Punya Banyak Nutrisi, Ini 7 Jenis Ikan yang Baik untuk Ibu Hamil

Siapa bilang ibu hamil tak boleh makan ikan dan seafood?

29 Juni 2019

Pu Banyak Nutrisi, Ini 7 Jenis Ikan Baik Ibu Hamil
Pexels/Fransesco Ungaro

Mama bisa mengonsumsi sebagian jenis ikan saat hamil dan menyusui. Ikan diketahui merupakan salah satu asupan yang baik bagi ibu hamil.

Ini karena ikan juga memberikan manfaat bagi janin dengan kandungan berbagai vitamin, mineral, serta asam lemak omega 3. Demikian dikutip dari National Health Services (NHS) UK.

Namun demikian, ada beberapa jenis ikan yang sebaiknya dihindari karena mengandung merkuri yang justru bisa membahayakan kehamilan. Oleh sebab itu, Mama perlu tahu apa saja jenis-jenis ikan yang aman dikonsumsi saat hamil.

Berikut Popmama.com rangkum informasinya untuk Mama:

1. Ikan sarden

1. Ikan sarden
Pexels/Elle Hughes

Dilansir Mayo Clinic, ikan sarden menjadi salah satu jenis ikan yang aman dikonsumsi untuk ibu hamil. Ikan ini mengandung asam lemak omega 3 yang dapat mencegah depresi.
Selain itu, ikan sarden juga mengandung tinggi vitamin D yang baik bagi proses tumbuh kembang tulang janin.

Ikan sarden saat ini banyak dijual di pasaran dalam kemasan kaleng, namun bagi ibu hamil sebaiknya tetap batasi porsinya, ya.

2. Ikan teri

2. Ikan teri
Freepik/Topntp26

Selain aman dikonsumsi ibu hamil, ikan teri juga menjadi salah satu favorit karena harganya yang terjangkau. Ikan teri juga mudah diolah menjadi berbagai masakan.

Meski ukurannya kecil, ikan teri juga mengandung banyak nutrisi yang baik bagi ibu hamil. Beberapa di antaranya seperti kalsium dan vitamin.

Ikan teri pun mengandung tinggi zat besi, sehingga baik bagi ibu hamil untuk mencegah terjadinya anemia. Seperti diketahui, ibu hamil rentan kekurangan asupan zat besi sehingga lebih berisiko anemia.

Mama pun jadi terhindari dari lemah dan lesu yang dapat mengganggu kemampuan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

3. Ikan lele

3. Ikan lele
Tokopedia.com

Salah satu ikan lokal yang juga baik dikonsumsi ibu hamil yakni ikan lele. Sama seperti ikan teri, ikan lele juga termasuk ikan yang harganya terjangkau lho, Ma.

Namun demikian, kandungan nutrisinya tak kalah banyak dibandingkan jenis-jenis ikan lainnya.

Ikan lele mengandung tinggi protein dan vitamin B12, yang diketahui dapat membantu proses pemecahan makanan menjadi energi.

Editors' Picks

4. Ikan salmon

4. Ikan salmon
Pexels/Pixabay

Dilansir Baby Centre, ikan salmon turut menjadi salah satu jenis ikan yang baik dikonsumsi ibu hamil. Ikan salmon termasuk dalam kategori oily fish yang tinggi akan asam lemak omega 3.

Asam lemak omega 3 bermanfaat bagi proses tumbuh kembang otak janin. Selain itu, baik juga untuk membantu mengurangi risiko depresi bagi ibu hamil.

Sebagian besar ibu hamil kerap khawatir akan efek dari merkuri dari ikan salmon. NHS UK juga merekomendasikan ibu hamil untuk tetap membatasi porsi saat hendak makan ikan salmon.

Apabila Mama ingin makan ikan salmon, batasi maksimal dua porsi per hari. Pastikan juga Mama mengolahnya sampai benar-benar matang.

5. Ikan kembung

5. Ikan kembung
Pexels/Pixabay

Salah satu pilihan ikan lainnya yang juga baik untuk dikonsumsi ibu hamil adalah ikan kembung. Cukup digoreng dan ditambah nasi hangat, ikan kembung sudah nikmat untuk dikonsumsi lho, Ma.

Ikan kembung menjadi salah satu sumber kalsium, zat besi dan yodium. Bahkan kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan kembung juga sangat tinggi.

6. Ikan nila

6. Ikan nila
Pexels/Mali Maeder

Apabila Mama punya riwayat dengan kolesterol tinggi, ikan nila bisa menjadi alternatif saat hendak mengonsumsi seafood. Ini karena ikan nila diketahui mengandung lemak yang rendah.

Selain itu, ikan nila juga diketahui mengandung tinggi protein, fosfor, selenium dan vitamin B12. Mirip seperti kalsium, fosfor juga bermanfaat bagi kesehatan tulang dan gigi janin.

Sama seperti ikan kembung, ikan nila juga mudah diolah. Salah satunya adalah digoreng kering, Ma.

7. Ikan mas

7. Ikan mas
Freepik/Dashu83

Berbeda dengan ikan salmon, ikan mas baik juga dikonsumsi tanpa perlu Mama khawatir tentang kontaminasi merkuri di dalamnya.

Ikan mas juga mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan janin. Terutama untuk tumbuh kembang otaknya, Ma. Kandungan asam dokosaheksaenoat alias DHA dalam ikan mas juga baik untuk otak janin.

Apapun jenis ikan yang hendak Mama konsumsi, pastikan Mama memilih yang masih segar dan diolah sampai benar-benar matang. Ini supaya Mama juga lebih tenang dan tidak khawatir tentang adanya kontaminasi bakteri.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!