3 Pilihan Alat KB yang Tidak Bikin Gemuk, Mana yang Kamu Pilih?

Tidak semua alat KB memengaruhi berat badan, masih ada kok alat KB yang nggak bikin gemuk

27 September 2020

3 Pilihan Alat KB Tidak Bikin Gemuk, Mana Kamu Pilih
Unsplash/ReproductiveHealthSuppliesCoalition

Kontrasepsi atau yang akrab disebut alat KB sudah terbukti efektif untuk mencegah kehamilan dan mengatur jarak kelahiran. Perencanaan kehamilan yang baik dapat meningkatkan kualitas hidup keluarga. Saat ini pun sudah tersedia banyak jenis alat KB yang dapat Kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan.

Sayangnya, masih banyak pasangan yang enggan menggunakan alat KB, terutama para wanita yang takut mengalami kenaikan berat badan.

Padahal ada lho, alat KB yang tidak bikin gemuk. Berikut ini Popmama.com rangkum tiga pilihan alat KB yang tidak bikin gemuk yang dapat kamu pilih.


 

Editors' Picks

1. IUD

1. IUD
Unsplash/ReproductiveHealthSuppliesCoalition

IUD adalah alat kontrasepsi berbentuk T yang dimasukkan ke dalam rahim. IUD sangat efektif untuk mencegah kehamilan sampai 10 tahun dengan efektifitas mencapai 99%. Karena tidak mengandung hormon, maka IUD tidak akan membuat tubuh menjadi gemuk. Selain itu, IUD juga sangat ekonomis, tidak memengaruhi produksi ASI, dan dapat digunakan hingga masa menopause.

2. Implan

2. Implan
Unsplash/ReproductiveHealthSuppliesCoalition

Implan adalah alat kontrasepsi berbentuk elastis yang ditanam di bawah kulit lengan atas seorang wanita. Implan bersifat tidak permanen dan efektif mencegah terjadinya kehamilan hingga tiga tahun. Tingkat efektifitas KB implan bahkan sampai 99,95%.

Meskipun merupakan KB hormonal, tetapi hormon dalam KB implan memiliki cara kerja yang berbeda dengan hormonal lainnya (lepas dosis sangat kecil dan teratur). Meskipun ada sebagian kecil pengguna KB implan yang mengalami kenaikan berat badan, namun mereka bisa kembali menurunkan berat badan dengan melakukan olahraga rutin untuk membantu pengeluaran cairan dari tubuh.

Kamu tidak perlu ragu memasang KB implan karena selain memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi, implan juga sangat ekonomis dan praktis, pengembalian tingkat kesuburan yang cepat, bahkan dapat menurunkan risiko beberapa penyakit radang panggul.

3. Kondom

3. Kondom
Unsplash/ReproductiveHealthSuppliesCoalition

Jika Kamu masih ragu untuk menggunakan kedua alat KB di atas, Kamu bisa meminta pasangan untuk menggunakan kondom. Karet berbentuk silinder yang dipasang pada penis ini tentu tidak akan membuat tubuh kamu menjadi gemuk. Namun efektifitas kondom hanya 85%, lebih rendah dari efektivitas alat KB lainnya.

Agar penggunaan kondom berhasil mencegah kehamilan, kondom harus digunakan dengan benar. Selain itu, pastikan kondom selalu tersedia setiap kali Kamu berhubungan seksual.

Itulah tiga pilihan alat KB yang tidak menyebabkan tubuh gemuk. Diskusikan dengan pasangan saat memilih alat KB demi kenyamanan bersama, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.