Super Food Penuh Nutrisi, Ini Manfaat Kubis untuk Kesuburan

Meski memiliki rasa yang pahit, kubis punya manfaat yang baik untuk kesuburan lho

31 Mei 2021

Super Food Penuh Nutrisi, Ini Manfaat Kubis Kesuburan
Unsplash/jeztimms

Bagi pasangan yang berencana untuk memiliki anak, tentu kesuburan berperan penting untuk keduanya.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesuburan baik bagi Mama atau Papa, salah satunya adalah menjalani pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bernutrisi seperti kubis. 

Banyak orang ngeri membayangkan kubis brussels lantaran rasa dari kawanan sayuran ini yang begitu pahit. Padahal ternyata kubis memiliki manfaat untuk meningkatkan kesuburan, lho. 

Kira-kira apa saja manfaat kubis untuk kesuburan ya, Ma?

Jika Mama ingin mengetahui, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

1. Kubis merupakan super food dalam kesuburan

1. Kubis merupakan super food dalam kesuburan
Unsplash/cys_escapes

Neema Savvides seorang ahli terapis nutrisi di Harley Street Fertility Clinic mengatakan, peningkatan konsumsi kubis memainkan peran penting dalam kesuburan pasangan yang sedang berusaha memiliki anak. 

Neema menambahkan, kubis adalah super food untuk 'membuat bayi'. Hal tersebut lantaran kubis mengandung asam folat yang memainkan peran penting untuk meningkatkan kesuburan pasangan. 

Asam folat diketahui bermanfaat untuk memelihara kesehatan dan fungsi indung telur (ovarium), mendukung proses pembuahan dan pembentukan bakal janin, serta menjaga kesehatan kandungan. 

Editors' Picks

2. Meningkatkan peluang kelangsungan hidup sperma

2. Meningkatkan peluang kelangsungan hidup sperma
Unsplash/keenanloo

Neema juga menjelaskan bahwa sayuran kaya vitamin satu ini juga bisa meningkatkan kadar sperma dan membantu melapisi rahim dengan nutrisi yang tepat sehingga bisa meningkatkan peluang hidup sperma. 

Kubis merupakan salah satu sayuran yang mengandung vitamin C, dimana berperan penting terhadap kesuburan Papa. Diketahui, vitamin C dapat meingkatkan motilitas, jumlah, dan morfologi sperma. 

Maka dari itu penting juga bagi Papa untuk rajin mengonsumsi kubis setiap harinya. 

3. Mengurangi risiko keguguran dan cacat lahir

3. Mengurangi risiko keguguran cacat lahir
Unsplash/sebastiancoman

Seperti yang telah diketahui bahwa asam folat sangat penting dikonsumsi baik sebelum maupun saat hamil. Hal ini dikarenakan asam folat memberikan banyak manfaat bagi ibu hamil dan bayi dalam kandungan. 

Beberapa manfaat asam folat yang terkandung dalam kubis adalah mengurangi risiko keguguran dan cacat lahir. Apabila ibu hamil telah mencukupi asupan asam folatnya, risiko mengalami keguguran akan lebih rendah. 

Tak hanya itu, berbagai studi juga telah membuktikan bahwa ibu hamil yang rutin mengonsumsi asam folat memiliki risiko lebih kecil terhadap kelahiran bayi dengan cacat bawaan lahir. 

4. Mengandung phytonutrient

4. Mengandung phytonutrient
Unsplash/alinasagirova

Sayuran satu ini juga mengandung phytonutrient yang disebut di-indolylmethane, dimana memiliki fungsi untuk membantu menyeimbangkan hormon estrogen dalam tubuh. Perlu diketahui, hormon seks yang seimbang akan menyehatkan organ reproduksi dan meningkatkan kemungkinan hamil. 

Selain itu, hormon estrogen juga memiliki tugas utama pada Mama yakni mempersiapkan tubuh untuk melalui masa kehamilan. 

Nah, itulah beberapa manfaat kubis untuk kesuburan yang perlu Mama dan Papa ketahui. Semoga bermanfaat ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.