Kamu Sulit untuk Hamil? Beberapa Pelumas Seks Ini Dapat Membantu Lho

Kamu sulit untuk hamil? Coba gunakan pelumas seks, alami juga buatan. Ternyata itu bisa membantu loh

2 April 2020

Kamu Sulit Hamil Beberapa Pelumas Seks Ini Dapat Membantu
Freepik/haiayalex

Beberapa pelumas seks yang bersahabat bagi sperma dan natural ini ternyata dapat meningkatkan kesuburan lho.

Apakah kamu dan pasangan mengalami kesulitan dalam hal fertilisasi? Mungkin salah satu solusi yang dapat kamu lakukan ialah dengan menggunakan pelumas skes.

Penggunaan pelumas yang tidak merusak sperma ternyata sangat penting ketika kamu mencoba untuk sesgera hamil. Hindarkan penggunaan pelumas yang sebaliknya.

Banyak pelumas seks umum yang tidak membantumu untuk cepat hamil. Sebaliknya, mereka berisiko menurunkan kesempatan berhasilmu.

Pelumas seks biasanya menghalangi pergerakan sperma, merusak DNA bahkan membunuh sperma.

Karena itulah, penggunaan pelumas seks yang sembarangan dapat menurunkan kualitas dari sperma. Akibatnya, sel sprema tidak dapat mencapai rahim dan membuahi sel telur. Belum lagi karena bahan-bahannya yang terlalu kental maupun terlalu banyak air.

Penting bagi kamu untuk tidak sembarang menggunakan pelumas seks. Gunakanlah pelumas yang natural dan tidak merusak sperma. Berikut Popmama.com bagikan ulasannya.

Mengapa penting menggunakan pelumas seks ?

Mengapa penting menggunakan pelumas seks
Freepik

Penggunaan pelumas saat berhubungan seks ternyata perlu bagi pasangan yang menghadapi masalah ketidaksuburan. Ini ternyata disebabkan oleh tekanan melakukan hubungan seksual ketika aktivitas padat, yang mana dapat menurunkan hasrat seksual. Sehingga menyebabkan penurunan produksi pelumas alami pada tubuh perempuan.

Penyebab lain juga dapat berupa penggunaan obat-obatan yang dapat menganggu produksi pelumas alami dan menimbulkan kekeringan pada area vagina.

Beberapa penyebab infertilitas juga dapat berarti lender serviks yang kurang baik kondisinya.

Untuk mengatasinya, cara terbaik yang dapat dilakukan ialah dengan menggunakan pelumas seks.

Gunakanlah beberapa pelumas yang memang terbuat dari bahan-bahan alami. Jangan gunakan sembarang pelumas, ia tidak akan membantumu untuk hamil, melaikan dapat memperburuk keadaan.

Berikut beberapa jenis pelumas baik itu buatan maupun alami yang dapat kamu gunakan untuk membantu memulai proses kehamilan.

Editors' Picks

1. Pelumas alami

1. Pelumas alami
aradbranding.com

Pilihan pelumas dari bahan-bahan alami menjadi opsi pertama. Selain lebih natural, bahan-bahan ini dikenal karena tidgak akan memunculkan efek-efek negatif bagi para penggunanya.

Ada beberapa bahan alami yang dapat digunakan diantaranya ialah minyak zaitun dan lidah buaya.

Minyak zaitun menjadi pilihan bagi perempuan yang mengalami iritasi jika menggunakan pelumas berbahan kimia.

Minyak ini juga menjadi pilihan yang paling alami, tidak seperti penggunaan minyak goring yang telah mengalami beberapa kali penyulingan dan hidrogenasi.

Meskipun penggunaannya akan menodai kain seprai dan pakaian, penggunaan minyak umumnya aman, dapat melembabkan kulit dan tidak berbau tak sedap. jadi tidak menghilangkan selera pasangan untuk tetap melanjutkan berhubungan seks. 

Hindari minyak yang berbahan dasar kacang-kacangan jika kamu memiliki alergi terhadap kacang.

Selain minyak, penggunaan lidah buaya menjadi pilihan alternative lainnya. Tanaman ini memiliki pH yang rendah sehingga mampu menjaga kadar pada daerah vagina.

Selain itu, lidah buaya juga mengandung vitamin C dan E. Kedua vitamin tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit, dapat menjaga elastisitas dan membantu untuk meningkatkan kekecangan alami kulit.

Gunakanlah gel lidah buaya yang natural, sepenuhnya terdiri dari aloe vera murni. Hindarkan penggunaan gel lidah buaya yang mmeiliki campuran bahan lain.   

2. Pelumas buatan

2. Pelumas buatan
independent.co.uk

Meski ada beberapa plumas buatan yang ternyata buruk dan merusak sperma. Ada beberapa pelumas buatan yang ternyata cukup efektif dan terpercaya dalam membantu merangsang kehamilan seperti yang dilansir dari laman Verywellfamily.

Beberapa pelumas yang termasuk diantaraya sepert; Conceive Plus, Pre-Seed, Yes Baby, dan Durex. Namuan diantara beberapa nama di atas, Pre-Seed merupakan pilihan yang paling direkomendasi

Hal itu dibuktikan melalui penelitian di tahun 2014 mengenai sperma melalui fertilisasi vitro (bayi tabung) sesuai sumber dari laman modernfertility. Percobaan yang dilakukan terhadap 9 merk pelumas terkenal menunujukan bahwa beberapa diantara mereka menyebabkan efek negative pada zat penyusun dan pergerakan sperma.

Pre-Seed ditunjukkan sebagai ksalah satu merk yang paling bersahabat untuk sperma. Hal ini menunjukan keamanan dan khasiat dalam penggunaannya.

3. Kanola oil atau baby oil

3. Kanola oil atau baby oil
scubby.com

Bagi kamu yang tidak mau mengeluarkan uang lebih untuk membeli pelumas yang telah disebutkan sebelumnya tetaplah tenang. Rupanya ada cara lain yang dapat digunakan, yaitu dengan menggunakan minyak kanola maupun baby oil. Cukup bersahabat bukan.

Baik minyak kanola maupun minyak bayi keduanya dapat membantu proses kehamilan dan tidak merusak sperma.

Selain itu, keduanya dapat digunakan dengan mudah. Cukup tuangkan ke dalam botol ukuran kecil.

Meskipun begitu, kedua minyak ini sebaiknya tidak digunakan saat pengujian maupun saatb perawatan kesuburan.

Ini berarti kamu tidak boleh menggunakannya jika kamu membuat sampel untuk analisis semen, IUI, atau perawatan IVF.

Selain itu, perhatikan juga pada saat membeli baby oil. Karena beberapa diantaranya berbeda dengan yang kamu ketahui dapat membantu proses kehamilan.

Beberapa diantara mereka bahkan mengandung bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi.

4. Gunakan pelumas alamimu sendiri, Lendir Serviks

4. Gunakan pelumas alamimu sendiri, Lendir Serviks
harmonyminds.de

Lendir serviks atau cervical mucus ialah cairan kental dari Rahim vagina. Ini merupakan pelumas alami yang juga dapat mengatasi masalah keringnya vagina.

Lendir serviks juga bekerja untuk membersihkan vagina dengan sendirinya. Biarkan sekresei alami itu “mencuci” sendiri bagian vagianamu. Hal ini mungkin akan menambah peluang keberhasilan kamu untuk hamil.

Mengapa demikian?

Produk pembersih vagina (seperti douche) dapat menimbulkan infeksi pada vagina kamu. Untuk itu, jika kamu sedang mencoba untuk hamil jangan mencoba untuk membersihkan vagina kamu sendiri menggunakan produk-produk pembersih vagina.

Namun bagaimana jika produksi cervical mucus yang kurang akibat aktvitas yang padat?

Beberapa cara untuk menjaga produksi lendir vagina yang dapat kamu lakukan diantarnya ialah dengan banyak mengkonsusi air putih, hindari produk kewanitaan yang mmenggunakan kimia, hindari nikotin dan kafein, serta gunakan bahan herbal yang dapat meningkatkan fertilitas.

Itulah beberapa pilihan pelumas yang dapat kamu gunakan untuk membantu proses kehamilan kamu. Pilihlah pelumas yang berbahan dasar natural, hindari pula pelumas yang menggunakan banyak bahan kimia dan berbahaya bagi kesehatan vagina kamu.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.