Wajib Dibaca, Ini 5 Doa yang Baik untuk Bayi Dalam Kandungan

Usahakan untuk membaca doa-doa berikut ini setiap hari ya, Ma

27 April 2021

Wajib Dibaca, Ini 5 Doa Baik Bayi Dalam Kandungan
Unsplash/gabrielrana

Membacakan doa untuk bayi sejak masih dalam kandungan menjadi hal yang penting dilakukan bagi setiap orangtua. Pasalnya, doa-doa yang dilantunkan untuk sang Bayi akan berdampak positif, terutama bagi perkembangannya.

Selain berharap agar bayi dalam kandungan bisa berkembang dengan baik dan lahir menjadi anak yang soleh atau solehah, ketika membacakan doa juga bisa memenuhi kebutuhan rohani ibu hamil.

Berikut ini, Popmama.com telah merangkum doa-doa yang baik dibacakan untuk bayi dalam kandungan. Simak yuk, Ma!

1. Doa agar bayi tumbuh sehat dan pintar

1. Doa agar bayi tumbuh sehat pintar
Unsplash/kellysikkema

Dikaruniai anak-anak yang sehat dan pintar akan menjadi harapan semua calon orangtua. Selain mengonsumsi makanan bernutrisi yang baik untuk tumbuh kembang bayi, Mama dan pasangan juga perlu mendoakannya lho. Nah, berikut ini doa yang bisa Mama dan Papa bacakan setiap harinya untuk sang Bayi yang dikutip dari NU Online.

Bagi Mama dianjurkan untuk membaca doa ini:

وَاللهُ أَخْرَجَكُمْ مِنْ بُطُونِ أُمَّهَاتِكُمْ تَارَةً أُخْرَى

Wallâhu ahrajakum mim buthûni ummahâtikum târatan ukhra.

Artinya: "Dan Allah mengeluarkan kalian dari perut ibu-ibu kalian pada kesempatan yang lain (persalinan)."

Bagi Papa, dianjurkan untuk membaca:

اللهم احْفَظْ وَلَدِي مَادَامَ فِى بَطْنِ زَوْجَتِي وَاشْفِهِ أَنْتَ الشَّافِى لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَآؤُكَ شِفَآءً لآيُغَادِرُ سَقَمًا اللهم صَوِّرْهُ فِي بَطْنِ زَوْحَتِي صُوْرَةً حَسَنَةً وَثَبِّتْ قَلْبَهُ إِيْمَانًا بِكَ وَبِرَسُوْلِكَ اللهم أَخْرِجْهُ مِنْ بَطْنِ زَوْجَتِي وَقْتَ وِلَادَتِهَا سَهْلًا وَتَسْلِيْمًا اللهم اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلًا وَعَاقِلًا حَاذِقًا عَالِمًا عَامِلًا اللهم طَوِّلْ عُمُرَهُ وَصَحِّحْ جَسَدَهُ وَحَسِّنْ خُلُقَهُ وَأَفْصِحْ لِسَانَهُ وَأَحْسِنْ صَوْتَهُ لِقِرَاءَةِ الْحَدِيْثِ وَالْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ بِبَرَكَةِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Allahummahfadz waladî mâ dâma fî bathni zaujatî wasyfihi anta asy-syâfi lâ syifâ`an illâ syifâuka syifâ`an lâ yughâdiru saqaman. Allahumma shawwirhu fî bathni zaujatî shûratan hasanatan watsabbit qolbahu îmânan bika wa bi-Rasûlika. Allahumma akhrijhu mim bathni zaujatî waqta wilâdatihâ sahlan wa taslîman. Allahumma ij’alhu shahîhan kâmilan wa ‘âqilan hâdziqan ‘âmilan. Allahumma thowwil ‘umrohu wa shahhih jasadahu wa hassin khuluqohu wa afshah lisânahu wa ahsin shautahu liqirooatil hadîtsi wal qur`ânil ‘adzîm bibarokati Muhammadin shallallâhu ‘alaihi wasallam. Walhamdulillâhi Robbil ‘âlamîn.

Artinya: “Ya Allah, jagalah anakku selama ia berada dalam perut istriku, sehatkan ia, sesungguhnya Engkau Yang Maha Menyehatkan, tak ada kesehatan kecuali kesehatan dari-Mu, kesehatan yang tak terganggu penyakit. Ya Allah, bentuk ia yang ada di perut istriku dalam rupa yang baik, tetapkan dalam hatinya keimanan pada-Mu pada Rasul-Mu. Ya Allah, keluarkan dia dari perut istriku pada saat kelahirannya secara mudah dan selamat. Ya Allah, jadikan ia utuh, sempurna, berakal, cerdas, banyak beramal. Ya Allah, panjangkan umurnya, sehatkan jasadnya, baguskan rupanya, dan fasihkan lisannya untuk membaca hadits dan Al-Qur’an Yang Agung, dengan berkah Nabi Muhammad SAW. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta Alam.”

