Aturan Minum Asam Folat untuk Program Hamil

Ma, begini aturan minum asam folat yang disarankan untuk program hamil

8 November 2021

Aturan Minum Asam Folat Program Hamil
Freepik/whatwolf

Asam folat menjadi salah satu vitamin yang penting dalam menjalani program hamil. Oleh karena itu, jika Mama berencana memiliki momongan, penting untuk mengonsumsi asam folat untuk meningkatkan kesuburan. 

Asam folat juga dapat membantu mencegah cacat lahir pada otak dan saraf bayi. Selain itu, asam folat  diyakini dapat menurunkan risiko terjadinya keguguran.  

Agar manfaatnya lebih maksimal, sebaiknya Mama perlu tahu bagaimana aturan minum asam folat untuk program hamil.

Berikut Popmama.com rangkum informasi terkait aturan minum asam folat untuk program hamil seperti dilansir dari WebMD.

1. Apa itu asam folat?

1. Apa itu asam folat
Freepik/user7020821

Sebelum membahas mengenai aturan minum asam folat untuk program hamil, alangkah baiknya kita memahami dahulu apa itu asam folat.

Asam folat adalah bentuk vitamin B yang berperan penting dalam produksi sel darah merah. Selain itu, asam folat dapat membantu tabung saraf bayi berkembang menjadi otak dan sumsum tulang belakang. 

Asam folat dapat ditemukan di berbagai jenis makanan, seperti sayuran hijau dan buah jeruk. Selain itu, asam folat juga banyak dijual dalam bentuk suplemen.

Editors' Picks

2. Kapan harus mulai mengonsumsi asam folat untuk program hamil?

2. Kapan harus mulai mengonsumsi asam folat program hamil
Freepik/jcomp

CDC merekomendasikan agar perempuan yang sedang menjalani program hamil mulai mengonsumsi asam folat setiap hari selama setidaknya satu bulan sebelum hamil.

Tak hanya perempuan yang sedang dalam program hamil, CDC juga merekomendasikan agar semua perempuan yang dalam usia subur mengonsumsi asam folat setiap hari. 

Cacat lahir berisiko terjadi dalam 3-4 minggu pertama kehamilan. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi folat selama tahap awal kehamilan saat otak dan sumsum tulang belakang bayi mulai berkembang.

3. Berapa banyak asam folat yang harus dikonsumsi untuk program hamil?

3. Berapa banyak asam folat harus dikonsumsi program hamil
Freepik/jcomp

Dosis yang dianjurkan untuk semua perempuan dalam usia subur adalah 400 mikrogram folat setiap hari. Jika Mama mengonsumsi multivitamin setiap hari, konsultasikan pada dokter mengenai jumlah yang disarankan. 

Berikut adalah aturan berapa banyak asam folat yang direkomendasikan setiap hari dari program kehamilan hingga menyusui:

  • Saat program hamil sebanyak 400 mikrogram 

  • Tiga bulan pertama kehamilan sebanyak 400 mikrogram 

  • Bulan keempat hingga kesembilan kehamilan sebanyak 600 mikrogram 

  • Saat menyusui sebanyak 500 mikrogram 

4. Apa manfaat asam folat?

4. Apa manfaat asam folat
Freepik/Jcomp

Asam folat memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Ketika diminum sebelum dan selama kehamilan, asam folat juga melindungi bayi dari beberapa kondisi berikut:

  • Bibir sumbing

  • Lahir prematur

  • Berat badan lahir rendah

  • Keguguran

  • Pertumbuhan yang buruk di dalam rahim

Selain mencegah kondisi di atas, asam folat juga dapat mengurangi risiko komplikasi kehamilan, penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

5. Makanan sumber asam folat

5. Makanan sumber asam folat
Pexels/fecundap6

Selain suplemen, ada banyak sekali makanan yang menjadi sumber asam folat. Mama bisa mengonsumsi asam folat dari sayur-sayuran, seperti asparagus, brokoli, bayam dan  kembang kol.

Selain sayuran, Mama juga bisa mengonsumsi asam folat melalui makanan berikut:

  • Buah jeruk

  • Buah alpukat

  • Kacang-kacangan

  • Biji bunga matahari

  • Roti dan sereal

  • Kuning telur

Nah, itulah informasi mengenai aturan minum asam folat untuk program hamil. Mama bisa mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat, atau juga bisa mengonsumsi suplemen asam folat yang tersedia di apotek.

Perhatikan dengan detail jika Mama membeli suplemen asam folat. Konsultasikan juga dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi suplemen yang dijual bebas.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.