Agar Tak Salah Hitung, Ini 10 Aplikasi Pengukur Masa Subur

Untuk mempermudah merencanakan kehamilan ini beberapa aplikasi yang bisa Mama coba

1 Mei 2021

Agar Tak Salah Hitung, Ini 10 Aplikasi Pengukur Masa Subur
Pexels/liza-summer

Saat ingin melakukan program kehamilan, masa subur adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan, Ma.

Untuk mempermudah mengetahui kapan masa subur terjadi, saat ini sudah ada aplikasi yang berfungsi untuk melacak kesuburan, menstruasi, bahkan ovulasi yang dapat membantu kelancaran dalam program hamil.

Berikut Popmama.com telah merangkum 10 aplikasi pengukur masa subur, yuk simak bersama.

1. Clue

1. Clue
App.apple.com

Clue melacak kesuburan dengan melihat siklus-siklus yang terjadi pada tubuh secara mendetail, Ma.

Seperti, kram, emosi, kulit, rambut, tidur, hubungan seksual, nyeri, suasana hati, cairan pada serviks dan masih banyak lagi.

Dengan melihat detail pada tubuh, dapat meningkatkan presentase prediksi untuk program kehamilan bagi Mama.

2. Daysy

2. Daysy
Amazon.com

Kegunaan dari Daysy adalah untuk memantau kesuburan, mempelajari dan melacak siklus menstruasi.

Daysy menggunakan cek suhu mulut harian dan entri data yang akan menunjukan apakah Mama sedang dalam masa subur atau tidak dengan akurasi 99,3 persen.

3. Fertility Friend

3. Fertility Friend
App.apple.com

Fertility Friend mempunyai kegunaan untuk memprediksi kapan seharusnya HPL (Hari Perkiraan Lahir) bayi yang paling baik dan kapan sebaiknya melakukan tes kehamilan.

Fertility Friend sudah berpengalaman selama 15 tahun dan membantu 650.000 kehamilan juga memelopori aplikasi pengukur kesuburan secara online.

Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis untuk keanggotaan dasar, namun jika ingin upgrade dan mendapatkan fitur-fitur analisis masa kesuburan yang lebih canggih Mama bisa mendaftar keanggotaan premium

4. Flo Pregnancy & Period Tracker

4. Flo Pregnancy & Period Tracker
App.apple.com

Aplikasi ini memberikan informasi siklus menstruasi dan berbagai pengalaman yang bisa terjadi pada Mama saat menstruasi seperti gejolak emosi sampai kadar energy dalam tubuh di setiap fase menstruasi.

Aplikasi ini juga dapat membantu Mama melihat hari paling subur dan memberikan akses untuk memperlihatkan Mama gambaran mengenai bayi dalam kandungan berdasarkan usia per minggunya.

Editors' Picks

5. Glow

5. Glow
App.apple.com

Glow adalah aplikasi yang membantu menunjukan siklus kesuburan untuk perempuan dengan menggunakan data-data personal untuk membantu Mama hamil dengan lebih cepat.

Aplikasi ini juga mengajak laki-laki untuk mengontrol kesuburan, caranya sama yaitu dengan melihat catatan data mengenai kesehatan Papa.

Salah satu fitur yang membuat aplikasi ini menjadi rekomendasi adalah data laki-laki dapat ditautkan ke pasangannya Ma. Sehingga Mama dan Papa bisa mengetahui gambaran lengkap tentang kesuburan.

6. Kindara

6. Kindara
App.apple.com

Kindara memiliki kegunaan untuk melacak menstruasi juga ovulasi melalui grafik diri, selain itu Kindara juga dapat memnatau suhu tubuh dan cairan serviks untuk mempelajari tentang kadar hormon dalam tubuh.

Kadar hormon ini berguna untuk memberi tahu waktu terbaik untuk hamil.

7. OvaGraph

7. OvaGraph
App.apple.com

Aplikasi ini menggunakan data dari monitor genggam bernama OvaCue yang mengukur air liur dan lendir serviks untuk memprediksi ovulasi dari beberapa hari sebelumnya.

OvaCue atau monitor genggam yang dikeluarkan oleh OvaGraph dijual seharga $ 299 atau sekitar Rp4.310.877.

8. Ovia

8. Ovia
Apps.apple.com

Ovia memprediksi ovulasi melalui indikator kesehatan seperti pola makan dan pola tidur, Ovia juga mengklaim dapat membuat penggunanya hamil 3x lebih cepat.

Aplikasi ini adalah aplikasi gratis yang menggunakan algoritma berdasarkan data yang dikumpulkan dari jutaan wanita hamil atau mencoba untuk hamil.

9. Period Diary, Cycle Tracker

9. Period Diary, Cycle Tracker
App.apple.com

Period Diary berusaha membuat Mama mengerti mengenai siklus bulan Mama melalui tracking dan akan mengajarkan Mama bagaimana memanfaatkan naik-turunnya level hormone dalam tubuh.

10. Period Tracker

10. Period Tracker
App.apple.com

Aplikasi ini memberikan mama kemudahan untuk melacak menstruasi, sehingga Mama tidak perlu lagi menebak-nebak kapan mendapatkan menstruasi bulanan.

Mama juga akan diberikan fitur mengenai pelacakan terjadinya ovulasi, menstruasi maupun gejala-gejala PMS. Period Tracker adalah aplikasi gratis.

Itulah informasi terkait 8 aplikasi pelacak kesuburan yang bisa Mama gunakan jika berniat melakukan program kehamilan. Memiliki banyak informasi saat mencoba hamil sangat bagus Ma, sehingga program hamil bisa berjalan cepat dan lancar.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.