Penyebab Siklus Menstruasi 40 Hari, Apakah Ada Sesuatu yang Salah?

Apakah orang yang siklus menstruasinya panjang bisa hamil dan memiliki anak?

27 November 2018

Penyebab Siklus Menstruasi 40 Hari, Apakah Ada Sesuatu Salah
Freepik/Rawpixel.com

Siklus menstruasi rata-rata berlangsung selama 28 hari - tetapi tentu saja ini bukan siklus yang dialami setiap orang. Siklus menstruasi yang normal dapat berlangsung dari 21 hingga 35 hari, tetapi beberapa perempuan menemukan mereka memiliki siklus haid selama 40 hari.

Apa artinya siklus menstruasi 40 hari?

Mari kita lihat beberapa alasan berikut, kamu mungkin memiliki siklus panjang 40 hari, dan apa artinya itu bagi kesuburan kamu.

1. Apa yang menyebabkan siklus menstruasi 40 hari?

1. Apa menyebabkan siklus menstruasi 40 hari
Freepik

Pemotongan biasa untuk siklus menstruasi "normal" adalah 35 hari. Jika siklus kamu berlangsung lebih dari 35 hari, itu adalah oligomenorrhea: istilah medis untuk periode menstruasi yang jarang.

Tanda paling jelas dari siklus menstruasi kamu adalah ketika kamu benar-benar sedang menstruasi. Ada hal lain yang juga perlu diperhatikan terkait dengan siklus haid kamu, yaitu ovulasi yang sama pentingnya.

Sebulan sekali, indung telur kamu menghasilkan satu folikel ovarium yang berisi telur bulan ini, yang dilepaskan saat kamu berovulasi pada siklus pertengahan.

Pertumbuhan folikel biasanya membutuhkan 13 hingga 15 hari, tetapi tidak selalu.

Ketika ada variasi dalam panjang siklus, biasanya ke berapa lama waktu dibutuhkan folikel yang dibasahi oleh telur ini untuk tumbuh.

Jadi jika kamu memiliki siklus menstruasi yang sangat panjang atau oligomenore, fase pertumbuhan folikel yang lebih panjang dari biasanya bisa menjadi penyebabnya.

2. Masalah dalam sumbu HPO

2. Masalah dalam sumbu HPO
Freepik

Perkembangan telur setiap siklus tergantung pada hormon perangsang folikel (FSH). Kelenjar pituitari mengeluarkan FSH ketika hipotalamus memberi kelenjar pituitari suatu arah untuk melakukannya, dan FSH bekerja pada ovarium untuk membantu pematangan folikel.

Hubungan ini disebut aksis hipotalamus-hipofisis-ovarium (HPO).

Masalah apa pun dalam aksis HPO ini dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur, yang mengarah ke celah panjang 40 hari atau lebih di antara perdarahan menstruasi.

Masalah pada aksis HPO bisa menjadi penyebab seperti stres emosional dan kekurangan nutrisi, tetapi Kamu harus berbicara dengan dokter atau ginekolog untuk mengidentifikasi penyebabnya.

3. Follicle-Stimulating Hormone (FSH): Apa itu?

3. Follicle-Stimulating Hormone (FSH) Apa itu
Freepik/makyzz

Siklus menstruasi 40 hari dapat disebabkan oleh sindrom ovarium polikistik (PCOS). PCOS adalah gangguan hormonal di mana folikel ovarium tumbuh terlalu lambat dan ovulasi dapat berhenti.

Kondisi ini menyebabkan seorang perempuan mengalami gangguan menstruasi, seperti menstruasi yang tidak rutin dan jarang atau malah menstruasi yang terlalu panjang.

Editors' Picks

4. Penyebab, Gejala dan Pengobatan Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

4. Penyebab, Gejala Pengobatan Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)
Freepik

Perimenopause (menjelang menopause)

Ketika kamu semakin tua dan suplai telur yang dorman di ovarium kamu mulai kering, menstruasi kamu menjadi lebih terang dan lebih panjang dalam menjelang menopause.

Gejala perimenopause seperti interval yang lebih lama antara menstruasi sering dimulai pada usia 40-an, meskipun beberapa wanita melihat perubahan ini sedini usia 30-an.

Gangguan Makan

Kurangnya kalori atau nutrisi yang cukup dalam diet kamu dapat menuntun pikiran, tubuh, dan jiwa Kamu melalui alat pemeras. Jika tubuh Kamu berpikir itu kelaparan, itu menempatkan omong kosong pada ovulasi dan kadang-kadang menstruasi sama sekali.

Oligomenore dapat disebabkan oleh gangguan makan seperti anoreksia nervosa dan bulimia, penyakit mental yang dapat mempengaruhi orang dari segala usia, jenis kelamin, ras atau kelas.

Jika kamu berpikir ini mungkin menjadi alasan ketidakteraturan menstruasi kamu, jangan ragu untuk berbicara dengan dokter, konselor, atau pekerja sosial untuk mendapatkan bantuan yang kamu butuhkan.

Baca juga: Siklus Haid yang Pendek Bikin Perempuan Sulit Hamil, Benarkah?

Baca juga: Siklus Haid Dua Kali dalam Sebulan, Indikasi Ada Masalah Kesehatan

5. Bisakah saya hamil dengan siklus menstruasi 40 hari?

5. Bisakah saya hamil siklus menstruasi 40 hari
Freepik/Jcomp

Jika kamu masih berovulasi normal, adalah mungkin untuk hamil secara alami bahkan jika siklus haid kamu berlangsung selama 40 hari.

Siklus yang panjang atau tidak teratur dapat menyulitkan untuk memprediksi titik mana dari siklus kamu, kapan kamu sedang memasuki masa subur atau tidak, sehingga ini sering menjadi masalah besar bagi pasangan ketika mereka mencoba untuk hamil.

Kamu mungkin bisa mempertimbangkan untuk melihat dokter spesialis untuk memeriksakan kesuburan, ini berguna untuk mengidentifikasi penyebab siklus panjang yang kamu alami. Perawatan hormonal juga tersedia untuk memulai proses ovulasi.

6. Saya tidak hamil tetapi mengalami siklus 40 hari sejak periode terakhir. Apa yang harus saya lakukan?

6. Saya tidak hamil tetapi mengalami siklus 40 hari sejak periode terakhir. Apa harus saya lakukan
Freepik/Ijeab

Baik siklus menstruasi kamu selalu panjang seperti ini atau baru terjadi akhir-akhir ini, adalah ide yang bagus untuk menemui ginekolog jika siklus kamu berlangsung selama 40 hari. Terutama jika kamu sedang merencanakan untuk hamil.

Siklus yang panjang dapat mengarah pada masalah mendasar pada sistem reproduksi kamu, beberapa di antaranya, seperti PCOS, dapat benar-benar mendapat manfaat dari diagnosis dan perawatan sebelumnya.

Pastikan kamu mengunjungi dokter jika melihat ketidakteraturan dalam siklus menstruasi kamu.

7. Mendukung keseimbangan hormon yang sehat untuk siklus menstruasi 40 hari

7. Mendukung keseimbangan hormon sehat siklus menstruasi 40 hari
Freepik/katemangostar

Jika siklus kamu adalah 40 hari atau lebih lama, itu sering mengarah ke masalah hormon yang mendasarinya. Itu tandanya adalah ide yang baik untuk melakukan pemeriksaan. Meskipun kamu tidak benar-benar menyadari kondisi tingkat hormon kamu sendiri.

Lebih baik mengikuti tes kesehatan untuk mengetahui kesuburan kamu sedini mungkin.

Dengan makan diet seimbang dan mengikuti gaya hidup yang menjaga tingkat stres Kamu terkendali, kamu dapat membantu mendukung hormon reproduksi kamu.

Pastikan kamu memiliki ruang dalam hidup kamu untuk me time. Strategi me time dan perawatan diri seperti ini dapat membantu menjaga tingkat stres kamu agar tetap terkendali.

Itulah penjelasan siklus menstruasi 40 hari atau sering disebut siklus panjang yang harus diketahui para perempuan terutama jika kamu sedang merencanakan untuk hamil.

Topic: