Manfaat Mengonsumsi Buah Kesemek untuk Program Hamil

Jika ingin mendapatkan manfaatnya, buah ini harus dikonsumsi rutin ya, Ma

7 Februari 2020

Manfaat Mengonsumsi Buah Kesemek Program Hamil
Freepik

Meski buah ini kurang populer, buah Kesemek ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan loh, Ma.

Buah Kesemek adalah buah asli Tiongkok yang memiliki bentuk seperti buah tomat. Buah yang bernama latin Diospyros Kaki ini memiliki rasa yang manis seperti madu, buah ini kaya akan vitamin alami dan manfaat yang baik terutama untuk kesuburan organ reproduksi.

Meski belum ada penelitian yang menunjukkan berapa persen tingkat keberhasilan seseorang mengonsumsi kesemek untuk program hamil, namun ada kandungan di dalam buah ini yang dapat meningkatkan kesuburan jika dikonsumsi oleh seseorang secara rutin.

Selain itu, buah kesemek juga baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil karena memiliki manfaat bagi kesehatan dan perkembangan janin.

Berikut ini telah Popmama.com rangkum manfaat mengonsumsi buah kesemek untuk program hamil.

1. Memiliki kandungan tanin yang dapat memperbaiki sel

1. Memiliki kandungan tanin dapat memperbaiki sel
Freepik

Mengonsumsi buah kesemek secara rutin dikatakan mampu meningkatkan kesuburan seseorang. Buah ini dapat dikonsumsi secara langsung maupun diminum ekstraknya. Pada ekstrak buah kesemek mengandung enzim yang terurai dan terkumpul menjadi satu larutan.

Hal ini membuat khasiat buah kesemek dapat langsung dirasakan.

Buah kesemek memiliki kandungan tanin yang baik bagi tubuh. Kandungan tanin pada buah ini mampu memperbaiki sistem organ tubuh dan meregenerasi sel dengan cara memperbaiki sel-sel yang rusak dan membuang racun dalam tubuh.

Sebenarnya kandungan tanin terdapat pada tiap buah, namun kandungan tanin yang terdapat di buah kesemek ini berbeda.

Pada buah-buahan lagi, kandungan tanin akan menghilang seiring dengan tingkat kematangan buah. Berbeda dengan kesemek, kandungan tanin di dalamnya akan tetap ada meski buah kesemek sudah sangat matang.

Kandungan tanin inilah yang dapat memperbaiki kesuburan seseorang jika dikonsumsi secara rutin.

Editors' Picks

2. Menurunkan tingkat stres

2. Menurunkan tingkat stres
Freepik

Stres menjadi faktor besar yang dapat menyebabkan seseorang sulit hamil. Penelitian menunjukkan, jika seseorang mengalami stres yang berlebihan akan mengganggu sistem reproduksinya.

Dalam 100 gram buah kesemek memiliki kandungan vitamin C sebanyak 7,5 mg serta kadar gula dan potassium yang dapat menurunkan tingkat stres dalam tubuh.

Kandungan gula ini juga dapat meningkatkan kadar insulin sehingga dapat mengganti energi tubuh agar tidak mudah lelah.

Dengan rutin mengonsumsi buah kesemek juga dapat mencegah terjadinya insomnia sehingga dapat membuat suasana hati tetap normal.

3. Meningkatkan stamina dan metabolisme tubuh

3. Meningkatkan stamina metabolisme tubuh
Freepik

Buah kesemek dapat meningkatkan stamina dan metabolisme tubuh karena memiliki kandungan vitamin B untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

Metabolisme yang baik dapat membuat organ di dalam tubuh berfungsi secara oprtimal sehingga dapat meningkatkan kesuburan.

Selain itu, buah kesemek juga memiliki kandungan fosfor dan kalsium sebanyak 27 mg yang dapat menjaga sistem saraf dalam tubuh agar lebih optimal.

Jika kondisi tubuh menyerap nutrisi dengan baik, hal ini akan membuat produksi sel darah putih lebih baik sehingga mampu memlindungi tubuh dari racun bahkan infeksi.

4. Menurunkan risiko terkena anemia

4. Menurunkan risiko terkena anemia
Freepik

Buah kesemek memiliki kandungan zat besi sebanyak 2,5 mg. Kandungan zat besi ini dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh sehingga dapat menurunkan risiko terjadinya anemia.

Anemia yang terjadi di dalam tubuh dapat meningkatkan risiko komplikasi yang membahayakan. Pada ibu hamil, kondisi anemia ini dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami persalinan prematur.

Dengan mengonsumsi kesemek secara teratur, kadar hemoglobin dalam tubuh akan semakin membaik, hal ini tentu akan membuat kondisi tubuh lebih sehat.

5. Menjaga tekanan darah

5. Menjaga tekanan darah
Freepik

Manfaat lain dari mengonsumsi buah kesemek yaitu dapat mengatasi hipertensi dan merawat kesehatan jantung. Hal ini karena buah kesemek mengandung kalium sebanyak 310 mg yang berfungsi menurunkan tekanan darah tinggi dalam tubuh.

Tekanan darah yang tinggi diketahui dapat memengaruhi kesehatan organ reproduksi, terlebih jika ketika hamil seorang ibu mengalami tekanan darah tinggi, hal ini tentu akan membuat perkembangan janin terganggu karena aliran darah ke plasenta tidak lancar. Kondisi ini dapat memengaruhi asupan nutrisi dan oksigen untuk janin.

Dengan mengonsumsi buah kesemek secara rutin dan tidak berlebihan, tekanan darah di dalam tubuh akan terkontrol dengan normal. Ini juga akan membuat organ reproduksi siap menerima pembuahan.

Itu dia manfaat yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi buah kesemek untuk program hamil jika dilakukan secara rutin. Selalu perhatikan kandungan gizi dalam makanan yang akan dikonsumsi jika sedang menjalani program hamil ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.