9 Cara Hamil Anak Kembar secara Alami, Posisi Seks Juga Menentukan!

Ibu hamil anak kembar tidak hanya dari satu atau dua faktor saja ya, Ma

6 Juli 2022

9 Cara Hamil Anak Kembar secara Alami, Posisi Seks Juga Menentukan
Pexels/creativohn

Cara membuat hamil anak kembar secara alami bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mencari tahu tips hamil anak kembar bisa dimulai dengan memahami bagaimana bayi kembar bisa terjadi dan peluang seseorang bisa hamil anak kembar.

Menurut Pusat Statistik Kesehatan Nasional Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, kemungkinan hamil anak kembar di tahun 2015 adalah 33,5 untuk setiap 1.000 kelahiran. Di mana banyak kelahiran dari data tersebut adalah kembar identik.

Peluang memiliki anak kembar tergantung pada berbagai faktor. Selain genetika, faktor lain masih cukup spekulatif. Sebab, penelitian saat ini baru ada studi observasional acak. Artinya, meskipun ada kesamaan, tidak bisa mengesampingkan faktor lain yang mungkin mempengaruhi hasil bisa hamil anak kembar. 

Berikut Popmama.com rangkum cara membuat anak kembar secara alami yang bisa kita coba.

1. Masih menyusui saat hamil

1. Masih menyusui saat hamil
Freepik/freepic.diller

Salah satu studi menemukan bahwa ibu hamil yang sedang menyusui memiliki tingkat kehamilan kembar yang jauh lebih tinggi. Bahkan kemungkinannya bisa sampai seperti sembilan kali lebih besar.

Gary Steinman. MD, rekan penulis Womb Mates dan peneliti kembar mengatakan hal tersebut bisa terjadi sekitar satu tahun setelah kelahiran anak yang mereka masih menyusui. 

Dikutip dari The Bump, studi ini juga mengungkapkan semakin lama perempuan menyusui, semakin tinggi kemungkinan memiliki anak kembar di kehamilan berikutnya. Meski alasannya masih belum jelas.

2. Diet tertentu meningkatkan peluang hamil kembar

2. Diet tertentu meningkatkan peluang hamil kembar
newkidscenter.com

Para ilmuwan belum sepakat soal hubungan antara makanan dan kesuburan. Namun, ada satu makanan yang tampaknya sangat terkait dengan kehamilan kembar (dilihat dari populasi kehamilan kembar di Afrika) yakni ubi putih Nigeria.

Ubi ini terdapat di Nigeria Barat Daya, yang mengandung fitoestrogen. Kandungan itu meningkatkan pelepasan lebih banyak sel telur, baik secara langsung maupun tidak langsung.

3. Banyak minum susu sapi

3. Banyak minum susu sapi
Pixabay/1035352

Teori banyak minum susu sapi sebagai cara membuat anak kembar secara alami didasarkan pada gagasan bahwa faktor pertumbuhan seperti insulin (IGF), protein yang diproduksi di hati sebagai reaksi terhadap hormon pertumbuhan. 

Dan kemungkinan ada hubungannya dengan peningkatan memiliki anak kembar. Steinman, dikutip dari The Bump menemukan bahwa jumlah tetap susu sapi meningkatkan kadar IGF dalam darah.

Di mana orang vegetarian yang tidak mengkonsumsi produk hewani (termasuk susu), memiliki IGF lebih rendah daripada populasi umum. 

Peningkatan kadar IGF dalam susu sapi bertahan dari pasteurisasi dan kasein dalam susu melindunginya agar tidak dicerna di perut manusia.

Jadi, IGF langsung masuk ke aliran darah yang mungkin memicu lebih banyak sel telur untuk dilepaskan. 

Sapi yang disuntik dengan hormon pertumbuhan untuk meningkatkan produksi susu dan daging sapi memiliki tingkat IGF yang lebih tinggi.

Penelitian di Amerika Serikat menunjukkan tingkat kelahiran kembar spontan telah meningkat dua kali lipat dibandingkan karena banyak sapi yang disuntik hormon tersebut secara ilegal. 

Studi lain di tahun 1980-an juga mengungkapkan bahwa kehamilan kembar meningkat seiring dengan jumlah rata-rata susu yang dikonsumsi di 15 negara Eropa yang berbeda. 

Editors' Picks

4. Mencoba akupuntur saat sebelum promil

4. Mencoba akupuntur saat sebelum promil
Freepik/master1305

Bagi mereka yang menjalani IVF, sebuah penelitian di tahun 2002 menunjukkan bahwa perempuan yang menjalani IVF dan melakukan akupunktur sebelum transfer embrio mereka (dengan embrio berkualitas baik) memiliki tingkat kehamilan 42 persen.

Namun, 30-40 penelitian yang mengikutinya memiliki tinjauan yang beragam, apakah jarum tersebut memasok lebih banyak darah ke panggul, mengurangi stres yang mengganggu kesuburan atau bahkan benar-benar efektif untuk memulai. 

5. Posisi seks tertentu untuk bisa hamil kembar

5. Posisi seks tertentu bisa hamil kembar
Pixabay/bensoneye

Cara membuat anak kembar secara alami sebelumnya yakni melakukan seks  dengan posisi tertentu. Dilansir dari Mom Junction, berikut posisi seks hamil anak kembar yang bisa dicoba:

  • Posisi side by side, penetrasi lebih dalam memungkinkan terjadinya pembuahan dan memungkinkan hamil bayi kembar karena serviks akan lebih mudah didekati oleh sperma.
  • Posisi berdiri, penetrasi yang dalam, yang dapat meningkatkan kemungkinan kehamilan kembar. Posisi ini sangat memudahkan sperma mudah masuk ke dalam sel telur.
  • Posisi misionaris, menempatkan bantal di bawah panggul saat bersenggama dalam posisi misionaris dapat meningkatkan kemiringan vagina dan berpotensi memperbaiki penetrasi si pria.
  • Penetrasi dari belakang, pasangan melakukan penetrasi dari belakang saat perempuan berbaring tengkurap, berlutut, atau menyamping. Dengan ini peluang hamil berpotensi meningkat karena sperma terejakulasi lebih dekat ke serviks.

Sebenarnya tidak ada posisi seks yang benar-benar membantu hamil bayi kembar, kecuali pasangan bisa menemukan beberapa posisi yang melibatkan dua telur atau membelah satu telur.

6. Merencanakan kehamilan di usia tertentu

6. Merencanakan kehamilan usia tertentu
Pixabay/atomicqq

Hamil diusia yang lebih tua bisa memberikan peluan hamil anak kembar. Saat perempuan memasuki masa pre-menopause, indung telurnya akan mulai melepaskan lebih dari satu telur setiap bulannya.

Lonjakan fertilitas ini dipengaruhi juga oleh lonjakan estrogen.

Itu sebabnya kehamilan kembar jauh lebih sering terjadi pada perempuan yang telah berusia 35 tahun ke atas. Meski begitu, kehamilan terjadi hanya berlaku untuk kembar tidak identik atau dua sperma membuahi dua sel telur.

7. Mengonsumsi suplemen folat sebelum promil

7. Mengonsumsi suplemen folat sebelum promil
Pixabay/valneyribeirojr

Konsumsi suplemen asam folat sebelum hamil bisa menjadi cara membuat anak kembar. Kiita bisa mengonsumsi suplemen asam folat satu bulan sebelum pembuahan.

8. Suami mengonsumsi tiram

8. Suami mengonsumsi tiram
Pexels/Pixabay

Dorong pasangan untuk makan tiram. Tiram kaya akan zinc dan ini membantu produksi sperma. Semakin sehat dan bergerak spermanya, semakin besar kemungkinan untuk bisa membuahi satu atau dua sel telur. 

Jika dia ingin mengonsumsi suplemen dengan kandungan serupa maka bisa minum 14mg/hari untuk laki-laki yang dalam masa suburnya. Sayuran berdaun hijau, sereal, roti, biji-bijian dan bibit gandum merupakan sumber seng yang sangat baik.

9. Sudah punya riwayat hamil anak kembar

9. Sudah pu riwayat hamil anak kembar
Pixabay/CalenSindar

Untuk perempuan yang sudah pernah hamil kembar akan lebih mudah memiliki anak kembar lain di kemudian hari. Namun, pasangan harus memikirkan juga jumlah anak yang nantinya akan diasuh. 

Itulah tadi cara membuat anak kembar secara alami yang bisa diusahakan. Kembali lagi, tidak ada faktor pasti yang membuat pasangan bisa hamil anak kembar. Faktornya tidak hanya satu atau dua hal saja.

Oleh karenanya, lebih baik berkonsultasi dengan dokter jika sangat menginginkan bayi kembar.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk