Hal-Hal yang Perlu Diketahui tentang Trimester Pertama Kehamilan

Trimester pertama berlangsung dari minggu ke-1 sampai akhir minggu ke-13 kehamilan

17 Juni 2022

Hal-Hal Perlu Diketahui tentang Trimester Pertama Kehamilan
Freepik/prostooleh

Trimester pertama dimulai dari minggu ke-1 hingga akhir minggu ke-13 kehamilan, atau sekitar bulan ke-1 sampai bulan ke-3. Fase trimester pertama kehamilan ini merupakan fase awal dan paling penting untuk janin dan ibu hamil. Bukan tanpa sebab, hal ini dikarenakan risiko keguguran yang paling tinggi terjadi pada masa trimester pertama.

Pada fase trimester pertama ini pula, terdapat beberapa perubahan dan penyesuaian yang akan dialami oleh ibu hamil, seperti misalnya gejala morning sickness.

Nah, untuk dapat melalui fase ini dengan baik, Mama perlu mengetahui hal-hal apa saja yang berkaitan dengan trimester pertama kehamilan.

Di bawah ini Popmama.com telah merangkum hal-hal yang perlu diketahui tentang timester pertama kehamilan. Yuk, kita simak sama-sama!

Gejala yang Dirasakan saat Trimester Pertama

Gejala Dirasakan saat Trimester Pertama
freepik.com/freepik
  • Morning Sickness

Morning sickness adalah kondisi mual dan rasa ingin muntah yang sering dialami oleh ibu hamil saat pagi hari. Gejala tambahan lain dari morning sickness yang umum dirasakan, yaitu pusing, lemas, dan sensitif terhadap bau-bauan. Untuk mengatasi dan mengurangi rasa mual ini, Mama bisa mengonsumsi minuman jahe.

  • Payudara Terasa Lembut

Di awal trimester pertama, payudara mama akan terasa lebih lembut dari biasanya. Tak hanya itu, payudara pun akan terasa lebih besar. Hal ini disebabkan karena tingkat estrogen dan progesteron dalam tubuh meningkat.

  • Perubahan Suasana Hati

Tah hanya perubahan bentuk tubuh, perubahan emosi pun dapat terjadi pada ibu hamil. Perubahan suasana hati yang Mama alami dapat disebabkan karena adanya perubahan hormon dalam tubuh. Kondisi ini biasanya muncul di minggu ke-6 hingga minggu ke-10.

  • Penambahan dan Penurunan Berat Badan

Penambahan berat badan yang terjadi pada ibu hamil biasanya disebabkan karena jumlah cairan dalam tubuh meningkat, dan ukuran rahim yang terus membesar seiring dengan perkembangan bayi. Sedangkan penurunan berat badan di trimester pertama dapat diseabkan karena rasa mual dan muntah hebat yang dialami.

  • Kram Perut

Kram perut dapat terjadi di trimester pertama. Pada tahap awal kehamilan terdapat proses menempelnya embrio pada rahim yang disebut implantasi. Pada proses ini, kram perut atau pendarahan ringan bisa terjadi.

Namun, apabila kram perut yang Mama alami disertai dengan pendarahan yang berat serta demam, disarankan untuk segera hubungi dokter. Gejala tersebut adalah hal yang perlu diperhatikan, karena merupakan tanda-tanda keguguran.

Editors' Picks

Pertumbuhan yang Dialami Bayi saat Trimester Pertama

Pertumbuhan Dialami Bayi saat Trimester Pertama
Pexels.com/MelikeBenli
  • Tulang, Otot, dan Saraf

Di trimester awal, lapisan sel termasuk tulang dan otot akan mulai berkembang. Di sekitar minggu ke-6, tulang lengan, tulang tungkai, tulang jari, dan tulang kaki pada bayi akan mulai mengalami pertumbuhan. Tak hanya itu, sistem jaringan saraf seperti sistem saraf pusat, saraf tulangg belakang, saraf optik, dan jaringan saraf tepi juga sudah mulai terbentuk.

  • Rambut dan Kuku

Kulit dan folikel rambut akan mulai terbentuk antara minggu ke-5 dan ke-8. Sedangkan dasar kuku akan terbentuk di sekitar minggu ke-11.
 

  • Sistem Pencernaan

Usus bayi akan mulai terbentuk bersamaan dengan perut di waktu minggu ke-8 kehamilan. Di tingkat awal, pencernaan janin terdiri dari serangkaian tabung seperti kerongkongan dan usus yang mengarah dari mulut ke anus

  • Indra Peraba

Bayi mama akan mengembangkan reseptor sentuhan di wajah (kebanyakan di bibir dan hidung) di sekitar minggu ke-8. Pada minggu ke-12, reseptor akan bermunculan di alat kelamin, telapak tangan dan telapak kaki.
 

  • Jantung

Jantung bayi akan mulai terbentuk di minggu ke-5 bersamaan dengan otak, sumsum tulang belakang dan organ lainnya. Mama akan mulai bisa mendengar detak jantung janin di pertengahan minggu ke-5.

Hal yang Perlu Mama hindari saat Trimester Pertama

Hal Perlu Mama hindari saat Trimester Pertama
freepik/drobotdean

Perlu diingat kembali bahwa risiko keguguran paling tinggi terjadi pada masa kehamilan awal atau masa trimester pertama. Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya Mama hindari saat masa trimester kehamilan:

  • Mengonsumsi Makanan Mentah atau Setengah matang

Ibu hamil yang mengonsumsi makanan mentah dapat berisiko terkontaminasi bakteri dan menybabkan listeriosis, toxoplasmosis, dan salmonellosis yang membahayakan kesehatan ibu dan janin. Infeksi bakteri ini dapat menyebabkan cacat lahir atau pun keguguran.

  • Stres Berlebihan

Saat trimester pertama, sebaiknya Mama mengendalikan rasa stres yang dialami. Stres yang berlebihan dapat menganggu tumbuh kembang janin dan meningkatkan risiko lahir prematur atau lahir dengan berat badan yang rendah.

  • Membersihkan Kotoran Hewan

Kotoran hewan, khususnya kotoran kucing dapat menampung parasit yang berpotensi menimbulkan bahaya. Membersihkan kotoran hewan dapat berpotensi alami infeksi toksoplasmosis. Pada tahap awal kehamilan, toksoplasmosis dapat menyebabkan risiko kesehatan yang lebih serius pada janin, termasuk masalah mata, pendengaran, dan masalah lainnya.

  • Minum Alkohol

Minum alkohol di trimester kehamilan pertama dapat menyebabkan keguguran serta masalah pada bayi seperti cacat perliaku dan intelektual yang disebut dengan FAS (Fetal Alcohol Syndrome).

  • Merokok

Merokok dapat meningkatkan risiko komplikasi kehamilan seperti berat badan lahir rendah dan persalinan dini.

Hal-Hal yang Disarankan saat Trimester Pertama

Hal-Hal Disarankan saat Trimester Pertama
Freepik.com/bearfotos
  • Mengonsumsi vitamin

Mengonsumsi vitamin dapat membantu Mama memastikan bahwa bayi yang ada dalam kandungan mendapatkan vitamin dan mineral tambahan yang dibutuhkan selama kehamilan.

  • Melakukan Pemeriksaan secara Teratur

Penting untuk Mama mulai memperiksakan kandungan secara rutin, hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa kehamilan Mama berjalan sebagaimana mestinya. Mengunjungi obgyn dapat membantu Mama mengetahui kesehatan janin secara keseluruhan.

  • Istirahat yang Cukup dan Makan Makanan Sehat

Selama trimester pertama, sangat disarankan untuk Mama mendapatkan istirahat yang cukup atau setidaknya 8 jam tidur untuk menghindari kelelahan berlebih. Tak hanya itu, untuk memenuhi nutrisi dan gizi yang dibutuhkan Mama serta si kecil, Mama perlu mengonsumsi makakanan sehat seperti produk susu, sayur dan buah-buahan, hingga kacang-kacangan dan daging ayam.

  • Membuat Daftar Anggaran

Salah satu hal yang tidak kalah penting adalah membuat daftar anggaran kehamilan hingga setelah persalinan nanti. Dengan membuat daftar anggaran, Mama bisa tahu berapa banyak biaya yang dibutuhkan selama kehamilan hingga persalinan nanti.

Itu dia hal-hal yang perlu diketahui tentang trimester pertama kehamilan. Semoga Mama dapat melalui masa trimester pertama ini dengan baik ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk