TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Waktu Terbaik untuk Berhubungan Seks agar Cepat Hamil

Melakukan hubungan seks di waktu-waktu ini bisa meningkatkan peluang hamil

14 September 2022

Waktu Terbaik Berhubungan Seks agar Cepat Hamil
Freepik/gpointstudio

Melakukan hubungan seks antar suami istri tentunya merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk bisa hamil dan mendapatkan seorang anak.

Namun, apabila kamu dan pasangan sudah melakukan hubungan seks namun belum juga hamil, sebaiknya mulai saat ini kamu dan pasangan bercinta di waktu yang tepat. Ya, ada waktu terbaik untuk berhubungan seks agar cepat hamil.

Kali ini Popmama.comtelah merangkum informasi dari berbagai sumber mengenai waktu terbaik untuk berhubungan seks agar cepat hamil. Kapan, ya?

Editors' Picks

Waktu Terbaik untuk Berhubungan Seks agar Cepat Hamil

Waktu Terbaik Berhubungan Seks agar Cepat Hamil
Freepik/gpointstudio

Berhubungan seks di waktu terbaik dapat meningkatkan kesempatan seseorang untuk hamil. Kamu dan pasangan sebaiknya berhubungan seks di waktu-waktu berikut ini:

  • Pagi hari

Beberapa penelitian menyatakan bahwa di pagi hari, kualitas dan jumlah sperma laki-laki lebih tinggi. Sehingga melakukan hubungan seks di pagi hari bisa meningkatkan peluang pasangan untuk hamil.

  • Saat masa subur

Berhubungan seks di masa subur juga bisa meningkatkan peluang kehamilan. Sebelum masa ovulasi (pelepasan sel telur) atau saat sebelum menstruasi itu, merupakan masa paling subur pada perempuan.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kapan masa subur terjadi agar dapat memaksimalkan kesempatan untuk melakukan hubungan seks agar cepat hamil.

Seberapa Sering Harus Melakukan Hubungan Seks untuk Bisa Cepat Hamil?

Seberapa Sering Harus Melakukan Hubungan Seks Bisa Cepat Hamil
Freepik/Jcomp

Selain mengetahui waktu terbaik untuk melakukan hubungan seks, perlu juga mengetahui frekuensi berhubungan seks agar bisa cepat hamil.

Idealnya, usahakan melakukan hubungan seks sebanyak dua hingga empat kali dalam seminggu, dan untuk meningkatkan peluang hamil, ada baiknya lebih sering dilkukan saat masa subur.

Lalu bagaimana jika ingin melakukan hubungan seks setiap hari agar bisa cepat hamil? Sebenarnya tidak jadi masalah, namun proses produksi sperma itu membutuhkan waktu, sehingga diyakini apabila terlalu sering berhubungan seks kemampuan sel sperma untuk membuahhi justru jadi menurun.

Selain itu, tubuh juga memerlukan waktu istirahat, sehingga jika dilakukan terlalu sering dikhawatirkan kamu dan pasangan kelelahan. 

Cara Lain yang Bisa Dilakukan agar Cepat Hamil

Cara Lain Bisa Dilakukan agar Cepat Hamil
Freepik/Pressfoto

Selain melakukan hubungan seks secara rutin di waktu yang tepat, ada cara lain yang dapat digunakan agar bisa cepat hamil, yaitu:

  • Hentikan kebiasaan merokok dan minum alkohol

Terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa rokok dan alkohol dapat menyebabkan masalah kesuburan yang akan berdampak pada kualitas sel telur dan sel sperma. Hal ini tentunya akan membuat pasangan sulit hamil. Untuk itu, hentikan kebiasaan merokok dan minum alkohol.

  • Perhatikan berat badan

Berat badan yang yang kurang atau berlebih juga dapat menyebabkan seseorang sulit hamil. Oleh karena itu, jika ingin cepat hamil, penting untuk menjaga berat badan yang ideal. Mulailah berolahraga ringan secara rutin dan melakukan diet sehat.

  • Mengonsumsi vitamin prenatal

Nutrisi yang paling dibutuhkan tubuh untuk kehamilan dan untuk bayi yang sehat adalah zat besi, kalsium, asam lemak omega-3, dan yang paling penting adaah asam folat. Untuk  mendapat semua kandungan nutrisi tersebut, kamu dan pasangan bisa mengonsumsi vitamin prenatal.

  • Hindari stres

Salah satu cara yang dapat dilakukan agar cepat hamil adalah dengan menghindari stres. Untuk mengurangi stres, kamu dan pasangan bisa melakukan aktivitas yang menyenangkan bersama.

Itu tadi waktu terbaik untuk berhubungan seks agar cepat hamil. Jadi meski kamu dan pasangan ingin segera mendapatkan momongan, perlu diingat bahwa kamu tetap membutuhkan waktu untuk istirahat.

Jangan jadikan hal ini sebagai beban, dan ada baiknya lakukan program kehamilan dengan hati yang senang. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk