Bisakah Meningkatkan Gairah Seks saat Promil dengan Essential Oil?

Beberapa jenis essential oil punya sifat afrodisiak untuk meningkatkan gairah seks

17 Januari 2022

Bisakah Meningkatkan Gairah Seks saat Promil Essential Oil
Freepik/Elenglush

Sudah berabad-abad lamanya, essential oil dikenal memiliki manfat untuk kesehatan.

Diantaranya essential oil membantu menangkal radikal bebas, mengatasi stres, mengatur siklus menstruasi, menjaga keseimbangan hormon, meredakan peradangan, hingga meningkatkan gairah seksual.

Karena alasan tersebut, beberapa jenis essential oil untuk kesuburan sangat direkomendasikan, terutama jika kamu dan pasangan sedang menjalankan promil.

Selain itu, banyak orang berpendapat kalau aroma dari essential oil mampu membuat tubuh menjadi lebih rileks, serta meningkatkan gairah seksual. Apakah kamu setuju dengan pendapat ini?

Untuk lebih jelasnya, berikut Popmama.com berikan informasi lengkap mengenai bisakah meningkatkan gairah seks saat promil dengan essential oil, dilansir dari Parents. Cari tahu juga ya jenis essential oil yang cocok digunakan untuk laki-laki dan perempuan.

1. Bisakah meningkatkan gairah seks dengan essential oil?

1. Bisakah meningkatkan gairah seks essential oil
Freepik/wayhomestudio

Foreplay, berpelukan, ciuman atau mengonsumsi beberapa makanan pembangkit gairah, biasanya dilakukan oleh pasangan untuk mempersiapkan hubungan seks yang bergairah.

Namun menurut penelitian, essential oil juga bisa kamu gunakan untuk meningkatkan gairah seksual. Ini karena, beberapa jenis esensial oil punya sifat afrodisiak yang bisa meningkatkan gairah seksual dan membuat kamu jadi lebih bersemangat.

Fakta lain menyebutkan bahwa, beberapa aroma kuat dari essential oil bisa memicu ereksi pada laki-laki, dan membuat perempuan mengalami orgasme saat berhubungan seks. Tentunya ini sangat membantu ya, terutama bagi kamu dan pasangan yang sedang promil.

Penasaran, apa saja essential oil yang bisa digunakan untuk meningkatkan gairah seksual saat promil?

3. Apa essential oil yang bisa digunakan untuk meningkatkan gairah seks?

3. Apa essential oil bisa digunakan meningkatkan gairah seks
Pixabay/Deedster

Menurut penelitian, beberapa jenis tumbuhan tertentu memang bisa meningkatkan hasrat, kekuatan, serta kesenangan seksual bagi laki-laki dan perempuan selama berabad-abad. Karena hal inilah, banyak essential oil yang juga dipercaya bermanfaat bagi kehidupan seks seseorang.

Berikut ini beberapa jenis essential oil yang bisa digunakan untuk meningkatkan gairah seksual:

  • Clary sage essential oil

Beberapa studi ilmiah menunjukkan bahwa, clary sage bisa membantu meringankan masalah yang terjadi pada sistem reproduksi perempuan, misalnya untuk mengatasi gejala menstruasi. Namun banyak penelitian lain yang menunjukkan kalau clary sage yang digunakan sebagai essential oil, juga bisa menurunkan hormon stres.

Karena hal ini, clary sage dianggap mampu mengatur mood dan membuat suasana hati jadi lebih baik terutama untuk seks.

  • Lavender essential oil

Menghirup aroma lavender, secara signifikan mampu mengurangi kecemasan dan stres. Ini tentunya bermanfaat dalam merelaksasi tubuh dan membuat gairah seksual meningkat.

  • Sandalwood essential oil

Para peneliti menemukan bahwa, perempuan yang menghirup aroma sandalwood essential oil, melaporkan kalau mereka mengalami peningkatan mood dan keinginan untuk berhubungan seks yang lebih tinggi, daripada mereka yang tidak.

  • Ylang-ylang essential oil

Ylang-ylang atau kenanga essential oil dipercaya bisa meningkatkan perasaan euphoria dan membantu meredakan depresi, hanya dengan menghirup aromanya. Selain itu, mengoleskan essential oil ini ke kulit bisa membantu meningkatkan rasa percaya diri seseorang di depan pasangan lho.

  • Carpolobia essential oil

Di Afrika, banyak laki-laki yang mengunyah batang dan akar carpolobia untuk mendapatkan minyaknya. Ini diyakini bisa meningkatkan gairah seksual dan stamina khususnya pada laki-laki.

  • Eurycoma longifolia essential oil

Di Malaysia, eurycoma longifolia atau yang banyak disebut tongkat ali dan pasak bumi, dipercaya sebagai salah satu tanaman yang bisa membantu meningkatkan gairah seksual.

  • Ginseng essential oil

Para peneliti menemukan bahwa minyak ginseng bisa membantu melepaskan bahan kimia otak, dimana ini dikaitkan dengan ereksi yang lebih baik pada laki-laki.

Editors' Picks

3. Essential oil untuk meningkatkan gairah seks perempuan

3. Essential oil meningkatkan gairah seks perempuan
Freepik/Sandimage

Hasil penelitian menemukan bahwa, perempuan yang memiliki sensitivitas aroma lebih tinggi, umumnya mengalami lebih banyak orgasme daripada mereka yang tidak. Ini artinya, kamu bisa menggunakan essential oil untuk meningkatkan gairah seksual.

Beberapa essential oil yang bisa digunakan untuk meningkatkan gairah seksual perempuan diantaranya, clary sage, lavender, sandalwood dan ylang-ylang.

4. Essential oil untuk meningkatkan gairah seks laki-laki

4. Essential oil meningkatkan gairah seks laki-laki
Shopee.co.id

Faktanya ada lebih banyak penelitian yang dilakukan, untuk menemukan bagaimana kaitan essential oil dengan meningkatnya gairah seksual laki-laki. Para ilmuwan tersebut telah menemukan beberapa essential oil yang bekerja sebagi pembangkit gairah seksual laki-laki, diantaranya:

  • carpolobia essential oil
  • eurycoma longifolia essential oil
  • ginseng essential oil

5. Cara menggunakan essential oil untuk meningkatkan gairah seksual

5. Cara menggunakan essential oil meningkatkan gairah seksual
Freepik/pvproductions

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam menggunakan essential oil, terutama untuk meningkatkan gairah seksual saat promil.

  • Mengoleskan essential oil ke kulit

Kamu bisa lho mengoleskan essential oil ke kulit untuk meningkatkan gairah seks. Dengan begitu, essential oil akan diserap oleh tubuh, dan aromanya bisa kamu hirup agar lebih rileks. Tapi sebaiknya kamu tidak mengoleskan essential oil ke kulit kelamin ya, karena dikhawatirkan bisa menyebabkan terjadinya iritasi.

  • Essential oil untuk mandi

Kamu bisa menggunakan essential oil untuk mandi, dengan cara mencampurkan 3 hingga 12 tetes ke dalam bak mandi yang berisi air hangat. Kemudian, aduk airnya hingga tercampur rata dan menyebarkan aroma yang bisa meningkatkan gairah seks. Kamu bisa berendam dengan memasukkan seluruh tubuh atau sebagian tubuh ke dalam bak mandi.

  • Menggunakan diffuser

Menggunakan diffuser adalah cara yang paling mudah untuk mendapatkan manfaat dari essential oil. Kamu hanya perlu menambahkan beberapa tetes essential oil ke dalam diffuser, lalu ikuti petunjuk penggunaanya. Tapi, hati-hati jika kamu menggunakan diffuser di sekitar anak-anak atau hewan peliharaan ya.

6. Efek samping dan cara aman dalam menggunakan essential oil

6. Efek samping cara aman dalam menggunakan essential oil
freepik/dimaberlin

Efek samping yang mungkin timbul saat menggunakan essential oil adalah alergi. Ini ditandai dengan iritasi, kemerahan, serta timbulnya rasa panas dan perih pada kulit.

Berikut ini beberapa cara aman dalam menggunakan essential oil:

  • Baca terlebih dahulu label kemasan produk essential oil.
  • Hindari menggunakan essential oil yang berasal dari beberapa jenis tanaman penyebab alergi.
  • Kamu bisa mengencerkan essential oil terlebih dahulu untuk menghindari terjadinya iritasi kulit.
  • Jangan pernah mengoleskan essential oil dekat mata, telinga, hidung, mulut dan alat kelamin.
  • Jika terjadi reaksi alergi, segera bersihkan essential oil yang masih menempel di kulit dengan air hangat dan sabun.

Itulah tadi penjelasan mengenai, bisakah menggunakan essensial oil untuk meningkatkan gairah seksual saat promil.

Saat promil, masalah penurunan gairah seks akan sangat mungkin terjadi. Nah, pakai essential oil bisa jadi salah satu cara untuk mengatasinya. Tapi jangan lupa untuk perhatikan aturan dan cara penggunaanya ya, supaya kamu bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk