Banyak Nutrisi, Ini 7 Buah yang Baik Dikonsumsi oleh Ibu Hamil

Selain segar, banyak manfaat yang bisa didapat dari buah ini

1 November 2018

Banyak Nutrisi, Ini 7 Buah Baik Dikonsumsi oleh Ibu Hamil
Freepik/Yanalya

Saat hamil, penting bagi Mama untuk selalu mengonsumsi makanan bergizi dan bernutrisi. Hindari berlebihan mengonsumsi makanan tak sehat seperti junk food atau fast food.

Sebuah studi menemukan bahwa bayi dari ibu yang sering makan junk food saat hamil cenderung lebih berisiko kecanduan makanan tinggi lemak dan tinggi gula.

Dengan kata lain, konsumsi makanan bergizi seperti buah-buahan pun menjadi sangat penting selama hamil. Ada banyak vitamin, mineral, dan serat yang baik bagi Mama dan si Kecil.

Makan buah dan sayuran juga membantu mencegah konstipasi, salah satu masalah umum yang banyak dialami oleh ibu hamil.

Apa saja buah-buahan yang bisa dipilih oleh Mama saat hamil? Yuk simak informasinya:

1. Jeruk

1. Jeruk
Pexels/Lum3n.com

Jeruk membantu tubuh Mama tetap terhidrasi. Selain itu, jeruk juga bisa menjadi sumber asam folat yang baik.

Asam folat adalah salah satu bentuk vitamin B yang dapat membantu mencegah cacat otak dan saraf tulang belakang, yang juga dikenal sebagai cacat tabung saraf.

Buah dengan cita rasa segar ini juga mengandung vitamin C dalam jumlah yang tinggi. Vitamin C sendiri merupakan jenis antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan sel. Konsumsi cukup vitamin C juga memastikan tubuh dapat menyerap zat besi dengan lebih baik.

2. Mangga

2. Mangga
Freepik/Valeria_aksakova

Selain jeruk, buah lain yang juga bisa menjadi sumber vitamin C untuk ibu hamil adalah mangga. Bonusnya, mangga juga kaya akan kandungan vitamin A lho, Ma.

Kekurangan vitamin A saat kehamilan sendiri sering dikaitkan dengan sistem kekebalan tubuh yang lebih rendah. Selain itu, risiko komplikasi pun bisa meningkat termasuk pada risiko diare dan infeksi pernapasan.

Mangga pun bisa menjadi salah satu jenis buah yang baik dikonsumsi selama kehamilan. Selain sehat dimakan langsung, mangga juga bisa dibuat menjadi jus murni tanpa gula tambahan.

3. Alpukat

3. Alpukat
Pixabay/FoodieFactor

Dibandingkan berbagai buah lainnya, alpukat diketahui memiliki lebih banyak kandungan folat. Mengonsumsi buah alpukat pun baik untuk kesehatan tubuh Mama.

Selain itu, alpukat juga menjadi sumber yang baik dari berbagai jenis vitamin dan mineral. Beberapa di antaranya yakni vitamin C, vitamin B, vitamin K, serat kolin, magnesium dan kalium.

Manfaat lainnya, alpukat juga mengandung zat besi. Diyakini konsumsi alpukat dapat membantu meredakan mual. Kandungan kalium di dalamnya juga dapat membantu meredakan kram kaki saat hamil.

Sementara itu, kandungan kolin dalam alpukat dapat bermanfaat bagi perkembangan otak dan saraf janin. Defisiensi kolin berisiko dapat menimbulkan cacat tabung saraf dan gangguan memori.

Editors' Picks

4. Lemon

4. Lemon
Pexels/Lukas

Meski punya rasa yang sedikit asam, lemon juga punya banyak manfaat bagi kesehatan kehamilan lho, Ma. Konsumsi lemon serta jeruk nipis salah satunya dapat membantu meringankan mual terkait kehamilan.

Buah lemon juga tinggi kandungan vitamin C. Kandungan ini pun diyakini dapat membantu merangsang sistem pencernaan untuk mengurangi risiko sembelit.

5. Pisang

5. Pisang
Pexels/Pixabay

Pisang menjadi salah satu buah populer yang sering dijadikan sebagai camilan. Buah ini pun diketahui memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi.

Selain mengenyangkan, pisang juga banyak mengandung vitamin B6, vitamin C, dan serat.

Apabila Mama memiliki masalah sembelit selama hamil, konsumsi pisang bisa membantu. Pada dasarnya, sembelit disebabkan oleh beberapa hal seperti tekanan uterus pada usus, diet rendah serat dan berlebihan mengonsumsi zat besi.

Oleh sebab itu, konsumsi pisang yang kaya serat dan vitamin B6 pun dapat membantu Mama mengatasinya.

6. Berry

6. Berry
Pexels/Pixabay

Memiliki banyak jenis seperti stroberi, blueberry dan blackberry, buah-buahan jenis ini kaya akan kandungan karbohidrat, vitamin C, serat dan folat.

Selain itu, buah berry juga mengandung fitonutrien seperti flavonoid dan anthocyanin.

Kecuali Mama memiliki riwayat diabetes gestasional, karbohidrat harus mencapai 50-60 persen dari asupan kalori harian Mama. Nutrisi ini membantu memberikan Mama tambahan energi.

Nah, untuk memenuhi kebutuhan tersebut pilihlah karbohidrat kompleks yang penuh nutrisi seperti berry, bukan karbohidrat sederhana yang diproses, seperti donat dan kue.

7. Apel

7. Apel
Pexels/Pixabay

Apel kaya akan serat dan bisa menjadi sumber vitamin A, vitamin C, dan kalium. Buah ini baik dikonsumsi secara rutin untuk kesehatan tubuh Mama dan juga si Kecil.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Thorax menemukan bahwa anak-anak dari ibu yang makan apel selama kehamilan cenderung berisiko lebih rendah terhadap asma dan alergi.

Sudahkah Mama makan buah hari ini?

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;