Ini 5 Penyebab Mama Kebobolan Meski Sudah Minum Pil KB!

Yuk, cari tahu selengkapnya, Ma!

28 Juli 2018

Ini 5 Penyebab Mama Kebobolan Meski Sudah Minum Pil KB
womenfront.com

Nggak sedikit Mama yang mengalami kebobolan meski sudah mengonsumsi pil KB. Umumnya, mereka yang mengalamI kebobolan tidak menyadari penyebab kebobolan meski sudah mengonsumsi Pil KB.

Padahal, pil kontrasepsi alias pil KB ini adalah alat kontrol kelahiran terpercaya sekaligus tanpa mengurangi ‘sensasi’ berhubungan intim bersama pasangan.

Lalu, apa ya penyebabnya? Berikut Popmama.com bagikan 5 penyebab kamu kebobolan meski sudah mengonsumsi pil KB!

1. Tidak disiplin

1. Tidak disiplin

Sebenarnya, pil KB sangat efektif bila penggunaannya tepat dan kedisiplinannya tinggi, lho, Ma.

Banyak kasus masih terjadi kehamilan meski sudahminum pil KB. Ternyata tanpa Mama sadari hal ini sering terjadi akibat ketidakpatuhan Mama untuk minum pil KB.

Selain itu, pada beberapa kasus kehamilan, Mama yang masih hamil meski meminum pil KB, dikarenakan Mama meminumnya tanpa aturan atau mengonsumsi pil pencegah kehamilan ini ‘sesukanya’.

Siklus haid biasanya menjadi alasan yang paling sering digunakan saat Mama minum pil KB secara sembarangan. Dan hal inilah yang juga jadi penyebab utama kenapa Mama bisa hamil meskipun minum pil KB.

Jadi, untuk menghindari kebobolan Mama harus meminum pil KB dengan teratur dan konsisten.

Editors' Picks

2. Mengonsumsi obat lain

2. Mengonsumsi obat lain
qrpharma.com

Salah satu penyebab yang bisa membuat kamu kebobolan meski sudah meminum pil KB, yakni kamu meminum pil KB dengan satu jenis obat lain atau lebih pada saat yang bersamaan.

Perlu Mama ketahui, kedua jenis obat yang diminum dalam waktu bersamaan dapat saling berinteraksi, lho. Nah, kondisi inilah yang bisa mengubah cara kerja pil KB jika kamu meminum dengan obat lain.

Ini dia beberapa jenis obat yang dapat mengubah kadar dan cara kerja pil KB yang dapat diserap tubuh yang justru, bisa membuat Mama rentan terhadap kehamilan.

Misalnya, Mama meminum antibiotik tertentu. Oleh karenanya jika Mama sedang sakit dan diberi antibiotik oleh dokter, sebaiknya selalu periksakan dengan dokter apakah antibiotik tersebut akan mepengaruhi efektivitas pil KB. 

Waktu minum obat antibiotik dan pil KB juga tidak bisa berbarengan, paling tidak diseling dan tunggu sekitar satu sampai dua jam baru minum obat lagi.

3. Suhu tempat penyimpanan pil KB yang berubah

3. Suhu tempat penyimpanan pil KB berubah
canalvie.com

Suhu tempat penyimpanan pil KB juga bisa jadi menjadi penyebab kadar dan cara kerja pil KB menurun, lho, Ma.

Misalnya saja, Mama menyimpan pil KB di dalam tas yang ditaruh di mobil bisa menjadikan suhu penyimpanan menjadi panas.

Lalu, tib-tiba Mama menempatkan pil KB di kamar mandi yang bersuhu dingin. Perbedaan kondisi suhu ini bisa membuat kadar dan khasiatnya pil KB bisa menjadi tidak aktif.

Oleh karenanya, sebaiknya Mama simpan pil KB di tempat yang sejuk dengan suhu sekita 25 derajat Celcius agar kualitas dan khasiatnya tetap terjaga.

4. Makanan

4. Makanan
legionathletics.com

Tak hanya ketiga penyebab di atas yang bisa membuat Mama kebobolah, ternyata beberapa makanan yang berpengaruh pada hormon juga bisa menjadi penyebab pil KB berkurang kualitasnya dan membuat Mama jadi kebobolan.

Contohnya makanan yang bisa berperngaruh pada hormon, yakni licorice, kacang kedelai, ubi jalar serta  produk olahan susu seperti keju dan yogurt bisa menurunkan khasiat kandungan pil KB.

Meski demikian, jika Mama makan makanan tersebut dalam jumlah yang tidak berlebihan, kebobolan tidak akan terjadi kok.

Yang terpenting, jangan makan berlebihan jenis-jenis makanan di atas.

5. Rokok

5. Rokok
medicaldaily.com

Seperti yang kamu ketahui penyebab yang satu ini tak hanya bisa membuat kamu kebobolan, bahkan bisa mendatangkan risiko sakit berbahaya seperti kanker paru-paru dan lain-lain.

Bahkan, kombinasi efek nikotin dengan kandungan pil KB bisa meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Karena nikotin menyebabkan tekanan darah naik, dan detak jantung meningkat.

Selain itu, pil KB juga bisa menambah stres pembuluh darah karena kandungan estrogennya.

Kebiasaan merokok, tidak hanya membuat Mama berisiko tinggi terkena serangan jantung, tapi juga membuat pil KB yang Mama konsumsi menjadi tidak efektif dan tidak berkhasiat.

Oleh sebab itu, hindari menggunakan pil KB jika Mama tidak bisa melepaskan kebiasaan merokok.

Setelah mengetahui 5 penyebab di atas, tentu Mama nggak mengulangi kebiasaan tersebut kan! Semoga bermanfaat, Ma.

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk