10 Makanan Terbaik untuk Kualitas Sel Telur Perempuan

Ternyata kualitas sel telur bisa dipengaruhi oleh asupan makanan, lho! Apa saja ya?

15 Juni 2024

10 Makanan Terbaik Kualitas Sel Telur Perempuan
Freepik/jcomp

Mama tahu tidak, kalau kualitas sel telur menjadi salah satu tanda penting kesuburan perempuan.

Siklus menstruasi yang teratur dan kemampuan untuk hamil sangat bergantung pada kualitas sel telur. Hal ini menunjukkan apakah sel telur tersebut normal atau tidak secara genetik.

Perempuan dilahirkan dengan persediaan sel telur yang akan bertahan seumur hidupnya. Sel ini belum sepenuhnya berkembang dan matang sampai perempuan mencapai masa pubertas.

Oleh karena itu, tidak mungkin menambah jumlah sel telur di ovarium. Namun, kualitas sel telur bisa ditingkatkan dengan gaya hidup yang lebih sehat.

Ternyata nutrisi makanan menjadi salah satu faktor penting untuk kesehatan reproduksi perempuan.

Makanan yang Mama konsumsi mungkin tidak berhubungan langsung, tetapi makanan yang seimbang dapat membantu meningkatkan kualitas sel telur dan potensi reproduksi perempuan dengan menjaga keseimbangan hormon dan sirkulasi darah, lho Ma. 

Oleh karena itu dilansir OasisFertility berikut 10 makanan terbaik untuk peningkatan kualitasseltelur dari Popmama.com, Yuk kita cari tahu sama-sama Ma! 

1. Kacang-kacangan

1. Kacang-kacangan
Freepik/freepik

Protein membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil, serta berperan dalam pembentukan dan perbaikan sel-sel tubuh. Kacang-kacangan dan berbagai jenis lentil adalah sumber protein yang kaya. Selain itu, mereka juga mengandung zat besi, vitamin B kompleks, dan magnesium.

Protein sangat penting karena dapat membantu tubuh tetap bertenaga dan sehat. Misalnya, zat besi dari kacang-kacangan membantu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, sementara vitamin B kompleks penting untuk fungsi otak dan produksi energi. Magnesium juga penting untuk kesehatan tulang dan otot.

2. Biji-bijian

2. Biji-bijian
Freepik/azerbaijan_stock

Biji-bijian seperti biji wijen, biji rami, biji labu, dan biji bunga matahari adalah sumber kombinasi mikronutrien dan lemak tak jenuh tunggal. Konsumsi biji-bijian ini secara teratur dapat memberikan manfaat kesehatan yang beragam.

Metode "seedcycling" adalah cara yang digunakan untuk membantu mengatasi ketidakseimbangan hormon. Metode ini melibatkan konsumsi biji-bijian tertentu pada fase-fase tertentu dari siklus menstruasi.

Misalnya, selama dua minggu pertama siklus, disarankan untuk mengonsumsi biji rami dan biji labu. Sedangkan selama dua minggu berikutnya, biji wijen dan biji bunga matahari lebih disarankan.

3. Kacang dan buah kering

3. Kacang buah kering
Freepik/azerbaijan_stockers

Kacang-kacangan dan buah kering seperti kenari, almond, kacang tanah, mete, dan kismis bagus untuk kesehatan. Mereka mengandung lemak sehat, mineral, antioksidan, dan vitamin.

Misalnya, kacang Brasil bagus untuk selenium. Selenium membantu memperbaiki kerusakan kromosom pada sel telur. Antioksidan dalam buah kering membantu mengurangi stres oksidasi pada sel-sel tubuh.

4. Alpukat

4. Alpukat
Freepik/jcomp

Alpukat juga mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan secara keseluruhan, seperti vitamin E, vitamin K, folat, dan potasium. Mengonsumsi alpukat secara teratur dapat membantu menjaga keseimbangan hormon dan mendukung kesuburan, lho Ma. 

Editors' Pick

5. Buah berri

5. Buah berri
Freepik/freepik

Buah berry seperti stroberi, raspberry, cranberry, dan blueberry adalah powerhouses antioksidan. Mereka mengandung banyak antioksidan, seperti vitamin C, flavonoid, dan senyawa lain yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, berry juga kaya akan folat, yang penting untuk kesehatan reproduksi.

Antioksidan dalam berry membantu melindungi sel telur dari stres oksidatif, yang dapat mempengaruhi kualitas dan keberhasilan pembuahan sel telur. Mengonsumsi berry secara teratur dapat mendukung kesehatan kesuburan. 

6. Kayu manis

6. Kayu manis
freepik/Racool_studio

Kayu manis adalah salah satu superfood yang sangat bermanfaat terutama bagi wanita yang mengalami PCOS (Sindrom Ovarium Polikistik). Menambahkan kayu manis ke dalam diet dapat membantu melawan resistensi insulin, masalah umum pada PCOS, dan meningkatkan fungsi ovarium.

Kayu manis mengandung senyawa yang dapat membantu mengatur kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin, yang sangat penting untuk mengelola gejala PCOS.

7. Jahe

7. Jahe
Freepik

Sifat antiinflamasi jahe, serta kemampuannya meningkatkan pencernaan dan peredaran darah, membantu dalam mengatur siklus menstruasi dan mengurangi peradangan dalam sistem reproduksi. Jahe juga dapat memberikan efek menenangkan dan mengurangi ketidaknyamanan selama periode menstruasi.

8. Sayur hijau

8. Sayur hijau

Vitamin A, B, C, dan E, zat besi, serta kalsium adalah beberapa nutrisi vital yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan telur. Sayuran berdaun seperti bayam dan brokoli merupakan sumber yang kaya akan nutrisi-nutrisi ini. Konsumsi nutrisi-nutrisi ini penting untuk memastikan telur tetap sehat dan berkualitas baik.

9. Gandum

9. Gandum
Freepik/freepik

Biji-bijian utuh sering diabaikan tetapi sebenarnya merupakan harta karun tersembunyi yang kaya serat. Serat adalah nutrisi serbaguna yang memiliki peran ganda dalam menjaga berat badan yang sehat, mencegah lonjakan gula darah yang tiba-tiba, dan menstabilkan kadar gula darah secara keseluruhan. Ini berkontribusi pada kesehatan umum yang lebih baik, termasuk kesehatan reproduksi.

10. Produk susu

10. Produk susu
Freepik/freepik

Produk susu seperti susu dan yogurt mengandung kalsium dan probiotik yang penting untuk kesehatan sel telur. Kalsium membantu menjaga kesehatan tulang dan fungsi otot yang mendukung keseimbangan hormonal dalam siklus reproduksi.

Probiotik dalam yogurt mendukung kesehatan pencernaan, yang dapat mempengaruhi keseimbangan hormon dan kesehatan reproduksi secara keseluruhan.

Itu dia 10 makanan terbaik untuk kualitas seltelur perempuan. Perlu diingat, walau Mama mengikuti pola makan terbaik, perubahan dan peningkatan kualitas sel telur itu tidak terjadi secara instan, ya! 

Baca Juga:

The Latest