10 Buah Kaya Antioksidan yang Bagus untuk Kesuburan

Yuk, Ma. Ketahui peran antioksidan untuk kesburan yang didapatkan dari buah-buahan.

19 Juni 2024

10 Buah Kaya Antioksidan Bagus Kesuburan
Pexels/Jane Trang Doan

Mengonsumsi buah-buahan yang memiliki kandungan antioksidan tinggi dapat melindungi tubuh dari radikal bebas dan meningkatkan kesuburan. Antioksidan adalah senyawa yang berperan dalam memperlambat atau mencegah kerusakan sel dalam tubuh. 

Berikut Popmama.com telah merangkum sepuluh buah yang memiliki kanduangan antioksidan tinggi, baik untuk kesehatan dan dapat membantu meningkatkan kesuburan.

Kenapa Buah Kaya Antioksidan Bagus untuk Kesuburan?

Kenapa Buah Kaya Antioksidan Bagus Kesuburan
freepik/pvproductions

Buah dengan kandungan antioksidan tinggi sangat bagus untuk program kehamilan (promil) karena antioksidan memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan reproduksi dan meningkatkan peluang kehamilan. Antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten melindungi sel telur dan sperma dari kerusakan akibat radikal bebas.

Radikal bebas dapat merusak DNA dalam sel reproduksi, yang dapat mempengaruhi kualitas sperma dan sel telur. Selain itu, antioksidan membantu meningkatkan motilitas (pergerakan) dan morfologi (bentuk) sperma, yang penting untuk keberhasilan pembuahan. Vitamin C, misalnya, dapat meningkatkan jumlah sperma dan mencegah aglutinasi sperma, yang merupakan penyebab umum infertilitas pria.

Antioksidan juga membantu menjaga kesehatan lapisan rahim dan mendukung implantasi embrio. Mereka membantu mengatur siklus menstruasi dan mengurangi peradangan yang dapat mengganggu proses reproduksi. Stres oksidatif, yaitu ketidakseimbangan antara radikal bebas dan antioksidan dalam tubuh, dapat menyebabkan kerusakan sel dan jaringan, termasuk pada sistem reproduksi.

Mengonsumsi makanan kaya antioksidan membantu mengurangi stres oksidatif, meningkatkan lingkungan yang sehat untuk konsepsi dan kehamilan. Oleh karena itu, mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan antioksidan, seperti pepaya, beri, jeruk, dan kiwi, dapat memberikan dukungan nutrisi penting untuk pasangan yang berusaha untuk hamil, meningkatkan kesehatan reproduksi, dan meningkatkan peluang kehamilan yang sehat.

10 Buah Kaya Antioksidan yang Bagus untuk Kesuburan

1. Stroberi

1. Stroberi
Pexels/Pixabay

Buah berwarna merah ini kaya akan antioksidan. Stroberi mengandung asam ellagic, yang merupakan senyawa antioksidan. Hal ini berperan dalam mencegah radikal bebas dan penyakit tertentu, seperti kanker. Stroberi juga mampu meningkatkan kesuburan, terutama bahan asam ellagic yang sering digunakan dalam produk-produk kesehatan.

2. Jeruk

2. Jeruk
Pexels/Pixabay

Jeruk merupakan salah satu jenis buah yang memiliki beragam nutrisi, antara lain protein, vitamin C, kalsium, dan serat. Selain itu, jeruk juga kaya akan antioksidan flavonoid dan karotenoid. Kedua antioksidan ini membantu meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan fungsi pembulu darah dalam tubuh, dan menurunkan tekanan darah.

3. Kiwi

3. Kiwi
Pexels/JJ Jordan

Kiwi merupakan salah satu buah yang mengandung antioksidan tingkat tinggi. Kiwi memiliki daging hijau dan rasa manis segar, membuatnya populer di kalangan orang-orang dari segala usia. 

Vitamin C dalam kiwi bertindak sebagai antioksidan. Senyawa ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membentuk kolagen dan neurotransmiter.

