Dr. Reino Rambey Ungkap Soal Blighted Ovum, 3 Artis Ini Mengalaminya!

Ketahui saran dari dokter agar blighted ovum tidak terjadi

20 Februari 2020

Dr. Reino Rambey Ungkap Soal Blighted Ovum, 3 Artis Ini Mengalaminya
Instagram.com/reinorambey

Pada Rabu (19/02/2020) kemarin, Dr. Reino Rambey Spog seorang Obsetetrician anda Gynecologist dari RSIA Bunda Menteng dan Morula IVF Jakarta membagikan penjelasan mengenai kondisi janin tidak berkembang atau blighted ovum.

Dalam unggahan IG TV-nya tersebut, sang Dokter menjelaskan pengertian, penyebab, dan saran pencegahan janin tidak berkembang atau blighted ovum kepada publik.

"Janin tidak berkembang adalah kondisi di mana kantung kehamilan ada tetapi janin tidak berkembang di dalamnya. Bahasa medisnya blighted ovum," jelas Dr. Reino.

"Kondisi ini biasanya disebabkan oleh memang kualitas di asalnya yang memang tidak baik, embrionya tidak baik. Penyebabnya bisa karena kualitas sel telur atau oocyte yang memang tidak baik karena masalah usia atau gaya hidup. Begitu juga di sel spermanya yang mengalami penurunan kualitas akibat gaya hidup dan faktor usia," lanjutnya.

Untuk mencegah terjadinya janin tidak berkembang atau blighted ovum, Dr. Reino menyarankan beberapa hal berikut.

"Buat ibu-ibu yang ingin hamil, tidak ada kata menunda karena faktor usia juga akan memengaruhi kualitas sel telur dan sperma. Sehingga bila pasangan suami istri sudah menikah lebih dari setahun, jangan menunda untuk memeriksakan kondisi kandungannya dan persiapan untuk kehamilannya agar kehamilan akan menjadi sehat dan baik," tutupnya di akhir video.

Nah, berbicara mengenai janin tidak berkembang atau blighted ovum, berikut Popmama.com juga telah merangkum ketiga artis yang pernah mengalaminya.

Kisah mereka juga dapat menjadi pelajaran bagi pasangan suami istri yang sedang merencanakan kehamilan.

1. Titi Kamal

1. Titi Kamal
Instagram.com/titi_kamall

Pasangan Titi Kamal dan Christian Sugiono sebenarnya sempat akan dikaruniai anak ketiga.

Pasalnya, pada Juli 2019 yang lalu, Titi Kamal diketahui tengah hamil muda, tepat saat ia harus melakukan syuting sebuah film.

Namun sayangnya, mereka harus kehilangan bayi dalam kandungan Titi saat usia kehamilan 8 minggu. Hal ini terjadi lantaran janin yang dikandungnya tidak berkembang.

Meski demikian, Titi Kamal menegaskan bahwa keguguran yang dia alami bukan karena proses film yang dilakoninya.

Editors' Picks

2. Sandra Dewi

2. Sandra Dewi
Instagram.com/sandradewi88

Meski kini sudah memiliki dua putra yang lucu, ternyata Sandra Dewi sebelumnya pernah mengalami janin tidak berkembang atau blighted ovum.

Kejadian tersebut dirasakannya ketika ia belum hamil dan melahirkan anak keduanya, Mikhael Moeis.

“Setelah menikah awal November, saya dan suami bulan madu. Pulang bulan madu, saya positif hamil. Ternyata setelah dicek itu blighted ovum. Janin tidak berkembang. Hati saya hancur, cemas, galau, dan stres,” ungkap Sandra Dewi pada Rabu (26/6/2019) yang lalu.

Dari hasil pemeriksaan dan konsultasi dengan dokter, Sandra Dewi diminta istirahat 3 bulan. Setelahnya, Sandra Dewi diizinkan hamil lagi.

“Saya sempat takut punya anak karena usia sudah 30 tahunan, pernah keguguran, dan (merasa) telat nikah. Tapi saya berdoa, rajin konsultasi ke dokter. Lalu dokter membesarkan hati saya, dengan sabar, akhirnya saya bisa hamil lagi,” sambung Sandra Dewi.

3. Shanty, Istri Denny Cagur

3. Shanty, Istri Denny Cagur
Instagram.com/shantydenny

Sejak awal tahun 2019, Denny Cagur dan sang Istri, Shanty diketahui tengah mendambakan kehadiran anak ketiga.

Oleh karena itu, pasangan ini pun melakukan proses bayi tabung untuk mendapatkan anak perempuan.

Sayangnya, proses tersebut tidak berjalan lancar, lantaran embrio yang dikandungnya tidak berkembang.

Shanty pun harus menggugurkan kandungan yang baru berusia tujuh minggu pada 11 Oktober lalu.

"Dokter bilang, embrio tidak berkembang di usia kehamilan 7 minggu. Tanggal 11 (Oktober) kontrol lagi, dan malam itu juga aku kuret," ungkap Shanty sambil menangis, di Youtube Channelnya, Shanty Denny.

Nah, itulah ketiga informasi menarik seputar janin tidak berkembang atau blighted ovum. 

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menjadi pelajaran bagi pasangan suami istri yang sedang merencanakan kehamilan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.