Awas! Produk Kecantikan dan Pembersih Rumah Ini Bikin Kamu Nggak Subur

Supaya aman, setuju nggak kalau mending gihindari aja nih

16 Desember 2018

Awas Produk Kecantikan Pembersih Rumah Ini Bikin Kamu Nggak Subur
Unsplash/monpetitchouphotography

Saat ini Mama tentu sudah punya produk kosmetik dan produk pembersih rumah favorit, bahkan sudah ketergantungan dengan produk-produk tersebut. 

Namun, tahukah kamu, kalau produk-produk tersebut bisa saja jadi penyebab kamu tidak subur. Untuk pasangan baru tentu tidak ingin produk tersebut menjadi penghambat bagi kalian agar segera memiliki momongan.

Faktanya, diantara produk favorit yang sering kamu gunakan ternyata ada yang mengandung bahan kimia bernama Endocrine Disrupting Chemicals atau EDCs. Bahan kimia EDCs ini mampu mengganggu sistem reproduksi perempuan dan laki-laki, lho.

Tak sedikit juga kasus kesehatan bayi terganggu atau cacat pada bayi lantaran paparan bahan kimia yang berlebih.

Seperti dilansir WHO, selain terdapat pada produk personal care dan rumah tangga, ternyata EDCs juga banyak terdapat dalam makanan berlemak, cat, bahan metal, pestisida dan bahan plastik.

Jika kamu ingin cepat hamil dan memiliki bayi yang sehat, sebaiknya segera ubah gaya hidup kamu mulai sekarang. Mulai beralih dari produk-produk penyebab tidak subur yang mengandung bahan kimia EDCs dan lakukan hal-hal sederhana seperti di bawah ini.

1. Sortir penggunaan wadah

1. Sortir penggunaan wadah
Pixabay/cocoparisienne

Wadah plastik yang sering kamu gunakan, cling wrap, atay foil ternyata juga mengandung EDCs. Bahayanya akan semakin meenjadi ketika kamu pakai wadah tersebut untuk langsung memanaskan makanan. Khususnya pada makanan berlemak, EDCs akan dengan mudah langsung terserap oleh bahan makanan tersebut.

Kamu agaknya juga harus berhati-hati dengan klaim bahwa sebuah produk BPA free. Jangan langsung percaya, sebaiknya kamu harus memastikan klaim tersebut adalah benar dengan melakukanbrowsing mengenai bahan apa saja yang terkandung dalam produk tersebut.

Untuk menghindari terserapnya kandungan EDCs pada makanan, sangat disarankan saat memanaskan makanan kamu menggunakan wadah yang terbuat dari kaca.

2. Bebas dari botol kemasan

2. Bebas dari botol kemasan
Unsplash/dominicoloia

Kamu penggemar penikmat minuman ringan dengan kemasan botol plastik? Mulai saat ini, sebaiknya buang jauh-jauh kebiasaan kamu itu.

Perlu diingat, tidak ada minuman kemesan yang membuat tubuh kamu sehat. Karena bahan kimia seperti bahan pengawet akan selalu ada di dalam minuman kemasan.

Apalagi kalau botol air minuman kemasan yang kamu beli tidak diletakkan di tempat semestinya. Dijamin minuman kemasanmu akan mengalami peleburan partikel bahan kimia ke dalam air minuman kemasan kamu, sehingga saat diminum peleburan partikel bahan kimia tersebut akan terserap ke tubuh kamu.

Nah, untuk menanggulangi hal itu, sebaiknya mulai sekarang kamu tinggalkan meminum minuman kemasan dan lebih baik kamu membawa minum sendiri dari rumah yang botolnya terbuat dari kaca.

Selain lebih sehat dan hemat, otomotis kamu juga tidak menyumbang sampah botol yang dapat merusak lingkungan.

3. Kurangi makan manan yang mengandung bahan kimia

3. Kurangi makan manan mengandung bahan kimia
Pixabay/droberson

Untuk menghindari kamu tidak subur, mulai sekarang kamu harus mencuci buah dan sayur sebelum kamu menyantapnya ya. Sebab, jika kamu tidak mencucinya lebih dulu bisa jadi ada bahan kimia sejenis pestisida yang menempel pada buah dan sayur yang kamu makan.

Untuk mengurangi risiko itu, lebih baik kamu memilih buah dan sayur organik, sebab tanaman organik tidak menggunakan pestisida untuk menjauhkan hama.

Yang terpenting untuk menghindari masalah tidak subur, kamu harus menghindari makanan kemasan. Sebab makanan kemasan sudah dipastikan ada kandungan bahan kimianya. Bahan kimia pada makanan kemasan tidak lain bertujuan agar makanan di dalam kemasan tetap segar.

Memasak sendiri tentu lebih sehat dan rasanya pasti enak sesuai keinginan kamu.

Editors' Picks

4. Pintar pilih kosmetik dan personal care

4. Pintar pilih kosmetik personal care
Pexels/pixabay

Alasan bisa menjadikan kamu semakin kinclong dan menawan, bisa jadi kamu sudah menjadi korban bualan para sales produk kosmetik atau personal care yang kamu gunakan saat ini. Karena nyatanya, belum tentu produk kosmetik dan personal care yang kamu gunakan menjadikan kamu semakin menawan.

Terlebih jika dalam kosmetik tersebut mengandung bahan kimia bernama paraben (salah satu jenis EDCs) yang fungsinya untuk mengawetkan.

Alih-alih ingin membuat kamu semakin menawan, akibat kandungan paraben dalam kosmetik kamu, kulit indahmu malah jadi rusak.

Meski jumlah pemakaian paraben terbilang aman jika pada batas wajar sehingga tubuh masih bisa mentolerir kadarnya, namun memilih produk bebas dari paraben tetap dianjurkan agar tubuh kamu bebas dari paparan bahan kimia. 

Baca juga: Amankah Ibu Menyusui Pakai Cream Pemutih?

Baca juga: Penguat Kandungan Alami untuk Trimester Pertama

5. Gunakan produk “green”

5. Gunakan produk “green”
Pixabay/silviarita

Produk yang membawa misi go green ini terkenal mampu meminimalisir penggunaan bahan kimia. Karena tak hanya membahayakan tubuh kamu, menggunakan produk berbahan kimia juga akan membahayakan lingkungan sekitar.

Misalnya, air berkas deterjen yang kamu gunakan jatuh ke tanah, kemudian bahan kimia yang terkandung dalam deterjen membuat tanah menjadi tidak subur.

Tak hanya itu, semprotan ruangan yang harumnya menjadi wewangian favorit buat ruangan kamu, mengandung banyak bahan kimia yang bisa menimbulkan polusi udara. Bagi lingkungan saja berbahaya, apalagi terhirup dan masuk ke tubuh kamu?

Jadi, penggunaan produk green memang bisa jadi solusi bagi kamu yang ingin segera memiliki momongan.

Baca Juga: Ketahui 7 Fungsi Lemon untuk Membersihkan Rumah

Baca Juga: Mama, Yuk Ajarkan Anak Mengerti Pentingnya Membersihkan Rumah

6. Gunakan wewangian dari tumbuhan

6. Gunakan wewangian dari tumbuhan
Pixabay/couleur

Tak hanya memperindah dan menyejukkan rumah kamu, memiliki tumbuhan terlebih tumbuhan yang berbunga akan menciptakan wewangian alami dan tentu menyehatkan udara di sekitar rumah.

Hindari rumah kamu dari aneka wewangian ruangan, sebab wanginya hanya sementara dan justru akan menyebarkan bahan kimia di dalam rumah.

Jika kamu sering menggunakan produk semprot serangga, sebaiknya kamu hilangkan kebiasaan ini. Ada beberapa dedaunan yang bisa membuat serangga menjauh dari rumah. Misalnya lavender yang ampuh untuk mengusir nyamuk.

Bila perubahan sederhana di atas sudah kamu lakukan, itu tandanya kamu sudah menurunkan paparan kimia di tubuh kamu dan pasangan bahkan lingkungan sekitar. Jadi, sudah siap menjadi calon Mama dan Papa?