5 Buah Kaya Kalsium Ini Berperan Penting untuk Program Hamil

Yuk, mulailah mengonsumsi jeruk dengan kandungan kalsium dan vitamin C yang tinggi!

13 September 2021

5 Buah Kaya Kalsium Ini Berperan Penting Program Hamil
Pixabay/manfredrichter

Saat Mama menjalankan program kehamilan, asupan kalsium akan membantu mengembangkan ritme jantung yang normal.

Bahkan kalsium juga dapat menjaga tulang, gigi, saraf dan otot yang lebih sehat. 

Dikutip dari Verywellfamily, dokter mungkin merekomendasikan suplemen kalsium sitrat jika mengalami kesulitan mendapatkan cukup kalsium atau berisiko mengalami tekanan darah tinggi dalam kehamilan.

Agar Mama tidak rentan terhadap osteoporosis, cobalah mengonsumsi 5 jenis buah kaya kalsium untuk program hamil ini. Berikut Popmama.com berikan informasinya:

1. Alpukat bisa mengurangi ekskresi kalsium melalui urine

1. Alpukat bisa mengurangi ekskresi kalsium melalui urine
Pixabay/Kjokkenutstyr

Saat menjalankan program hamil, maka tubuh Mama membutuhkan kalsium yang ada pada buah alpukat untuk memicu aktivitas enzim.

Dilansir dari Medicalnewstoday, setengah buah alpukat menyediakan sekitar 18% dari nilai harian vitamin K. Mengonsumsi vitamin K yang cukup, ini dapat mendukung kesehatan tulang.

Selain itu, kalsium di dalam alpukat juga berperan dengan meningkatkan penyerapan kalsium dan mengurangi ekskresi kalsium melalui urine.

Artinya, alpukat bisa menjadi alternatif buah yang mengandung kalsium dan bermanfaat bagi tubuh.

Editors' Picks

2. Jeruk menjaga keseimbangan kalsium dalam darah

2. Jeruk menjaga keseimbangan kalsium dalam darah
Pixabay/stevepb

Jeruk memang lebih dikenal sebagai sumber vitamin C. Tapi ternyata, jeruk juga mengandung mineral penting seperti kalsium.

Bahkan jus jeruk yang diperkaya kalsium berfungsi memelihara struktur tulang dan keseimbangan kalsium dalam darah.

Diwartakan dari Floridacitrus, nutrisi dalam 100% jus jeruk mendukung kesehatan tulang. Bahkan vitamin C, kalsium dan magnesium juga dapat menjaga kesehatan jaringan ikat.

Secara alami, jeruk mengandung kalsium sebanyak 40 miligram per sajian 100 miligram. Sedangkan dalam satu gelas jus jeruk atau sekitar 240 ml, ini terdapat kurang lebih 27 mg kalsium.

3. Kurma membantu mencegah kerusakan jaringan

3. Kurma membantu mencegah kerusakan jaringan
Pixabay/Enotovyj

Jenis buah kaya kalsium berikutnya yang bisa Mama konsumsi adalah kurma.

Selama program hamil, sangat ideal memakan 100 g kurma atau segenggam kurma setiap hari untuk mendapatkan semua nutrisi penting. 

Diinformasikan dari Bbcgoodfood, kurma mengandung profil nutrisi yang baik dan mengandung beberapa vitamin maupun mineral. Termasuk kalsium, vitamin K dan magnesium yang semuanya dibutuhkan untuk kesehatan tulang.

Bahkan memakan kurma bisa membantu mencegah kerusakan jaringan dan sel dari racun. Dimana terdapat sekitar 39 mg kalsium pada sajian 100 gram kurma.

4. Mangga menjadi sumber yang sangat baik dari banyak mineral

4. Mangga menjadi sumber sangat baik dari banyak mineral
Pixabay/liwanchun

Salah satu aspek yang paling menarik dari buah mangga adalah bermanfaat untuk membantu meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh.  

Diberitahu oleh Themangobasket, mangga dikenal sebagai raja buah-buahan. Buah ini menjadi sumber yang sangat baik dari banyak mineral dan nutrisi penting bagi kesehatan.

Saat program hamil, mangga yang kaya vitamin C dan kalsium juga menyumbangkan asupan zat besi. Bahkan termasuk antioksidan zeaxanthin dan beta-karoten.

Pada 100 gram mangga terdapat sekitar 11 miligram kalsium. 

5. Pisang memberi asupan vitamin dan mineral penting

5. Pisang memberi asupan vitamin mineral penting
Pixabay/PublicDomainPictures

Pisang termasuk dalam kategori jenis buah yang menjadi sumber kalsium.

Saat program hamil, Mama perlu memakan 1-2 pisang sehari untuk memberi asupan vitamin dan mineral penting agar tubuh tetap sehat.

Pada 200 gram pisang mengandung sekitar 10 mg kalsium alami. Manfaatnya itu sendiri, yakni membantu mempercepat neurotransmitter untuk proses kontraksi otot dan perkembangan janin dalam kandungan.

Bahkan juga menjadi buah dengan kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Selain kalsium, pisang banyak memiliki kandungan kalium dan potasium.

Nah, itulah 5 daftar buah yang kaya kalsium untuk program hamil. Ada baiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum memasukkannya ke dalam makanan harian Mama.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.