Tanda-Tanda Kehamilan yang Bisa Dilihat dari Wajah

Perubahan dapat terjadi karena hormon meningkat selama masa kehamilan lho, Ma

30 Maret 2021

Tanda-Tanda Kehamilan Bisa Dilihat dari Wajah
Pexels/Andreas Wohlfahrt

Apakah Mama pernah mendengar bahwa ibu hamil menjadi lebih cantik? Ternyata hal tersebut bisa jadi benar adanya. Perempuan yang hamil akan mengalami perubahan hormon pada dirinya. Perubahan hormon tersebut dapat memengaruhi fisik, suasana hati, bahkan raut wajah.

Namun, tentunya setiap ibu hamil mengalami perubahan bentuk fisik yang berbeda-beda.

Perubahan fisik ini disebabkan adanya retensi cairan. Cairan inilah yang berperan untuk perubahan fisik seorang ibu hamil. Terdapat pelepasan hormon, terutama estrogen. Hormon tersebut akan menghasilkan air yang disimpan di seluruh tubuh.

Selain itu, ada juga beberapa ibu hamil yang aliran darah di kapilernya meningkat. Hal tersebut menyebabkan wajah ibu hamil bisa terlihat berseri dan pipinya membulat.

Nah, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa tanda-tanda kehamilan yang terlihat pada wajah.

1. Munculnya jerawat

1. Muncul jerawat
Pixabay/josephmucira

Jerawat akan muncul pada ibu hamil ketika usia kandungan memasuki trimester pertama dan kedua. Jerawat muncul pada ibu hamil karena meningkatnya hormon androgen. Hal ini menyebabkan kulit menghasilkan sebum atau zat berminyak lebih banyak daripada perempuan yang tidak hamil.

Zat minyak yang berlebihan dapat menyumbat pori-pori pada wajah. Itulah yang membuat jerawat muncul pada awal kehamilan. Namun, Mama tak perlu khawatirkan karena jerawat akan hilang ketika hormon sudah stabil. Mama bisa juga menggunakan skincare yang aman untuk ibu hamil.

2. Munculnya flek hitam (melasma)

2. Muncul flek hitam (melasma)
Freepik/Katemangostar

Flek hitam adalah hal umum yang akan dialami oleh ibu hamil. Namun, perempuan tidak hamil pun bisa muncul flek hitam karena tidak menggunakan sunscreen. Melasma juga sering disebut sebagai topeng kehamilan karena muncul di beberapa bagian pada wajah, seperti dahi, pipi, hidung, dan dagu. 

Mama tidak perlu khawatir karena melasma atau flek hitam tidak berbahaya bagi kulit ataupun kehamilan. Flek hitam ini akan hilang seiring berjalannya waktu. Namun, tetap gunakan sunscreen yang aman untuk ibu hamil agar tidak muncul secara berlebihan.

Jika Mama terganggu dengan kehadiran flek hitam, Mama bisa menggunakan make up yang aman untuk menutupinya. Tetap gunakan skincare untuk meminimalkan munculnya flek hitam pada wajah. Selain itu, Mama juga bisa menggunakan topi agar wajah tidak terpapar sinar matahari secara langsung.

Editors' Picks

3. Wajah berminyak (pregnancy glow)

3. Wajah berminyak (pregnancy glow)
Freepik

Pregnancy glow adalah hal yang umum ketika seorang perempuan sedang hamil. Pregnancy glow adalah keadaan muka berminyak dari pada biasanya atau sebelum hamil. Hal ini bisa terjadi karena saat hamil, volume darah meningkat hingga 50 persen.

Sirkulasi darah menjadi lebih banyak dan menyebabkan wajah terlihat cerah dan berseri. Selain itu, selama hamil tubuh memproduksi hormon lebih banyak yang bisa menghasilkan minyak sehingga wajah terlihat berkilau atau bersinar.

Kelenjar minyak yang berlebihan juga bisa menyebabkan jerawat lho, Ma. Jadi tetap gunakan skincare yang aman selama masa kehamilan agar wajah tidak bermasalah.

4. Pembuluh darah kemerahan menjadi terlihat (spider veins)

4. Pembuluh darah kemerahan menjadi terlihat (spider veins)
Pexels/Marcelo Chagas

Spider veins adalah kondisi pembuluh darah menjadi kemerahan dan bercabang ke arah luar. Hal ini disebabkan karena tubuh selama hamil menghasilkan 50 persen lebih banyak darah sehingga sirkulasi darah menjadi meningkat.

Meningkatnya sirkulasi darah inilah yang menyebabkan spider veins terjadi. Spider veins biasanya berada di sekitar dada, wajah, leher, dan lengan atas. Hal ini tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak berbahaya. Spider veins akan hilang ketika Mama sudah melahirkan.

5. Wajah akan membengkak

5. Wajah akan membengkak
Unsplash/Noah Buscher

Ibu hamil akan mengalami pembengkakan pada beberapa bagian tubuhnya. Hal ini termasuk ciri-ciri orang hamil yang bisa dilihat melalui raut wajah. Pembengkakan pada tubuh ibu hamil dikarenakan bertambahnya cairan di dalam tubuh.

Pembengkakan selama masa kehamilan bisa terjadi di bagian wajah, tangan, dan kaki. Pembengkakan ini bisa di atasi dengan mengurangi asupan garam. Selain itu, dapat mengompres dengan air dingin di bagian yang mengalami pembengkakan. Perbanyak minum air putih juga dapat mencegah pembengkakan saat hamil.

6. Tanda lahir atau tahi lalat menjadi lebih gelap

6. Tanda lahir atau tahi lalat menjadi lebih gelap
Unsplash/Malvestida Magazine

Untuk Mama yang memiliki tanda lahir ataupun tanda lahir maka warnanya bisa menjadi lebih gelap saat hamil. Hal ini disebabkan oleh peningkatan hormon yang memengaruhi pigmentasi kulit.

Namun, Mama tak perlu khawatir karena hal ini tidak membahayakan untuk bayi. Sayangnya, perubahan ini bisa terjadi lebih lama bahkan hingga Mama melahirkan.

7. Kulit wajah memerah

7. Kulit wajah memerah
Pexels/Renato Abati

Selama kehamilan maka bobot tubuh juga pasti akan meningkat. Kenaikan berat badan inilah yang bisa mengubah raut wajah.

Dengan berat badan yang bertambah, membuat tekanan darah menjadi meningkat. Hal itulah yang membuat wajah memerah. Namun, Mama tak perlu risau karena hal ini akan menghilang setelah melahirkan.

Itulah beberapa tanda kehamilan yang terlihat pada wajah. Apakah Mama pernah mengalaminya? Semoga informasi ini dapat membantu mengatasinya ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.