5 Jenis Makanan yang Aman Dikonsumsi Penderita Miom

Perbanyak makan ini agar lebih sehat

10 Mei 2021

5 Jenis Makanan Aman Dikonsumsi Penderita Miom
Freepik/Atlascompany

Selain kista, ada juga miom yang banyak dialami oleh perempuan. Setidaknya 80 persen perempuan memiliki kasus gangguan kesehatan ini. 

Sampai saat ini, belum diketahui penyebab pasti seseorang memiliki miom. Beberapa faktor yang meningkatkan risikonya adalah kelebihan berat badan atau asupan nutrisi yang tidak seimbang. 

Sebenarnya, miom tidak berbahaya dan tidak mengarah ke kanker. Namun kadang, kondisi ini bisa menimbulkan komplikasi dan beberapa masalah kesehatan. 

Sehingga, diperlukan gaya hidup yang terjaga agar tidak memperparah keadaan. Apa saja makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh perempuan penderita miom? 

Mari cek bersama Popmama.com

1. Serat untuk menyeimbangkan hormon

1. Serat menyeimbangkan hormon
freepikcom/freepik

Diketahui bahwa makanan tinggi serat bukan saja sehat untuk kesehatan, tapi juga baik untuk penderita mioma. Ini dikarenakan, serat bisa membantu menurunkan berat badan dan membantu menyeimbangkan hormon. 

Serat juga membantu menjaga kadar gula darah agar tetap stabil. Inilah kenapa makanan dengan serat tinggi dianggap bisa memperlambat pertumbuhan miom. 

Beberapa makan kaya serat adalah buah, sayur, gandum, dan kacang-kacangan. 

Editors' Picks

2. Potasium untuk menyeimbangkan tekanan darah

2. Potasium menyeimbangkan tekanan darah
Pexels/Pixabay

Berat badan berlebih bisa disebabkan oleh tingginya kandungan garam yang dikonsumsi dari makanan sehari-hari. Untuk menguranginya, diperlukan makanan yang mengandung potasium. 

Di mana, potasium mampu membantu mengatasi dampak negatif garam dan menyeimbangkan tekanan darah. 

Makanan dengan sumber potasium adalah alpukat, pisang, jeruk, sawi, kentang, dan tomat. 

3. Susu untuk memperlambat pertumbuhan miom

3. Susu memperlambat pertumbuhan miom
Freepik/Racool_studio

Kandungan kalsium, fosfor, dan magnesium di dalam susu dan produk turunannya mampu membantu mencegah fibroid dan memperlambat pertumbuhannya. 

Selain itu, kandungan vitamin D yang ada di dalam susu juga baik untuk tubuh dan berguna untuk menyeimbangkan nutrisi harian tubuh. 

Kamu bisa mengonsumsi yoghurt, keju, atau susu cair dalam asupan makanan sehari-hari. Pastikan untuk melihat lagi kandungan gula dan lemak dari produk-produk tersebut, ya!

4. Betakaroten untuk membantu perbaikan jaringan sehat

4. Betakaroten membantu perbaikan jaringan sehat
Freepik/Artemsh

Setelah melewati proses pencernaan, tubuh manusia mengubah beta karoten menjadi vitamin A yang nantinya berfungsi untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan sehat. 

Selain itu, beta karoten juga baik untuk mengobati fibroid atau mioma. Sehingga kamu bisa memasukkan makanan dengan kandungan beta karoten tinggi dalam menu harian.

Beberapa di antaranya adalah wortel, ubi merah, kangkung, dan bayam. 

5. Teh hijau menghambat pertumbuhan miom

5. Teh hijau menghambat pertumbuhan miom
Freepik

Terakhir adalah teh hijau. Tak hanya baik untuk diet, namun teh ini punya kandungan yang memiliki kadar estrogen yang tinggi. 

Kandungan epigallocatechin gallate di dalam teh hijau bisa membantu menekan pertumbuhan miom dengan menurunkan peradangan. 

Sehingga, kamu bisa juga mengonsumsi teh ini secara rutin. Pastikan tidak menambahkan gula, ya. 

Itu dia beberapa makanan yang sehat dan baik dikonsumsi bagi penderita miom. Jaga asupan agar tetap seimbang, sehingga tubuh lebih sehat dan pertumbuhan miom bisa ditekan. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.