Editors' Pick

4. Blueberry

4. Blueberry
Pexels/Blueberry

Salah satu jenis berry yang kaya akan antioksidan adalah blueberry. Blueberry mengandung berbagai jenis antioksidan, salah satunya antosianin. Jenis antioksidan ini dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah peningkatan kolesterol jahat (LDL). 

Mengonsumsi blueberry secara teratur dapat membantu mencegah penuaan dini, mencegah infeksi saluran kemih dan meningkatkan fungsi otak. 

5. Raspberry

5. Raspberry
Pexels/Pixabay

Seperti jenis buah beri lainnya, raspberry adalah buah yang memiliki kandungan antioksidan tinggi. Antioksidan dan sifat anti-inflamasi dalam raspberry dapat membantu mencegah kanker payudara dan kanker perut. 

Buah ini juga merupakan sumber serta, vitamin C, dan bahkan mineral yang bauk untuk tubuh.

6. Alpukat

6. Alpukat
Freepik/ jcomp

Siapa tidak suka buah satu ini?

Alpukat memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Mengonsumsi alpukat secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mendukung fungsi kognitif lho Ma. 

7. Delima

7. Delima
Freepik/KamranAydinov

Jika Mama ingin mengonsumsi jenis buah lain yang kaya antioksidan, buah delima bisa menjadi pilihan yang baik.

Buah ini mengandung beberapa jenis antioksidan, seperti tanin yang dapat dihirolisis, punicalagins, dan anthocyanin. Senyawa ini memiliki sifat anti-inflamasi, antihipertensi, dan anti-aterogenik

Oleh karena itu, mengonsumsi buah ini secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan.

8. Mangga

8. Mangga
Freepik/stockking

Mangga mengandung berbagai nutrisi, vitamin, dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Buah ini juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Salah satu jenis antioksidan yang ditemukan dalam mengga adalah beta-karoten. Selain memberi mangga warna kuning-oranye, senyawa ini juga membantu melawan radikal bebas. 

9. Pepaya

9. Pepaya
Freepik/jcomp

Pepaya adalah buah yang kaya akan antioksidan, termasuk vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten, yang berperan penting dalam melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel yang berkontribusi pada penuaan dini dan berbagai penyakit kronis. Selain itu, kandungan flavonoid dalam pepaya juga memberikan perlindungan tambahan terhadap kerusakan oksidatif. Dengan mengonsumsi pepaya secara teratur, tubuh dapat memanfaatkan manfaat antioksidannya untuk mendukung kesehatan kulit, sistem kekebalan tubuh, dan fungsi jantung yang lebih baik.

Pepaya baik untuk program kehamilan (promil) karena kandungan nutrisinya yang mendukung kesehatan reproduksi. Vitamin C membantu meningkatkan kualitas sperma dengan mencegah kerusakan oksidatif pada DNA sperma, sedangkan vitamin A berperan dalam menjaga kesehatan sel telur dan lapisan rahim.

Selain itu, pepaya mengandung folat, yang penting untuk perkembangan awal janin dan dapat mencegah cacat tabung saraf pada bayi. Pepaya juga memiliki enzim papain yang membantu pencernaan, sehingga meningkatkan penyerapan nutrisi penting dari makanan. Kandungan serat dalam pepaya juga membantu mengatasi masalah pencernaan yang umum selama program kehamilan. Dengan demikian, mengonsumsi pepaya secara teratur dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi pasangan yang sedang berusaha untuk hamil.

10. Lemon

10. Lemon
Freepik/Racool_studio

Lemon kaya akan vitamin C dan flavonoid, antioksidan yang membantu melindungi sel-sel reproduksi. Dilansir dari Livestrong buah lemon dapat membantu kesuburan, mendapatkan jumlah vitamin C yang cukup melalui jus lemon.

Dengan memasukan berbagai buah ini dalam menu harian Mama, tidak hanya mendapatkan manfaat antioksidan dan kesuburan tetapi juga vitamin dan mineral penting lainnya yang mendukung kesehatan Mama. 

Itulah penjelasan mengenai 10 jenis buah yang kaya antioksidan dan bagus untuk kesuburan yang bisa Mama coba di rumah. 

Baca juga:

The Latest