Hati-Hati! Tidur Larut Malam Berpengaruh pada Kesuburan Laki-Laki

Apa hubungannya tidur larut malam dengan kesuburan laki-laki?

16 April 2021

Hati-Hati Tidur Larut Malam Berpengaruh Kesuburan Laki-Laki
Pexels/olly

Infertilitas atau ketidaksuburan memengaruhi sekitar 15 persen pasangan di seluruh dunia. Saat ini, membicarakan ketidaksuburan pasangan suami-istri bukan hanya tentang ovum atau sel telur.

Namun juga faktor pada laki-laki yang dapat memengaruhi ketidaksuburan. Ketidaksuburan pada laki-laki terjadi saat jumlah sperma kurang dari 39 juta setiap ejakulasi, atau kurang dari 15 juta sperma per mm.

Mencoba hamil adalah saat yang menyenangkan, tetapi jujur ​​saja, ini juga bisa membuat stres.

Pasangan mungkin akan terus mempertanyakan setiap tindakan atau pilihan. Misalnya, apakah makanan tertentu berefek pada kesuburan. Atau apakah pakaian yang terlalu ketat akan memengaruhi kesuburan?

Sebuah studi memaparkan bahwa jam tidur memengaruhi kesuburan laki-laki. Kok bisa, ya? Temukan jawabannya pada ulasan Popmama.com berikut ini, ya!

Penelitian Mengenai Pengaruh Jam Tidur dengan Kesuburan Laki-Laki

Penelitian Mengenai Pengaruh Jam Tidur Kesuburan Laki-Laki
Pexels/Pixabay

Menurut sebuah studi yang dipaparkan pada konferensi European Society of Human Reproduction and Embryology, ternyata laki-laki yang tidur sebelum pukul 22.30 memiliki sperma yang empat kali lebih sehat daripada laki-laki yang tidur setelah pukul 23.30.

Mereka juga menemukan bahwa laki-laki yang tidur selama delapan jam memiliki sperma yang lebih sehat daripada yang tidur selama tujuh jam atau kurang, terlepas dari jam berapa mereka tidur.

Testosteron diperlukan untuk reproduksi dan sebagian besar pelepasan testosteron setiap hari terjadi pada saat tidur. Peneliti mencurigai bahwa gangguan tidur mengubah ritme testosteron di malam hari, tanpa memengaruhi kadar testosteron secara keseluruhan. Tetapi dalam penelitian ini, gaya hidup tidak dipertimbangkan, misalnya bagaimana makanan yang biasa dikonsumsi atau kebiasaan berolahraga.

Selain itu, tidur juga penting untuk kesuburan perempuan. Gangguan tidur dapat menimbulkan stres pada tubuh perempuan, yang pada akhirnya dapat memengaruhi fungsi hormon dan sistem reproduksinya.

Editors' Picks

Masalah Kesuburan Bukanlah Masalah Pihak Perempuan saja

Masalah Kesuburan Bukanlah Masalah Pihak Perempuan saja
Freepik/Tutatama

Namun masalah kesuburan bukanlah masalah satu pihak aja, terutama perempuan. Gaya hidup laki-laki juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesuburan. Faktanya, perempuan sering merasa bahwa mereka harus menanggung beban soal kesuburan.

Para ahli percaya bahwa seperti pada perempuan, penurunan waktu tidur pada pria menyebabkan peningkatan stres, yang dapat membahayakan sperma.

Tim peneliti dari Harbin Medical University menduga bahwa kebiasaan tidur larut malam dan kurangnya waktu tidur dapat memicu peningkatan antibodi anti-sperma. Antibodi ini dapat merusak kualitas sperma sehat.

Antibodi anti-sperma bekerja dengan cara menghalangi pergerakan sperma, mempersulit sperma untuk melakukan pembuahan, dan menghambat implantasi embrio.

Pantangan Makanan untuk Kesuburan Laki-Laki

Pantangan Makanan Kesuburan Laki-Laki
Freepik

Banyak hal yang dapat menyebabkan ketidaksuburan pada laki-laki, salah satunya adalah pilihan makanan.

Pilihan makanan yang baik dapat meningkatkan kesehatan tubuh seseorang secara keseluruhan, termasuk peluang laki-laki untuk menjadi seorang papa. Begitu pula pada perempuan.

Berikut hal-hal yang berkaitan dengan makanan untuk kesuburan laki-laki:

  • Hindari makanan yang dapat meningkatkan obesitas.
  • Hindari daging olahan.
  • Hindari makanan yang mengandung lemak dan gula tinggi.
  • Jangan mengonsumsi kacang kedelai secara berlebihan.

Apa yang Harus Dilakukan untuk Meningkatkan Kesuburan?

Apa Harus Dilakukan Meningkatkan Kesuburan
Freepik/marymarkevich

Demi mengontrol makanan yang dikonsumsi, selalu terapkan hidup sehat dan mulai melaksanakan diet. Selain itu juga, hindari tidur larut malam jika berencana untuk memiliki anak.

Mungkin, hal ini akan susah untuk dilakukan, sebab itu sebagai pasangan, perempuan juga harus mendukung terlaksananya hidup sehat.

Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang memberikan kesehatan pada tubuh. Makanan yang dianjurkan adalah buah-buahan dan sayuran yang kaya akan antioksidan seperti bayam, kacang, stroberi. Selain itu juga mengonsumsi protein hewani yang tidak berlemak.

Nah, itu penjelasan mengenai hubungan jam tidur dengan kesuburan laki-laki. Selain itu, kualitas tidur ini juga memengaruhi kesehatan. Yuk, mulai perbaiki jam tidur, terutama bagi  mereka yang dalam program hamil.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.