Di Usia Kehamilan 4 Bulan Belum merasakan Gerakan Janin? Mengapa?

Kehamilan sudah 4 bulan tapi belum menunjukkan pergerakan janin di dalam kandungan. Apa sebabnya?

11 Februari 2019

Di Usia Kehamilan 4 Bulan Belum merasakan Gerakan Janin Mengapa
abcnews.go.com

Ketika usia kehamilan memasuki 4 bulan atau sekitar 17-20 minggu, umumnya Mama akan mulai merasakan pergerakan janin. Di USG 4 dimensi, wajah si bayi pun mulai terlihat. 

Dapat merasakan gerakan bayi dalam kandungan merupalan suatu hal yang luar biasa dan patut disyukuri oleh calon ibu. Meskipun, beberapa perempuan yang sedang mengandung ada yang "telat" dalam merasakan gerakan bayinya. Atau sama sekali belum merasakan hal tersebut. 

Gerakan janin dalam kandungan disebut quickening. Setiap ibu memiliki waktu yang berbeda beda untuk merasakan gerakan ini.

Pada Mama yang baru pertama kali mengandung, gerakan janin bisa dirasakan pada usia 5 bulan. Namun, pada Mama yang hamil untuk ke sekian kalinya, biasanya dapat merasakan lebih cepat yaitu pada usia 4 bulan.

Lalu, alasan apa saja yang membuat Mama belum bisa merasakan gerakan bayi di usia kehamilan 4 bulan? Yuk simak penjelasan yang telah Popmama.com rangkum berikut ini.

1. Penyebab ibu hamil belum merasakan gerakan bayi di usia kehamilan 4 bulan

1. Penyebab ibu hamil belum merasakan gerakan bayi usia kehamilan 4 bulan
Freepik/Dragana_Gordic

Di usia kehamilan 17 minggu, ukuran janin sekitar 13 cm dengan berat 140 gram dan ini masih sangat kecil. Ini menyebabkan janin masih bebas  berenang ke sana ke mari. Terkadang, menyebabkan Mama bisa merasakan pergerakan si janin ke posisi yang tidak menetap, kadang ke bawah, ke kanan atau ke kiri. 

Selain itu, karena tinggi rahim di usia 17 minggu masih berada di perut bawah sehingga janin masih terasa di bawah. 

Di usia kehamilan 16 minggu tinggi rahim berada pada pertengahan antara symphysis dan pusat, sedangkan pada usia kandungan 20 minggu tinggi rahim berada pada 3 jari di bawah pusat. 

Umumnya pergerakan janin mulai terasa di usia 16-20 minggu. Ada juga Mama yang bisa merasakan pergerakan janin pada usia kehamilan 12 minggu. 

Mama tidak perlu khawatir jika belum bisa merasakan gerakan janin di usia 17 minggu. Bisa jadi kepekaan dan kesensitifan Mama kurang. 

Ibu hamil yang memiliki tubuh gemuk juga cenderung lambat merasakan gerakan bayi.

2. Tips agar Mama bisa merasakan pergerakan bayi

2. Tips agar Mama bisa merasakan pergerakan bayi
Freepik/bearfotos

Mama bisa melakukan tips ini agar bisa lebih cepat merasakan pergerakan bayi:

  • Istirahat yang cukup dan jangan begadang
  • Tidur miring menghadap ke kiri selama 2 jam dan coba rasakan gerakan janin
  • Memperhatikan nutrisi yang Mama konsumsi
  • Tidak boleh melakukan aktivitas yang terlalu berat 

Gerakan janin di awal kehamilan bisa berupa kedutan dan Mama bisa merasakan seperti ada kupu-kupu di perut atau merasakan gelembung gas di perut.

Gerakan janin semakin kuat dan terasa menendang seiring berjalannya waktu ya, Ma.

Baca juga: 7 Jenis Gerakan Janin di Rahim, Mana yang Pernah Mama Rasakan?

Editors' Picks

3. Hal yang harus diwaspadai

3. Hal harus diwaspadai
Freepik

Namun, Mama harus waspada jika di usia kehamilan 21 minggu belum bisa merasakan gerakan janin yang berada di kandungan.

Dianjurkan bagi Mama mengontrol kehamilan secara teratur sebulan sekali dengan dokter kandungan agar kondisi kehamilan Mama dan si janin terpantau dengan baik. 

Waspadai juga gejala tertentu seperti perdarahan yang bisa menjadi tanda kondisi serius. Gatal-gatal berlebihan juga dapat menjadi gejala gangguan hati yaitu kolestasis obstetrik.

Seputar usia kehamilan 4 bulan

Seputar usia kehamilan 4 bulan
parents.com

Pada masa hamil 4 bulan, janin Mama akan berukuran kurang lebih 13 cm dengan berat sekitar 140 gram.

Perubahan akan terjadi seperti tempurung kepalanya yang tersusun dari tulang rawan mulai mengeras. Perkembangan saraf tulang belakang si janin mulai diselubungi oleh lapisan pelindung bernama mielin. 

Sementara, kelenjar keringat juga mulai berkembang di seluruh tubuhnya. Tali pusat yang menjadi saluran sumber makanan janin juga semakin menguat dan mengembang.

Pada ibunya, kondisi perut akan  terus mengembang mengakibatkan organ tubuh seperti usus bergeser posisi sehingga tubuh perlu menyesuaikan postur.

Baca juga: Seperti Inilah Perkembangan Janin 4 Bulan dari Minggu ke Minggu!


 

5. Apa yang harus diperhatikan di usia kehamilan 4 bulan

5. Apa harus diperhatikan usia kehamilan 4 bulan
Freepik/freepik.diller

Berikut ini hal-hal yang dapat dilakukan dan perlu dihindari pada masa kehamilan Mama yang menginjak 4 bulan, yakni

Ukuran rahim yang membesar kemungkinan membuat keseimbangan tubuh Mama terganggu. Jika Mama masih suka untuk memakai sepatu ber hak tinggi, maka mulai dari sekarang coba untuk menghindari pemakaiannya.

Susah tidur saat hamil yang dialami Mama merupakan hal wajar. Gunakan bantal tambahan di sisi tubuh untuk menopang perut agar mendapatkan posisi nyaman. Posisi terbaik adalah tidur menyamping agar pembuluh darah tidak tertekan oleh berat rahim. Hal yang tidak dianjurkan adalah berbaring telentang karena terbatasnya aliran darah ke jantung mengakibatkan Mama mengalami pusing. 

Pastikan untuk memperhatikan makanan sehat yang dikonsumsi mencukupi kebutuhan zat besi tubuh agar janin dapat membentuk sel darah merah. 

Pada fase ini, Mama akan merasakan yang sering terasa pada paha atau kaki, disebut nyeri saraf skiatika. Tetap lakukan olahraga yang aman untuk Mama yang sedang mengandung juga sangat dianjurkan.

Mama tidak perlu khawatir jika belum merasakan gerakan bayi, pasalnya setiap Mama telat merasakan gerakan janin merupakan hal yang wajar karena tingkat kepekaan berbeda-beda.

Sebetulnya, gerakan janin sudah dimulai sejak usia kandungan 12 minggu yang dinamakan fetal movement yakni gerakan ketika embrio berubah menjadi janin. Tetapi Mama tidak bisa merasakan karena rahim yang tipis. 

Baca juga: Seperti Inilah Perkembangan Janin 4 Bulan dari Minggu ke Minggu!

Topic:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;