5 Cara Menurunkan Berat Badan yang Cepat dan Aman saat Promil

Karena menjaga kesehatan, tidak bisa sembarangan diet, Ma

26 Juli 2021

5 Cara Menurunkan Berat Badan Cepat Aman saat Promil
Freepik/jcomp

Salah satu faktor keberhasilan promil adalah berat badan yang ideal. Inilah cara untuk menurunkan berat badan dengan cepat dan aman saat promil. 

Ada begitu banyak program diet yang tersebar dan mudah dipilih saat ini. Namun tidak semuanya bisa menurunkan berat badan dengan sehat terutama saat dalam program hamil. 

Tapi, terlalu santai dalam diet juga menyulitkan seseorang untuk turun berat badan dengan cepat. Jadi, seperti apa yang tepat? 

Popmama.com akan merangkumkan cara diet cepat dan sehat saat promil. 

1. Batasi konsumsi makanan ultraproses

1. Batasi konsumsi makanan ultraproses
Pexels/Helena Lopes

Seringnya, kalori berlebihan jadi peran besar seseorang mengalami kenaikan berat badan dan sulit turunnya. Untuk itu, salah satu cara cepat menurunkannya adalah dengan benar-benar membatasi asupan makanan. 

Dilansir dari healthline.com, membatasi makanan ultraproses, termasuk karbohidrat refinansi bisa membantu menurunkan berat badan secara cepat. Saat memilih makanan utuh yang minim proses, maka kamu cenderung mengonsumsi lebih sedikit kalori. 

Tak sampai di situ, makanan utuh juga mengandung lebih banyak nutrisi dan sedikit bahan kimia buatan. 

Jadi, pastikan untuk mengurangi makanan kemasan dengan tinggi gula dan sodium, kurangi makanan dengan pengawet, serta makanan yang mengandung kimia tambahan. 

Editors' Picks

2. Penuhi asupan protein

2. Penuhi asupan protein
Pinterest/blogilates

Meski diet, kamu tidak bisa mengonsumsi makanan dengan sembarangan. Jika tidak, kamu akan mengalami diet yoyo yang akan melelahkan sekali. 

Saat makan, pastikan isi piringnya termasuk sumber protein, lemak, sayur, dan seporsi kecil karbohidrat kompleks seperti gandum utuh. 

Protein penting untuk membentuk massa otot sementara diet membakar lemak di sekitarnya. Sumber protein yang bisa dipilih antara lain daging ayam, sapi, seafood, telur, atau protein nabati. 

Kamu juga selalu perlu lemak baik untuk tubuh seperti minyak zaitun atau minyak alpukat. Hindari mentega dan minyak kelapa karena mengandung lemak jenuh yang tinggi. 

3. Sayuran juga tak kalah penting

3. Sayuran juga tak kalah penting
Freepik/senivpetro

Tidak seperti diet tertentu yang menghindari sayuran sama sekali, sayuran sangat penting untuk metabolisme tubuh yang sehat. Kamu yang berat badannya ingin turun secara cepat bisa memperbanyak konsumsi sayuran hijau. 

Sayuran ini tak hanya mengandung serat, namun juga rendah karbohidrat dan kalori. Beberapa di antaranya adalah:

  • Brokoli
  • Kembang kol
  • Bayam
  • Tomat
  • Kale
  • Brussel sprouts
  • Kol
  • Sawi
  • Selada
  • Mentimun

Kamu bisa memasukkannya dalam menu harian dan usahakan agar tidak memasaknya terlalu lama sehingga nutrisi masih terjaga. 

4. Olahraga kardio 

4. Olahraga kardio 
Freepik/diana.grytsku

Pada dasarnya, cara tercepat membakar kalori adalah dengan olahraga mengangkat beban. Ditengok dari PubMed, saat mengangkat beban, kalori yang terbakar sangat banyak dan itu bisa menjaga metabolisme tubuth tetap aktif. 

Namun saat promil, hal ini tidak bisa dilakukan oleh semua orang dan harus berkonsultasi dahulu dengan dokter. 

Untuk itu, kamu bisa melakukan olahraga kardio. Jika tak bisa lari atau berenang, kamu bisa bersepeda atau jogging. Bahkan, berjalan kaki minimal 20 menit per hari bisa memberikan efek besar jika dilakukan secara rutin. 

5. Konsumsi air putih dengan rutin

5. Konsumsi air putih rutin
Freepik

Minuman juga punya pengaruh besar terhadap penurunan berat badan kamu. Hindari mengonsumsi minuman kemasan karena tinggi gula dan itu akan menumpuk kalori di tubuh. 

Jika ingin turun berat badan dengan cepat, ganti semua minuman perasa dengan air putih, demikian diungkap dari healthline.com. Kamu akan kaget betapa mudahnya turun berat badan. 

Mengonsumsi air putih dengan minimal 2 liter per hari bisa membantu metabolisme tubuh tetap terjaga. 

Kamu juga perlu lho, mengonsumsi air sebelum, selama, dan setelah olahraga. Berkeringat banyak saat olahraga jadi salah satu cara tubuh mengeluarkan kotoran dan lemak melalui sekresi kulit. 

Dengan gaya hidup yang teratur dan sadar diri, kamu bisa dengan mudah menurunkan berat badan secara cepat. Jangan tergoda dengan makanan tidak sehat karena selain bisa menaikkan berat badan, tapi bisa juga berpengaruh pada keberhasilan promil. 

Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.