TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Benarkah Perempuan yang Terlalu Kurus Susah Hamil?

Cari tahu kebenarannya di sini!

27 April 2022

Benarkah Perempuan Terlalu Kurus Susah Hamil
Pexels

Berat badan merupakan salah satu faktor penentu kesuburan. Oleh karena itu, pasangan suami istri yang sedang menjalani program hamil perlu memantau berat badan tubuhnya.

Perempuan dengan berat badan berlebih kerap disebut sulit mendapat momongan. Lalu, bagaimana dengan perempuan yang punya berat badan di bawah angka normal? Benarkah perempuan yang terlalu kurus susah hamil?

Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak rangkuman dari Popmama.com untuk kamu yang ingin segera memiliki momongan!

Hubungan Berat Badan dengan Kesuburan Perempuan

Hubungan Berat Badan Kesuburan Perempuan
Pexels

Berat badan ada hubungannya dengan kesuburan perempuan. Jika Mama susah hamil, cobalah perhatikan apakah berat badan Mama berada di batas normal atau tidak.

Lantaran, perempuan dengan berat badan yang terlalu rendah akan memiliki sedikit lemak sehingga tubuh menghasilkan kadar hormon estrogen yang juga rendah.

Kekurangan lemak bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon reproduksi, ini membuat banyak perempuan dengan berat badan di bawah normal mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur.

Editors' Picks

Mengapa Perempuan Kurus Susah Hamil?

Mengapa Perempuan Kurus Susah Hamil
Pexels

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa kekurangan berat badan bisa menjadi penghambat ovulasi. Gangguan pada ovulasi ini menjadi penyebab perempuan tidak kunjung memiliki keturunan.

Menurut Dr. Sherbahn dari Chicago, tubuh perempuan yang terlalu kurus biasanya akan menolak kehamilan dan merasa seolah-olah tubuh tersebut belum siap untuk bereproduksi.

Walaupun masih menjadi penelitian, diperkirakan pula adanya kemungkinan hubungan antara embrio dengan berat badan perempuan. Berat badan perempuan mungkin saja memengaruhi kemampuan rahim dalam mendukung pertumbuhan embrio.

Maka dari itu, perempuan yang terlalu kurus cenderung susah hamil dibanding perempuan yang memiliki berat badan ideal.

Adakah Pengaruh Berat Badan dan Kehamilan?

Adakah Pengaruh Berat Badan Kehamilan
Pexels

Perempuan kurus bukan berarti tidak bisa hamil secara sehat. Namun, dalam beberapa kasus, terdapat masalah pada bayi yang baru lahir akibat rendahnya berat badan sang Mama.

Dalam sebuah penelitian di Chicago, perempuan yang kekurangan berat badan dengan BMI antara 14–18 hanya memiliki peluang melahirkan bayi sehat sebanyak 34%.

Untuk itu, kamu dengan tubuh kurus yang sedang mengandung juga harus mengecek kehamilan secara berkala guna mencegah adanya masalah kesehatan pada janin. Lantas, apakah semua perempuan yang terlihat kurus memiliki risiko pada kehamilannya?

Jawabannya tidak. Tubuh perempuan sangat beragam bentuknya, maka untuk menentukan apakah Mama tergolong kurus atau tidak secara resmi, gunakanlah pengukuran indeks massa tubuh (BMI).

Dengan adanya berbagai risiko di atas, para perempuan dengan berat badan rendah disarankan untuk berkonsultasi lebih dulu bersama dokter untuk mendapatkan jumlah berat badan yang ideal sebelum kehamilan. Maka, masalah kesehatan pada bayi yang akan lahir pun bisa dicegah.

Tips untuk Perempuan Kurus agar Cepat Hamil

Tips Perempuan Kurus agar Cepat Hamil
Pexels

Ada banyak cara untuk menghindari masalah sulit hamil. Namun, yang paling utama, Mama perlu memantau berat badan secara berkala agar tetap berada di angka yang ideal.

Selain itu, ada baiknya untuk mengonsumsi makanan-makanan sehat seperti buah, sayuran, dan vitamin. Mama juga harus menghindari rokok, minuman alkohol, dan makanan tidak baik lainnya untuk menjaga kesehatan.

Menurut penelitian di Amerika, lebih dari 70% perempuan yang memiliki masalah sulit hamil karena berat badan tetap bisa hamil tanpa perawatan kesuburan jika mereka menaikkan berat bedan dengan diet khusus. Perawatan kesuburan di rumah sakit juga bisa dilakukan agar kehamilan segera datang.

Itulah tadi informasi soal benarkah perempuan yang terlalu kurus susah hamil. Kamu sebaiknya mulai bekonsultasi dengan dokter tentang cara mencapai berat badan yang paling sesuai dengan tujuan tubuh, kesehatan, dan kehamilan agar segera memiliki momongan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk