9 Artis yang Pernah Operasi Angkat Rahim, Ada Melaney Ricardo

Ada yang jalani operasi pengangkatan rahim karena kista hingga kanker ovarium

21 Januari 2024

9 Artis Pernah Operasi Angkat Rahim, Ada Melaney Ricardo
Instagram.com/melaney_ricardo & Instagram.com/rachgoddard

Rahim adalah salah satu organ dalam sistem reproduksi perempuan yang memiliki peranan sangat penting. Organ yang berbentuk seperti buah pir ini berperan sebagai tempat sel telur yang dibuahi melekat dan berkembang menjadi janin selama kehamilan.

Selain itu, rahim juga berperan penting dalam memproduksi hormon dan memastikan janin mendapat nutrisi yang diperlukan melalui plasenta. Tanpa rahim, perempuan tidak dapat hamil dan melahirkan keturunan. 

Namun, dalam beberapa kasus, seorang perempuan terpaksa melakukan operasi pengangkatan rahim karena memiliki masalah kesehatan yang serius. Misalnya seperti kista, miom, dan masalah kesehatan reproduksi lainnya. 

Kondisi ini juga dialami oleh sejumlah artis tanah air, yang terpaksa menjalani operasi pengangkatan rahim karena memiliki penyakit tertentu. Ada yang mengalami adenomiosis, kista, hingga kanker ovarium. 

Berikut ini Popmama.com telah merangkum 9 artis yang pernah operasi angkat rahim.

1. Melaney Ricardo

1. Melaney Ricardo
Instagram.com/melaney_ricardo

Pada bulan Januari 2023 lalu, Melaney Ricardo menjalani operasi pengangkatan rahim karena mengidap adenomiosis. Kondisi adenomiosis menyebabkan Mama dengan dua anak ini kerap merasakan nyeri yang luar biasa saat menstruasi.

Adenomiosis sendiri merupakan kondisi di mana jaringan yang melapisi rahim (endometrium) tumbuh menerobos dinding otot rahim (miometrium). Kondisi ini bisa menyebabkan perdarahan rahim abnormal dan periode menstruasi yang menyakitkan.

Dalam unggahan Instagram-nya, Melaney mengucapkan maaf kepada suaminya, Tyson, karena rahimnya telah diangkat.

2. Rachel Goddard

2. Rachel Goddard
Instagram.com/rachgoddard

Content creator sekaligus beauty influencer, Rachel Goddard juga pernah menjalani operasi pengangkatan rahim. Tindakan operasi dilakukan karena Rachel memiliki miom dan kista di sel telur yang ukuran masing-masing 8 cm dan 3 cm.

Miom dan kista yang dimilikinya menyebabkan Mama satu anak ini merasakan sakit yang luar biasa saat menstruasi. Kondisi ini juga menyiksa Rachel Goddard saat hamil karena kista yang dimilikinya membuat usus dan lambungnya tertindih.

Karena dirinya sudah mantap untuk tidak ingin kembali punya anak, Rachel Goddard akhirnya memutuskan untuk menjalani operasi pengangkatan rahim demi kesehatan dirinya. 

3. Nunung

3. Nunung
Instagram.com/nunung63.official

Hal serupa juga dialami oleh dengan komedian senior, Nunung. Pada tahun 2014 lalu, Nunung melakukan operasi angkat rahim karena adanya kista dan miom. 

Dengan prosedur pengangkatan rahim ini, Nunung tidak bisa dikaruniai anak dari suami keempatnya, Iyan. Namun, Nunung tetap menjalani operasi tersebut demi kesehatannya. 

Terlebih lagi, perempuan yang telah dikaruniai tiga anak ini juga merasa kalaupun hamil, kehamilannya akan berisiko karena saat itu usianya telah memasuki 50 tahun.

Editors' Pick

4. Ayu Aulia

4. Ayu Aulia
Instagram.com/ayuaulia5252

Pada tahun 2022 lalu, Ayu Aulia sempat menceritakan penyakit yang diidapnya. Model sekaligus penyanyi ini mengalami peradangan rahim sehingga rahimnya harus diangkat. 

Tak hanya peradangan rahim, Ayu Aulia juga mengidap leukimia dan gangguan ginjal sehingga dirinya harus menjalani perawatan di rumah sakit.

5. Feby Febiola

5. Feby Febiola
Instagram.com/febyfebiola_

Pada tahun 2020 lalu, aktris Feby Febiola pernah menjalani operasi pengangkatan rahim setelah divonis menderita kanker ovarium stadium 1. 

Awalnya, istri Franky Sihombing ini sering merasa lelah dan tubuhnya tidak fit. Saat diperiksa, Feby Febiola divonis memiliki tumor ganas berukuran 16 cm sehingga ia harus menjalani operasi pengangkatan rahim. 

Setelah dua tahun berjuang melawan kanker, Feby Febiola akhirnya sembuh dari kanker rahim usai menjalani operasi pengangkatan rahim dan kemoterapi sebanyak enam kali.

6. Melanie Subono

6. Melanie Subono
Instagram.com/melaniesubono

Artis, musisi, sekaligus pekerja seni, Melanie Subono juga pernah menjalani operasi pengangkatan rahim karena mengidap berbagai macam penyakit, yakni tumor ganas, kista, dan endometriosis.

Melanie diketahui sudah mengidap penyakit tersebut sejak duduk di bangku SMA dan telah menjalani beberapa kali operasi. Namun, pada Oktober 2021 lalu, tumor di dalam tubuh Melanie pecah sehingga harus menjalani prosedur pengangkatan rahim.

7. Ria Irawan

7. Ria Irawan
Instagram.com/riairawan

Operasi pengangkatan rahim juga pernah dijalani oleh mendiang Ria Irawan. Aktris yang sudah membintangi segudang film ini menjalani operasi pengangkatan rahim pada 30 September 2014 silam karena mengidap kanker endometrium atau kanker dinding rahim.

Dari hasil biopsi, kanker di tubuh Ria Irawan rupanya telah menyebar hingga ke kelenjar getah bening pada bagian panggul.

Pada 6 Januari 2020, perjuangan Ria Irawan melawan kanker akhirnya berakhir karena sang almarhumah meninggal dunia di usia 50 tahun.

8. Rachel Maryam

8. Rachel Maryam
Instagram.com/rachelmaryams

Selanjutnya ada Rachel Maryam yang juga terpaksa menjalani operasi pengangkatan rahim. Artis sekaligus politisi ini harus menjalani operasi pengangkatan rahim usai melahirkan bayi laki-lakinya pada 2 Oktober 2020.

Setelah melahirkan, Rachel mengalami perdarahan hebat. Selain harus masuk ICU, Rachel juga harus menjalani operasi pengangkatan rahim agar perdarahan yang dialaminya tidak berkelanjutan.

9. Purwaniatun

9. Purwaniatun
Instagram.com/vatemat

Pada 23 Maret 2020, dunia hiburan tanah air dikejutkan dengan kabar meninggalnya Purwaniatun. Aktris yang kerap memerankan karakter asisten rumah tangga ini diketahui meninggal karena mengidap kanker rahim. 

Sebelum meninggal dunia, mendiang Purwaniatun sempat menjalani operasi pengangkatan rahim. Namun, kondisinya tak kunjung membaik hingga beliau meninggal dunia di usia 66 tahun.

Itulah tadi rangkuman 9 artis yang pernah operasi angkat rahim karena mengidap penyakit tertentu. Meski sudah tidak memiliki rahim, sejumlah artis di atas saat ini kembali menjalani aktivitasnya dengan bahagia dan dicintai seperti perempuan lainnya.

Baca juga:

The Latest