TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Apakah Puasa Memengaruhi Kesuburan Perempuan yang Sedang Promil?

Cek faktanya di sini!

29 April 2022

Apakah Puasa Memengaruhi Kesuburan Perempuan Sedang Promil
Pexels
Ibu hamil

Saat berpuasa, kita dilarang untuk makan dan minum pada jangka waktu tertentu. Hal ini menyebabkan kita sering kali merasa lapar dan haus selama puasa berlangsung. Dalam kondisi ini tubuh akan mengalami kekurangan asupan nutrisi pada beberapa waktu. 

Adanya kondisi tubuh lemas sebab menahan lapar dan haus selama puasa rupanya membuat masyarakat mulai bertanya-tanya, apakah puasa memiliki dampak khusus terhadap kesuburan seorang perempuan, khususnya saat menjalankan promil?

Untuk mengetahui apakah puasa memengaruhi kesuburan perempuan yang sedang promil, mari kita simak penjelasan lengkap dari Popmama.com berikut ini.

Editors' Picks

Apakah Puasa Memengaruhi Kesuburan Perempuan yang Sedang Promil?

Apakah Puasa Memengaruhi Kesuburan Perempuan Sedang Promil
Pexels/NataliyaVaitkevich

Seperti yang kita ketahui, jumlah konsumsi makanan dan minuman saat puasa tentu akan jauh lebih terbatas dibandingkan saat tidak berpuasa.

Dikutip dari laman OvulifeMD, kondisi tersebut rupanya berpengaruh pada siklus menstruasi perempuan. Siklus menstruasi yang tidak menentu akibat berpuasa menunjukan bahwa kegiatan ini berpotensi mengganggu kesuburan perempuan yang sedang promil.

Agar siklus menstruasi dan ovulasi teratur, calon Mama perlu mengonsumsi makanan berkalori dan memiliki kadar lemak dalam tubuh yang cukup. Maka dari itu, kamu disarankan untuk tidak menjalankan puasa saat menjalankan promil. 

Tapi, Puasa Membawa Efek Positif bagi Promil pada Perempuan dengan Kondisi ini

Tapi, Puasa Membawa Efek Positif bagi Promil Perempuan Kondisi ini
pcosdiva.com

Hingga saat ini, belum ada penelitian yang menunjukan bahwa puasa benar-benar berbahaya atau bahkan membantu kesuburan perempuan pada umumnya.

Namun secara teoritis, puasa dapat memberikan efek negatif pada produksi hormon untuk ovulasi bagi perempuan.

Kendati demikian, ada sebuah penelitian yang mengemukakan bahwa puasa dapat membantu mereka yang menderita PCOS (polycystic ovary syndrome).

Hal ini disebabkan karena puasa rupanya dapat membantu perempuan dengan PCOS mengurangi resistensi insulin dan menyebabkan penurunan berat badan yang dapat membantu mengembalikan periode menstruasi jadi lebih teratur.

Bagaimana Cara Puasa yang Aman untuk Perempuan yang Sedang Promil?

Bagaimana Cara Puasa Aman Perempuan Sedang Promil
Pexels/RODNAE Productions

Jika kamu memutuskan untuk mencoba berpuasa, pastikan kamu melakukannya dengan aman. Sebelum mencoba berpuasa, konsultasikan terlebih dahulu pada ahli kandungan atau tenaga medis yang membantu program hamil.

Setelah mendapat lampu hijau untuk berpuasa, ada beberapa tips yang dapat kamu perhatikan untuk memulai ibadah ini dengan aman, yaitu:

  • Mulailah berpuasa dengan 1 atau 2 hari per minggu.

  • Pantau terus kondisi tubuh kamu. Hentikan puasa jika siklus menstruasi kamu menjadi tidak teratur.

  • Perbanyak konsumsi makanan yang berkhasiat untuk meningkatkan kesuburan dan konsumsi makanan dengan kandungan nutrisi saat kamu tidak berpuasa.

  • Jaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik dan hindari konsumsi kafein berlebih.

Itu dia penjelasan mengenai apakah puasa memengaruhi kesuburan perempuan yang sedang promil. Kamu perlu mempertimbangkan lebih lanjut untuk tetap menjalankan puasa saat menjalankan promil agar hasilnya sesuai dengan harapan.

Baca juga:


 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk