepik/Jcomp

Banyak surah di Al-Qur'an yang bisa digolongkan sebagai doa agar janin bisa berkembang dengan baik, salah satunya adalah surah Ar-Ra'd ayat 8. Bacalah surah ini agar bayi di dalam kandungan senantiasa mendapat perlindungan dari Allah SWT:

ٱللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَحْمِلُ كُلُّ أُنثَىٰ وَمَا تَغِيضُ ٱلْأَرْحَامُ وَمَا تَزْدَادُ ۖ وَكُلُّ شَىْءٍ عِندَهُۥ بِمِقْدَارٍ

Allaahu ya'lami maa tahmilu kullu untsaa wa maa taghiidhul arhaamu wa maa tazdaadu wa kullu syai'in 'indahu bimiqdaar. 

Artinya:

"Allah mengetahui apa yang dikandung oleh setiap perempuan, dan kandungan rahim yang kurang sempurna dan yang bertambah. Sungguh, segala sesuatu pada sisi-Nya ada ukurannya." (QS. Ar-Ra'd: 8)

Editors' Picks

2. Surah Fatir ayat 41

2. Surah Fatir ayat 41
Freepik/Biancoblue

Tidak hanya memberikan ketenangan pada diri, doa dan zikir dalam surah Fatir ayat 41 juga menjadi salah satu bacaan agar janin terhindar dari keguguran. Berikut bacaannya:

إِنَّ ٱللَّهَ يُمْسِكُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ أَن تَزُولَا ۚ وَلَئِن زَالَتَآ إِنْ أَمْسَكَهُمَا مِنْ أَحَدٍ مِّنۢ بَعْدِهِۦٓ ۚ إِنَّهُۥ كَانَ حَلِيمًا غَفُورًا

Innallaha yumsikus-samawati wal-arda an tazula, wa la'in zalata in amsakahuma min ahadim mim ba'dih, innahu knna haliman gafara.

Artinya:

"Sungguh, Allah yang menahan langit dan bumi agar tidak lenyap; dan jika keduanya akan lenyap tidak ada seorang pun yang mampu menahannya selain Allah. Sungguh, Dia Maha Penyantun, Maha Pengampun." (QS. Fathir: 41)

3. Surah Ali Imran ayat 36

3. Surah Ali Imran ayat 36
Pexels/Thirdman

Setiap ibu hamil pasti selalu mengharapkan agar calon bayinya bisa berkembang dengan baik dan sehat. Untuk mewujudkannya, bacalah surah Ali Imran ayat 36 agar janin diberikan perlindungan oleh Allah SWT. Bacaannya sebagai berikut:

رَبِّ إِنِّى وَضَعْتُهَآ أُنثَىٰ وَٱللَّهُ أَعْلَمُ بِمَا وَضَعَتْ وَلَيْسَ ٱلذَّكَرُ كَٱلْأُنثَىٰ ۖ وَإِنِّى سَمَّيْتُهَا مَرْيَمَ وَإِنِّىٓ أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ ٱلشَّيْطَٰنِ ٱلرَّجِيمِ

Rabbi innī waḍa'tuhā unṡā, wallāhu a'lamu bimā waḍa'at, wa laisaż-żakaru kal-unṡā, wa innī sammaituhā maryama wa innī u'īżuhā bika wa żurriyyatahā minasy-syaiṭānir-rajīm.

Artinya:

"Ya Tuhanku, sesunguhnya aku melahirkannya seorang anak perempuan, dan Allah lebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu, dan anak laki-laki tidaklah seperti anak perempuan. Sesungguhnya aku telah menamai dia Maryam dan aku mohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau daripada setan yang terkutuk." (QS. Ali Imran: 36)

4. Surah Al-Hijr ayat 97-99

4. Surah Al-Hijr ayat 97-99
Freepik/gpointstudio

Mama dapat mengajak janin berkomunikasi lewat aktivitas berdoa, berzikir, dan membaca lantunan ayat suci Alquran. Hal tersebut dipercaya dapat merangsang kecerdasan otak janin.

Bacaan surah Al Hijr ayat 97-99 juga menjadi salah satu doa agar bayi mama tetap sehat dan berkembang dengan baik. Berikut bacaan lengkapnya:

وَلَقَدْ نَعْلَمُ أَنَّكَ يَضِيقُ صَدْرُكَ بِمَا يَقُولُونَ

Walaqad na'lamu annaka yadhiqu shadruka bima yaquluna.

فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَكُنْ مِنَ السَّاجِدِينَ

Fasabbih bihamdi rabbika wakum minas sajidina.

وَاعْبُدْ رَبَّكَ حَتَّىٰ يَأْتِيَكَ الْيَقِينُ

Wa'bud rabbaka hatta yaktiyakal yaqin.

Artinya:

"Dan Kami sungguh-sungguh mengetahui, bahwa dadamu menjadi sempit disebabkan apa yang mereka ucapkan." (QS. Al Hijr: 97)

"Maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan jadilah kamu di antara orang-orang yang bersujud (salat)." (QS. Al Hijr: 98)

"Dan sembahlah Tuhanmu sampai datang kepadamu yang diyakini (ajal)." (QS. Al-Hijr: 99)

5. Surah Al-A'raf ayat 54

5. Surah Al-A'raf ayat 54
Freepik/Nongsurachai

Terdapat sebuah surah di Alquran yang dibaca Fatimah RA ketika dalam masa persalinan. Diceritakan bahwa Rasulullah SAW memerintahkan Ummu Salamah dan Zainab binti Jahsy RA untuk mendampingi putrinya.

Lalu, Rasulullah SAW meminta Fatimah RA membaca surah Al A’raf ayat 45, yang berbunyi:

اِنَّ رَبَّكُمُ اللّٰهُ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ فِيْ سِتَّةِ اَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوٰى عَلَى الْعَرْشِۗ يُغْشِى الَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهٗ حَثِيْثًاۙ وَّالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُوْمَ مُسَخَّرٰتٍۢ بِاَمْرِهٖٓ ۙاَلَا لَهُ الْخَلْقُ وَالْاَمْرُۗ تَبٰرَكَ اللّٰهُ رَبُّ الْعٰلَمِيْنَ

Inna rabbakumullāhullażī khalaqas-samāwāti wal-arḍa fī sittati ayyāmin ṡummastawā 'alal-'arsy, yugsyil-lailan-nahāra yaṭlubuhụ ḥaṡīṡaw wasy-syamsa wal-qamara wan-nujụma musakhkharātim bi`amrihī alā lahul-khalqu wal-amr, tabārakallāhu rabbul-'ālamīn.

Artinya:

“Sungguh, Tuhanmu adalah Allah, yang menciptakan langit dan bumi dalam enam hari, lalu Dia bersemayam di atas Arasy. Dia menutup malam dengan siang yang mengiringinya dengan segera. Dia menciptakan matahari, bulan dan bintang-bintang yang tunduk di bawah perintah-Nya. Ingatlah, hanya milik Allah segala penciptaan dan segala urusan. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam.” (QS. Surah Al-A'raf ayat 54)

Jadi itu dia beberapa doa agar terhindar dari keguguran. Semoga Mama dan calon bayi mama selalu sehat, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk