Manfaat Kiwi untuk Kesehatan & Kesuburan, Cocok Dikonsumsi saat Promil

Mengandung asam folat dan zync yang baik untuk kesuburan

9 Mei 2021

Manfaat Kiwi Kesehatan & Kesuburan, Cocok Dikonsumsi saat Promil
Freepik

Kiwi sebenarnya adalah berry besar yang tumbuh dari spesies anggur kayu. Kiwi terkenal dibudidayakan di Selandia Baru. Tapi, sebenarnya berasal dari Tiongkok timur.

Kiwi biasanya tumbuh dalam bentuk oval dan kira-kira sekitar ukuran telur ayam. Kulitnya mirip dengan warna unta, berserat, dan dilapisi dengan bulu halus. 

Daging Kiwi berwarna hijau cerah dengan tekstur yang unik dengan deretan biji hitam kecil. Kiwi memiliki rasa manis dan sedikit masam, kini menjadi tambahan populer untuk sarapan atau makan siang yang sehat.

Kiwi pun punya segudang manfaat kesehatan, khususnya bagi wanita. Popmama.com merangkum informasinya hanya untuk kamu.

1. Memberikan kekebalan tubuh

1. Memberikan kekebalan tubuh
Freepik/KamranAydinov

Kiwi mengandung banyak vitamin C, yang merangsang respon imun tubuh. Bahkan, kiwifruit mengandung sekitar 230% dari asupan vitamin C yang direkomendasikan setiap hari. Bahkan, memberikan ledakan nutrisi yang meningkatkan kekebalan tubuh di setiap gigitannya.

Kiwi juga kaya akan antioksidan. Antioksidan membantu menghilangkan radikal bebas dalam tubuh dan mengurangi stres oksidatif. Dapat melindungi tubuh dari peradangan dan penyakit.

Kiwi tinggi serat makanan dan menyediakan berbagai manfaat kesehatan. Beberapa di antaranya, mendukung kesehatan jantung, kesehatan pencernaan, dan imunitas.

Editors' Picks

2. Pengobatan asma

2. Pengobatan asma
Pixabay/coltsfan

Kelimpahan vitamin C pada Kiwi telah dikaitkan dengan pengurangan gejala mengi pada beberapa pasien asma, dilansir dari Webmd.

Ini terutama berlaku untuk anak-anak, yang tampaknya paling manfaat dari konsumsi Kiwi.
 

3. Bagus untuk kesuburan perempuan

3. Bagus kesuburan perempuan
Freepik

Kiwi juga sangat kaya akan asam folat. Asam folat penting dalam pengembangan saraf yang tepat dari bayi. Dengan asam folat yang cukup, cacat lahir pada bayi baru lahir dapat dikurangi.

Bahkan, banyak dokter di seluruh dunia akan merekomendasikan wanita untuk meningkatkan asupan asam folat sehari-hari sebelum kehamilan. Salah satunya, dengan mengonsumsi buah kiwi.

4. Tingkatkan kesuburan laki-laki

4. Tingkatkan kesuburan laki-laki
Unsplash/Rawpixel

Buah Kiwi adalah sumber zync yang kaya. Zync memainkan peran penting dalam kesuburan pria, memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi sperma dari radikal bebas yang merupakan senyawa yang dapat merusak sel.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2009, pria dengan kadar seng lebih tinggi memiliki jumlah sperma yang lebih tinggi dan kualitas sperma yang lebih baik, diwartakan babyment.com. Jumlah sperma yang lebih tinggi dan kualitas sperma yang lebih baik dapat meningkatkan kemungkinan konsepsi.

Ketika dikombinasikan dengan asam folat, sebuah penelitian menemukan bahwa jumlah sperma manusia meningkat sekitar 74%. Zync dan asam folat dapat ditemukan dalam buah kiwi.

5. Melindungi pencernaan

5. Melindungi pencernaan
Freepik/Welcomia

Kiwi mengandung actinidain, enzim pencernaan yang unik untuk buah kiwi, yang membantu pencernaan makanan setelah makan. Ini membantu memecah protein dan mengurangi kembung itu.

Buah Kiwi juga dikenal memiliki efek penipisan darah. Buah Kiwi dapat mengurangi risiko pembekuan darah dan mengurangi lemak dalam darah yang dapat membantu mengurangi tekanan darah dan penyakit terkait jantung lainnya.

Kiwi menjadi buah yang pantas disebut sebagai paket lengkap. Tak hanya mengandung vitamin c dan serat yang tinggi, juga bisa menambah kesuburan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.