TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Afolat untuk Program Hamil: Manfaat, Dosis, dan Efek Sampingnya

Bisa dikonsumsi saat menjalani program hamil sampai kehamilan

26 Agustus 2022

Afolat Program Hamil Manfaat, Dosis, Efek Sampingnya
Tokopedia.com

Selain menjaga kebugaran, saat berencana ingin mendapatkan momongan ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Salah satunya adalah mempersiapkan kehamilan dengan mengonsumsi asam folat.

Asam folat berfungsi untuk membentuk sel darah merah. Selain itu, asam folat juga berfungsi untuk menghindarkan bayi dari risiko terkena cacat tabung saraf seperti anensefali dan juga spina bifida. 

Salah satu asam folat yang direkomendasikan untuk dikonsumsi adalah Afolat. Lalu, bagaimana Afolat membantu mempersiapkan kehamilan? Apa saja yang harus diperhatikan saat mengonsumsi Afolat?

Berikut ini Popmama.com rangkum mengenai apa itu Afolat untuk program hamil. Yuk, kita simak!

1. Afolat, suplemen asam folat buatan Indonesia

1. Afolat, suplemen asam folat buatan Indonesia
Tokopedia.com

Afolat merupakan suplemen asam folat buatan Indonesia yang baik untuk dikonsumsi saat mempersiapkan kehamilan. Tak hanya baik untuk program hamil, Afolat juga baik untuk dikonsumsi bagi ibu hamil dan menyusui.

Selain dapat dikonsumsi perempuan, Afolat juga dapat diminum oleh para suami, lho. Fungsinya adalah untuk membantu meningkatkan jumlah serta kualitas sperma.

Editors' Picks

2. Manfaat mengonsumsi asam folat saat berencana untuk hamil

2. Manfaat mengonsumsi asam folat saat berencana hamil
Bukalapak.com

Ada beberapa manfaat yang dapat dirasakan ketika mengonsumsi suplemen Afolat. Misalnya adalah mengatasi defisiensi asam folat, pembentukan sel darah merah, membentuk protein baru, dan membantu terbentuknya sel-sel tubuh agar dapat berfungsi dengan baik.

Semua manfaat ini sangat diperlukan, terutama ketika seseorang ingin memiliki momongan. Dengan mengonsumsi asam folat sejak melakukan program kehamilan, berarti kamy telah mempersiapkan yang terbaik untuk si Kecil kelak.

3. Dosis dan cara yang tepat untuk mengonsumsi Afolat

3. Dosis cara tepat mengonsumsi Afolat
Shopee.co.id

Agar manfaat Afolat bisa dirasakan dengan baik, kamu perlu memperhatikan dosis serta cara yang tepat untuk mengonsumsi suplemen yang satu ini.

Dalam setiap tablet Afolat terkandung 400 mcg asam folat. Untuk cara konsumsi terbaik minum suplemen ini satu hari sekali, satu tablet setelah makan. Untuk ibu hamil ada baiknya mengonsumsi Afolat sebanyak 1-2 tablet per hari.

4. Efek samping yang bisa ditimbulkan dan harga Afolat

4. Efek samping bisa ditimbulkan harga Afolat
Lazada.co.id

Walaupun dapat memberikan manfaat terbaik di masa persiapan kehamilan, nyatanya Afolat juga dapat menimbulkan efek samping, lho.

Terdapat beberapa efek samping yang mungkin bisa terjadi saat mengonsumsi Afolat, misalnya seperti mual, sulit tidur, menurunnya nafsu makan, perut terasa kembung, higga lidah terasa pahit.

Untuk mendapatkan Afolat, kamu bisa membelinya di berbagai e-commerce dan juga apotek-apotek terdekat. Harga yang dikenakan untuk satu kotak Afolat adalah Rp 45.000 per kotak dengan isi sebanyak 10 strip.

Nah, itu tadi rangkuman informasi mengenai Afolat untuk program hamil. Semoga membantu!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk