7 Manfaat Lobak Putih untuk Ibu Hamil

Jangan lupa untuk mengolah lobak putih sampai matang sempurna, Ma

17 September 2019

7 Manfaat Lobak Putih Ibu Hamil
Pexels/Daria Shevtsova

Memilih makanan menjadi salah satu hal penting selama kehamilan. Termasuk di antaranya memilih makanan yang berkualitas dan diolah dengan matang sempurna juga.

Jika tidak, hal ini bisa berdampak tidak hanya pada kesehatan tubuh Mama, tetapi juga kesehatan dan tumbuh kembang janin.

Lobak putih sebenarnya boleh dikonsumsi selama Mama hamil, hanya saja teknik pengolahan dan tingkat kematangannya menjadi hal utama yang perlu diperhatikan.

Lobak putih bahkan mengandung banyak nutrisi penting yang baik bagi ibu hamil.

Di dalam lobak putih terdapat sejumlah vitamin dan mineral penting, mulai dari kalium, folat, kalsium, zat besi, vitamin C, vitamin A, vitamin B, seng, dan mangan. Seperti diketahui, folat sangat penting untuk perkembangan janin, sementara vitamin C dan zat besi penting dalam pengembangan sistem peredaran darah. Kalsium pun sangat penting untuk perkembangan gigi, tulang dan otot.

Supaya konsumsi lobak putih saat kehamilan tetap aman, ada beberapa langkah penting yang perlu dilakukan saat mengolahnya.

Salah satunya adalah jangan lupa untuk mencuci lobak putih secara menyeluruh untuk menghilangkan kotoran, terutama untuk menghindari infeksi.

Ini karena lobak putih adalah jenis sayuran akar dan sering dijual dalam kondisi masih kotor. Jika perlu, kupas lobak putih untuk menghindari memakan kulitnya.

Hindari makan lobak putih yang masih mentah atau setengah matang. Masak dengan matang sempurna terlebih dahulu untuk membunuh patogen berbahaya yang ada, termasuk salmonella. Infeksi bakteri dapat menyebabkan demam tinggi, dehidrasi, sakit perut dan gejala lain yang dapat memengaruhi kehamilan.

Jangan lupa untuk selalu cuci tangan sebelum menyiapkan makanan, terutama lobak putih dan sayuran akar lainnya seperti wortel, kentang, dan bit.

Selama Mama mengonsumsi lobak putih yang sudah bersih, matang sempurna dan tidak berlebihan, lobak putih aman dikonsumsi oleh ibu hamil.

Nah, apa saja ya manfaat dari lobak putih untuk ibu hamil?

Berikut Popmama.com rangkum informasi tentang 7 manfaat lobak putih :

1. Menyehatkan organ hati

1. Menyehatkan organ hati
Unsplash/Sheila Joy

Lobak putih menjadi salah satu jenis sayuran yang baik bagi organ hati. Oleh sebab itu, konsumsi lobak putih pun bisa dimanfaatkan sebagai sistem detoksifikasi yang efisien. Proses ini dilakukan dengan membuang racun berbahaya dari darah dan cairan getah bening. Kandungan senyawa tertentu dalam lobak putih membantu menjaga pasokan sel darah merah tetap tinggi, mengurangi kemungkinan sintesis bilirubin dan penyakit kuning.

2. Mengontrol berat badan

2. Mengontrol berat badan
Unsplash/Ahmed Mansoor

Lobak membuat Mama cepat kenyang dan mengelola rasa lapar, sambil mengurangi asupan kalori harian Mama supaya tidak berlebihan. Selain itu, lobak putih rendah karbohidrat dan gula, serat memiliki jumlah serat makanan yang tinggi. Konsumsi lobak putih pun dapat membantu meringankan sembelit.

3. Mencegah kanker

3. Mencegah kanker
Pexels/Rawpixel.com

Lobak putih mengandung beberapa antikarsinogen kuat seperti isothiocyanate dan sulforaphane. Kandungan ini pun dapat membantu mencegah kanker, tentunya dibarengi juga dengan gaya hidup sehat seperti cukup istirahat dan rutin olahraga.

Editors' Picks

4. Mengoptimalkan kesehatan jantung dan pembuluh darah

4. Mengoptimalkan kesehatan jantung pembuluh darah
Pixabay/Hans

Kandungan potasium dalam lobak telah dikenal untuk membantu mengurangi tekanan darah dengan meningkatkan kelancaran sirkulasi darah. Antioksidan bernama anthocyanin dalam lobak putih juga dapat membantu Mama menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

Sifat diuretik dalam lobak putih juga dapat membantu melancarkan aliran urine. Ini karena sifat anti-inflamasi di dalamnya membantu mengobati pembengkakan saluran kemih dan infeksi saluran kemih.

5. Menurunkan risiko diabetes

5. Menurunkan risiko diabetes
Freepik

Lobak putih memiliki angka indeks glikemik rendah, yang berarti hampir tidak memengaruhi kadar glukosa dalam darah. Ini tentunya sangat penting bagi pengidap diabetes atau mereka yang memiliki risiko tinggi diabetes, karena harus selalu memerhatikan pola makan mereka secara konstan.

6. Menjaga elastisitas kulit

6. Menjaga elastisitas kulit
Pexels/Wendy Wei

Vitamin C, vitamin B dan seng sangat baik untuk proses penyembuhan dan menjaga elastisitas kulit. Nutrisi-nutrisi ini meningkatkan efisiensi enzim tertentu yang digunakan dalam sintesis dan pengembangan kolagen, yang merupakan struktur protein yang menyatukan sel-sel kulit. Dengan demikian, makan lobak putih pun bisa bermanfaat bagi kesehatan kulit.

7. Meningkatkan kekebalan tubuh

7. Meningkatkan kekebalan tubuh
Pixabay/Fotoblend

Lobak meningkatkan produksi sel kekebalan dalam tubuh Mama serta janin, karena kandungan vitamin C di dalamnya. Dibarengi dengan konsumsi makanan sehat lainnya, makan lobak putih pun diyakini dapat meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh Mama.

Demikian informasi tentang manfaat lobak putih bagi ibu hamil dan cara aman mengonsumsinya. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan mengolah lobak putih sampai matang sempurna ya, Ma.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!