Selain itu, Papa juga dianjurkan untuk membaca Surat al-Fatihah sebanyak 7 kali setiap selesai solat subuh dan surat al-Insyirah sebanyak 7 kali setelah solat maghrib, serta meniupkannya ke perut ibu hamil.

Editors' Picks

2. Doa agar menjadi anak yang berbakti pada orangtua

2. Doa agar menjadi anak berbakti orangtua
Freepik/drobotdean

Selain sehat dan pintar, calon orangtua juga ingin kelak sang Bayi tumbuh menjadi anak yang selalu berbakti pada orangtuanya. Nah, doa berikut ini bisa dibacakan oleh Mama dan Papa untuk memohon pengharapan tersebut.

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لِي فِي أَوْلَادِي وَلَا تَضُرَّهُمْ وَوَفِّقْهُمْ لِطَاعَتِكَ وَارْزُقْنِي بِرَّهُمْ

Allahumma barikliy fii awladiy, wa la tadhurruhum, wa waf fiqhum li tho'atik, war zuqniy birrohum

Artinya: "Ya Allah berilah barokah untuk hamba pada anak-anak hamba, janganlah Engkau timpakan mara bahaya kepada mereka, berilah mereka taufik untuk taat kepadaMu dan karuniakanlah hamba rejeki berupa bakti mereka"

3. Doa memohon dihindarkan dari keguguran

3. Doa memohon dihindarkan dari keguguran
Freepik/shurkin-son

Selama kehamilan, ibu hamil akan senantiasa berharap agar terhindar dari keguguran. Sehingga banyak ibu hamil yang diminta untuk berhati-hati dalam berjalan supaya janin bisa terjaga, namun doa berikut ini juga bisa membantu ibu hamil agar terhindar dari keguguran.

ٱللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَحْمِلُ كُلُّ أُنثَىٰ وَمَا تَغِيضُ ٱلْأَرْحَامُ وَمَا تَزْدَادُ ۖ وَكُلُّ شَىْءٍ عِندَهُۥ بِمِقْدَارٍ

Allaahu ya'lami maa tahmilu kullu untsaa wa maa taghiidhul arhaamu wa maa tazdaadu wa kullu syai'in 'indahu bimiqdaar.

Artinya: "Allah mengetahui apa yang dikandung oleh setiap perempuan, dan kandungan rahim yang kurang sempurna dan yang bertambah. Sungguh, segala sesuatu pada sisi-Nya ada ukurannya." (QS Ar-Ra'd: 8)

4. Doa memohon keturunan yang baik

4. Doa memohon keturunan baik
Freepik/tirachardz

Anak merupakan anugerah dan rezeki terindah bagi setiap orangtua, maka ketika ia masih dalam kandungan ada baiknya Mama dan pasangan senantiasa mendoakannya agar menjadi orang yang baik. Berikut doa yang bisa dibacakan:

هُنَالِكَ دَعَا زَكَرِيَّا رَبَّهُ ۖ قَالَ رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۖ إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ

Hunalika da'a zakariyya rabbah qala rabbii habli miladunka dzurriyyatan thoyyibah, Innaka sammi'uddu'aa.

Artinya: Di sanalah Zakariya berdoa kepada Tuhannya seraya berkata: "Ya Allah berikanlah kepadaku dari sisi-Mu keturunan yang baik. Sesungguhnya Engkau adalah pendengar permohonan doa." (QS Ali Imran: 38)

5. Doa agar bayi tumbuh menjadi anak yang beriman dan bertaqwa

5. Doa agar bayi tumbuh menjadi anak beriman bertaqwa
Unsplash/jonathanborba

Harapan utama para orangtua untuk anaknya adalah agar mereka senantiasa mengingat dan mengutamakan Allah di sepanjang kehidupannya yang juga akan memperlancar setiap langkah yang ia tentukan. Berikut doa yang bisa dibacakan oleh Mama dan Papa:

وَٱلَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَٰجِنَا وَذُرِّيَّٰتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَٱجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Wallazina yaquluna rabbana hab lana min azwajina wa zurriyyatina qurrata a'yuniw waj'alna lil-muttaqina imama. 

Artinya: "Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa". (QS Al-Furqan: 74)

Nah, itulah beberapa doa untuk bayi dalam kandungan yang bisa Mama dan Papa bacakan unttuk si Kecil di dalam kandungan. Semoga bermanfaat ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.